KIMIA vIii RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : IPA KIMIA
Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
Kompetensi Dasar
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan zat psikotropika.
Indikator
1. Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika.
2. Mendata zat adiktif dan zat psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Membedakan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
2. Menjelaskan pengertian overdosis.
3. Menjelaskan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
4. Menjelaskan cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
5. Menyebutkan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
6. Menuliskan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
7. Menjelaskan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.
Materi Pembelajaran: Cara Menghindari Diri dari Pengaruh Zat Adiktif dan Zat Psikotropika
Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa overdosis zat psikotropika dapat menyebabkan kematian?
- Mengapa kloroform tidak digunakan lagi sebagai obat anestesi?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan overdosis?
- Apa yang dimaksud dengan obat anestesi?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan pengertian overdosis.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 58-64
b. Buku referensi yang relevan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uraian
Apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika?
- Contoh tugas rumah
Buatlah data tentang zat-zat adiktif dan zat-zat psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.