Google Web Search Gadget

Facebook Share

03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 3



KIMIA vIii RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
3. Memahami konsep partikel materi.

Kompetensi Dasar
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa.

Indikator
1.      Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa.
2.      Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian molekul.
2.      Membedakan molekul unsur dan molekul senyawa.
3.      Menyebutkan molekul unsur dan molekul senyawa.
4.      Menuliskan beberapa contoh molekul unsur dan molekul senyawa.
5.      Membedakan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
6.      Menyebutkan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
7.      Menuliskan beberapa contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
8.      Menyebutkan beberapa contoh molekul dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi Pembelajaran: Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Metode Pembelajaran
1.      Model:       -  Direct Instruction (DI)
-  Cooperative Learning
 2.  Metode: -  Diskusi kelompok
  -  Ceramah
                            
Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah gas oksigen (O2) tergolong molekul unsur atau molekul senyawa?
-   Apakah asam nitrat (HNO3) tergolong molekul diatomik atau molekul poliatomik?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apa yang dimaksud dengan molekul unsur?
-   Apa yang dimaksud dengan molekul poliatomik?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian molekul.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Guru memeriksa penulisan molekul unsur dan molekul senyawa yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Guru memeriksa penulisan molekul diatomik dan molekul poliatomik yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa contoh molekul dalam kehidupan sehari-hari. 
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 12-20
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes PG
-   Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes PG:
Molekul di bawah ini yang termasuk molekul senyawa dan juga poliatomik adalah ....
a.  H2O                                     c.  O3
b.  O2                                       d.  HCl
-  Contoh tes uraian
a. Apakah perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa?
b. Berikan masing-masing lima contoh molekul unsur dan molekul senyawa.

                                               
                                                                                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop