15 May 2011

Sosiologi SMP VII RPP 4



SOSIOLOGI VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : VII / Satu
Standar Kompetensi  : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator                   : - Menjelaskan pengertian interaksi sosial
                                    - Menguraikan interaksi sosial
                                    - Menguraikan bentuk-bentuk interaksi sosial
Alokasi waktu           : 2 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·  Menjelaskan hakikat interaksi sosial
·  Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
·  Mendiskripsikan dan memahami bentuk-bentuk interaksi sosial

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian interaksi sosial
2.      Syarat-syarat interaksi sosial
3.      Bentuk-bentuk interaksi sosial

C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1







2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
     Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang pengertian interaksi sosial
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang pengertian interaksi sosial.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5 menit






10 menit








5 menit




2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2










3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang syarat-syarat dan bentuk interaksi sosial.
b.   Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
c.    Meminta siswa presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang syarat-syarat dan bentuk interaksi sosial.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit









5 menit


E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 1 -7.
·   Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Transparan
3.      OHP
4.      Power point

G.    Penilaian
1.      Test pilihan ganda
2.      Jawaban singkat
3.      Rubrik penilaian
4.      Unjuk kerja
5.      Produk

Contoh :
1.      Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.      Seorang guru yang memberikan ujian susulan kepada salah satu siswa yang terlambat masuk sekolah merupakan contoh dari ………………….
a. interaksi sosial primer                           c. kontak sosial sekunder
b. interaksi sosial antarindividu                d. interaksi sosial antar kelompok


2.      Tokoh sosiologi yang terkenal dengan pembahasan mengenai interaksionalisme simbolik adalah  ……………
a.       Emile Durkheim                                 c. Herbert Spencer
b.       Selo Soemardjan                                d. Herbert Blumer
3.      Kontak sosial sekunder sama dengan ………..
a.   kontak sosial primer                            c. kontak sosial tak langsung
b.   kontak sosial langsung                       d. kontak sosial tanpa perantara
4.      Berkirim surat dan berpidato di depan forum merupakan contoh dari kontak sosial, tetapi keduanya memiliki perbedaan pada …………
a.       ada dan tidaknya perantara                c. ada/tidaknya proses timbal balik
b.      adanya komunikasi                             d. perlunya sosialisasi
5.      Konflik terjadi apabila ……………...
a.       Interaksi sosial negatif                       c. Interaksi sosial positif
b.      Interaksi sosial dinamis                      d. Interaksi sosial putus

2.      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1.       Berjabat tangan, bertegur sapa dan bertengkar adalah contoh ……………….
2.       Tindakan mempelajari nilai dan norma sosial, yang berlaku di masyarakat tertentu adalah proses …………….
3.       Hasil dari kontak sosial yang negatif adalah ………….
4.       Antara murid di kelas dan seorang guru yang sedang mengajar mereka di depan kelas terjadi bentuk interaksi antara individu dengan ……………
5.       Pada saat proses komunikasi berlangsung terdapat kemungkinan terjadinya penafsiran terhadap sesuatu yang berasal dari ……………..

3.      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1.      Apa pendapatmu tentang pendapat dibawah ini?
“Tindakan seseorang merupakan reaksi terhadap lingkungan luar” (W.I.Thomas)
2.      Apakah proses sosial menghasilkan interaksi sosial atau interaksi sosial yang melahirkan proses sosial? Jelaskan!

4.      Bagian 4 : Unjuk Kerja
Bentuklah 2 kelompok yang terdiri antar 4 – 5 orang siswa. Berdiskusilah mengenai kontak sosial, seperti pengertian konsep sosial, kemampuan menghitung jumlah kelompok yang ada di kelasmu, dan kemampuan mengklasifikan aktivitas sosial kelompok-kelompok yang ada di kelasmu!

5.      Bagian 5 : Produk
Buatlah lukisan yang menceritakan dua orang yang sedang melakukan kontak sosial, misalnya bersalaman.  Kemudian tulislah laporan dari proses pembuatan lukisanmu itu!

                                                                 
                                                                              ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran





No comments: