KIMIA vIii RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : IPA KIMIA
Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
Kompetensi Dasar
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.
Indikator
1. Mengidentifikasikan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan.
2. Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan.
3. Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian bahan aditif.
2. Menyebutkan fungsi bahan aditif.
3. Membedakan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
4. Menjelaskan pengertian bahan pewarna.
5. Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pewarna.
6. Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewarna.
7. Menjelaskan pengertian bahan pemanis.
8. Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pemanis.
1. Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemanis.
2. Menjelaskan pengertian bahan pengawet.
3. Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan pengawet.
4. Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pengawet.
5. Menjelaskan pengertian bahan penyedap.
6. Menyebutkan bahan-bahan kimia alami dan buatan pada bahan penyedap.
1. Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan penyedap.
2. Membedakan bahan pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap yang tercantum dalam kemasan makanan.
3. Menjelaskan cara pemakaian bahan kimia secara aman.
Materi Pembelajaran: Bahan Kimia dalam Makanan
Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan bahan kimia alami yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna.
- Bahan kimia apakah yang digunakan nelayan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan bahan pewarna?
- Apa yang dimaksud dengan bahan pengawet?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bahan aditif.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi bahan aditif.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewarna.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemanis.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pengawet.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan penyedap.
l Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa kita perlu memeriksa tanggal kadaluarsa makanan?
- Bagaimana mengidentifikasi makanan yang sudah lolos uji oleh Badan POM?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan tanggal kadaluarsa?
- Apakah tugas utama Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) ?
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beberapa kemasan makanan yang telah disiapkan oleh guru.
· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengelompokkan bahan-bahan kimia yang tercantum dalam kemasan makanan (Kegiatan 3.1 halaman 43).
· Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan diskusi sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, dan bahan penyedap.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jawaban yang telah ditulis.
· Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, dan bahan penyedap yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan mengenai pemakaian bahan kimia secara aman.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan dalam kemasan.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 35-49
b. Buku referensi yang relevan
c. Makanan dalam kemasan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uraian
Sebutkan contoh-contoh bahan pewarna alami dan bahan pewarna buatan.
- Contoh tugas rumah
Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buatlah laporan tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan yang ada pada makanan tersebut.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment