03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 8



KIMIA vIii RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan zat psikotropika.

Indikator
1.      Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika.
2.      Mendata zat adiktif dan zat psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Membedakan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
2.    Menjelaskan pengertian overdosis.
3.    Menjelaskan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
4.    Menjelaskan cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
5.    Menyebutkan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
6.    Menuliskan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
7.    Menjelaskan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.

Materi Pembelajaran: Cara Menghindari Diri dari Pengaruh Zat Adiktif dan Zat Psikotropika

Metode Pembelajaran
1.  Model      :  - Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.  Metode : -  Diskusi kelompok
 -  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-    Mengapa overdosis zat psikotropika dapat menyebabkan kematian?
-    Mengapa kloroform tidak digunakan lagi sebagai obat anestesi?
·         Prasyarat pengetahuan:
-    Apa yang dimaksud dengan overdosis?
-    Apa yang dimaksud dengan obat anestesi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan pengertian overdosis.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 58-64
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uraian
Apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika?
- Contoh tugas rumah
Buatlah data tentang zat-zat adiktif dan zat-zat psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan.



                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VIII RPP 7



KIMIA vIii RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.4 Mendeskripsikan sifat atau pengaruh zat adiktif dan psikotropika.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat psikotropika.
2.      Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengertian zat adiktif.
2.    Menyebutkan contoh zat adiktif.
3.    Menjelaskan pengaruh merokok bagi kesehatan.
4.    Menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
5.    Menjelaskan pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
6.    Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
7.    Menjelaskan pengertian zat psikotropika.
8.    Menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
9.    Membedakan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
10.Menjelaskan dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
11.Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
12.Menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Materi Pembelajaran: Zat Adiktif dan Psikotropika

Metode Pembelajaran
1. Model   : -  Direct Instruction (DI)
-  Cooperative Learning
2. Metode : -  Diskusi kelompok
-  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-   Mengapa merokok dapat berbahaya bagi ibu hamil?
     -   Apakah dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Bahan kimia apa saja yang terkandung dalam rokok?
     -   Apa yang dimaksud dengan obat-obatan psikotropika?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat adiktif.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan zat adiktif.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengaruh merokok bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat psikotropika.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 51-57
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
       - Contoh tes PG
Di bawah ini merupakan racun utama yang terdapat dalam rokok, kecuali ....
a. tar                                                     c.  karbon monoksida             
b. nikotin                                             d.  oksigen
       - Contoh tes uraian
Sebutkan tiga golongan obat psikotropika berikut contohnya.


                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VIII RPP 6



KIMIA vIii RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.

Indikator
1.      Mengidentifikasikan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan.
2.      Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan.
3.      Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan.  

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengertian bahan aditif.
2.    Menyebutkan fungsi bahan aditif.
3.    Membedakan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
4.    Menjelaskan pengertian bahan pewarna.
5.    Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pewarna.
6.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewarna.
7.    Menjelaskan pengertian bahan pemanis.
8.    Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pemanis.
1.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemanis.
2.    Menjelaskan pengertian bahan pengawet.
3.    Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pengawet.
4.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pengawet.
5.    Menjelaskan pengertian bahan penyedap.
6.    Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan penyedap.
1.      Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan penyedap.
2.      Membedakan bahan pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap yang tercantum dalam kemasan makanan.
3.      Menjelaskan cara pemakaian bahan kimia secara aman.

Materi Pembelajaran: Bahan Kimia dalam Makanan

Metode Pembelajaran
1.  Model    :    -  Direct Instruction (DI)
-  Cooperative Learning
 2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
-  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Sebutkan bahan kimia alami yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna.
-   Bahan kimia apakah yang digunakan nelayan untuk mengawetkan ikan hasil          tangkapannya?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apa yang dimaksud dengan bahan pewarna?
-   Apa yang dimaksud dengan bahan pengawet?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bahan aditif.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi bahan aditif.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewarna.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemanis.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pengawet.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan penyedap.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Mengapa kita perlu memeriksa tanggal kadaluarsa makanan?
-   Bagaimana mengidentifikasi makanan yang sudah lolos uji oleh Badan POM?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apa yang dimaksud dengan tanggal kadaluarsa?
-   Apakah tugas utama Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) ?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beberapa kemasan makanan yang telah disiapkan oleh guru.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengelompokkan bahan-bahan kimia yang tercantum dalam kemasan makanan (Kegiatan 3.1 halaman 43).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan diskusi sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, dan bahan penyedap.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jawaban yang telah ditulis.
·         Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, dan bahan penyedap yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan mengenai pemakaian bahan kimia secara aman.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan dalam kemasan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 35-49
 b. Buku referensi yang relevan
 c. Makanan dalam kemasan 

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
-   Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes uraian
-   Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes uraian
Sebutkan contoh-contoh bahan pewarna alami dan bahan pewarna buatan.
-    Contoh tugas rumah
Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buatlah laporan tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan yang ada pada makanan tersebut.



                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                       Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                                ..............................
NIP.                                                                                                                      NIP.