SOSIOLOGI VII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : VII / Satu
Standar Kompetensi : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator : - Menjelaskan pengertian imitasi
- Menjelaskan pengertian identifikasi
- Menjelaskan pengertian simpati
- Menjelaskan pengertian empati
Alokasi waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
· Mendeskripsikan dan menjelaskan imitasi
· Mendeskripsikan dan menjelaskan sugesti
· Mendeskripsikan dan menjelaskan identifikasi
· Mendeskripsikan dan menjelaskan simpati
· Mendeskripsikan dan menjelaskan empati
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian sugesti
2. Sugesti
3. Identifikasi
4. Simpati
5. Empati
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang pengertian imitasi, sugesti, identifikasi b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e.Guru menyimpulkan tentang pengertian imitasi, sugesti, identifikasi Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang simpati dan empati b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang simpati dan empati Penutup a.Mengadakan post test. b.Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit |
B. Alat/Sumber Pembelajaran
a. Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007),
hlm 1 -7.
b. Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Transparan
3. OHP
4. Power point
G. Penilaian
a. Test pilihan ganda
b. Jawaban singkat
c. Rubrik penilaian
d. Unjuk kerja
e. Produk
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Di bawah ini, imitasi yang memiliki dampak yang positif adalah ….
a. meniru gaya ranbut punk
b. mencontek saat ujian
c. menindik hidung
d. berpakaian sopan seperti ayah
2. Sebelum seseorang melakukan imitasi, ada tiga proses yang berurutan, yaitu ....
a. menerima, mengagumi, mencintai
b. menerima, menggumi, memiliki
c. menerima, mengagumi, menjunjung tinggi
d. memiliki, mengagumi, mencintai
3. Orang yang mudah tersugesti biasanya ....
a. tidak mampu berpikir kritis
b. memiliki banyak kerabat kaya
c. memiliki pikiran yang terfokus
d. bertindak sesuai dengn keyakinan
4. Pada saat ingin membeli kue, Ibu bertemu dengan Rudi, seorang koki yang andal. Ia melarang Ibu belanja di toko kue tersebut, kemdian ibu menurutinya. Pengalaman Ibu di atas merupakan ....
a. simpati c. empati
b. imitasi d. identifikasi
5. Melihat adiknya menangis. Tindakan yang dilakukan Ari merupakan ....
b. imitasi d. identifikasi
Bagian II: Jawaban singkat
Isilah titik-titk di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1. Simpati mendalam yang dapat memengaruhi psikis atau kejiwaan dan fisik seseorang disebut ....
2. Seseorang yang tidak mampu berpikir kritis akan mudah menerima ....
3. Kakak meniru gaya berpakaian selebritis yang serba mewah. Kakak telah melakukan imitasi yang berdampak ....
4. Proses identifikasi dapat membentuk kepribadian seseorang dan berlangsung dengan ....
5. Hubungan antara sesama teman sebaya biasanya banyak terlihat dalam proses ....
Bagian III: rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dlam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Menurutmu, apa yang terjadi ketika seseorang anak meniru ayahnya memakai dasi?
2. Tulislah sebuah karangan yang menjelaskan tentang proses imitasi dalam keluargamu!
Bagian IV: Unjuk Kerja
Bentuklah kelompok terdiri dari 4-5 orang! Berdidkusilah tentang perkembangan reklame dan jenis-jenis iklan yang ada di masyarakat. Kemudian, tulis laporan tentang produkmu itu!
Bagian V: Produk
Buatlah sebuah iklan tentang sekolahmu. Kemudian, tulis laporan tentang produkmu itu! Perhatikan hal-hal yang dinilai dalam rubrik penilaian!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran