KIMIA vIii RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : IPA KIMIA
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep partikel materi.
Kompetensi Dasar
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.
Indikator
1. Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul.
2. Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pembentukan ion positif atau ion negatif dari atom.
2. Membedakan ion monoatomik dan ion poliatomik.
3. Menyebutkan ion monoatomik dan ion poliatomik.
4. Menuliskan lambang ion monoatomik dan ion poliatomik.
5. Menjelaskan pembentukan senyawa dari ion positif dan ion negatif.
6. Menyebutkan contoh senyawa dalam produk kimia sehari-hari.
7. Menuliskan komponen penyusun produk kimia sehari-hari.
Materi Pembelajaran: Hubungan Atom, Ion, dan Molekul dengan Produk Kimia
Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah ion Na+ tergolong ion monoatomik atau ion poliatomik?
- Bagaimana pembentukan senyawa garam dapur?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan ion monoatomik?
- Bagaimana pembentukan suatu senyawa dari ion positif dan ion negatif?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembentukan ion positif atau ion negatif dari atom.
l Guru memberikan contoh pembentukan ion positif dan ion negatif.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang perbedaan ion monoatomik dan ion poliatomik.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ion monoatomik dan ion poliatomik.
l Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh ion monoatomik dan ion poliatomik.
l Guru memeriksa penulisan ion monoatomik dan ion poliatomik yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan pembentukan suatu senyawa dari ion positif dan ion negatif yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan contoh soal pembentukan suatu senyawa dari ion positif dan ion negatif.
l Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal pembentukan suatu senyawa dari ion positif dan ion negatif di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh senyawa dalam produk kimia sehari-hari.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beberapa produk kimia sehari-hari yang telah disiapkan oleh guru.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan komponen penyusun produk kimia sehari-hari.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 10-12
b. Buku referensi yang relevan
c. Produk kimia sehari-hari
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Di bawah ini merupakan ion monoatomik, kecuali ....
a. H+ c. Ca2+
b. Cl- d. OH-
- Contoh tes uraian
Jelaskan bagaimana atom dapat membentuk ion positif atau ion negatif.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment