03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 5



KIMIA vIii RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia.

Indikator
1.      Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
2.      Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi lingkungan.
2.    Menyebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
3.    Menjelaskan pengertian eutrofikasi.
4.    Menjelaskan proses terjadinya eutrofikasi.
5.    Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi manusia.
6.    Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia.
7.    Mengetahui bahan-bahan kimia dalam obat pembasmi nyamuk.
8.    Menjelaskan cara mengurangi dampak negatif penggunaan bahan kimia.

Materi Pembelajaran: Kegunaan dan Efek Samping Bahan Kimia

Metode Pembelajaran
1.  Model    :    -  Direct Instruction (DI)
                       -  Cooperative Learning
2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
-  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Sebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
-   Bolehkah kita membuang sisa-sisa bahan kimia secara sembarangan?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Bagaimana bahan kimia dikatakan berbahaya bagi lingkungan?
-   Bagaimana cara mengurangi dampak negatif akibat penggunaan bahan kimia?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi lingkungan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian eutrofikasi.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan proses terjadinya eutrofikasi.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi manusia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kemasan obat pembasmi nyamuk.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui bahan-bahan kimia dalam obat pembasmi nyamuk (Kegiatan 2.4 halaman 31).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan diskusi sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara mengurangi dampak negatif penggunaan bahan kimia.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 29-34
b. Buku referensi yang relevan
c. Kemasan produk kimia

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
-  Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes uraian
-   Tes identifikasi
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes uraian
Sebutkan manfaat dan dampak negatif dari penggunaan insektisida.
-    Contoh tes identifikasi
Tulislah bahan-bahan kimia yang terdapat dalam produk kimia pengusir atau pembasmi nyamuk (semprot, spray, atau lotion). Serangga apa saja yang dapat diusir atau dibasmi dengan bahan tersebut? Apakah bahan tersebut aman bagi pemakainya? Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan tersebut.

                                                                                               

                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui                                                                                                       
Kepala SMP                                                                                                       Guru Mata Pelajaran                                                                                                    



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.

No comments: