15 May 2011

Sosiologi SMP VII RPP 2



SOSIOLOGI VII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                                               
Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : VII / Satu
Standar Kompetensi  : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator                   : - Menjelaskan hakikat proses sosial.
                                    - Menjelaskan pengertian keselarasan sosial
                                    - Menguraikan ciri-ciri keselarasan sosial.
                                    - Menjelaskan perkembangan keselarasan sosial.
Alokasi waktu           : 2 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·  Memahami hakekat proses sosial dan keselarasan sosial.
·  Mendiskripsikan dan menjelaskan cirri-ciri sosial.
·  Menjelaskan tahap-tahap perkembangan keselarasan sosial.

B.    Materi Pembelajaran
1.Pengertian keselarasan sosial.
2.Ciri-ciri keselarasan sosial.
3.Perkembangan keselarasan sosial.

C.    Metode
Ceramah bervariasi, diskusi .

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1













2













3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas dan memeriksa kebersihan kelas).
b.   Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang hakekat proses sosial dan pengertian keselarasan sosial.
c.    Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.

Kegiatan Inti :
a.    Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang hakikat proses sosial dan keselarasan sosial.
b.   Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang diberikan guru.
c.    Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan.
d.   Kelompok siswa yang lain memberikan tanggapannya.
e.    Guru mengklarifikasi diskusi siswa.

Penutup
a.    Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing-masing kelompok.
b.   Mengadakan post test.
a.    Memberi tugas berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya
5 menit












30 menit












5 menit




2. Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1









2









3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b. Memotivasi
   Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a.    Masing-masing kelompok  diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
b.   Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
c.    Guru mengklarifikasi materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.

Penutup
a.    Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing-masing kelompok.
b.   Mengadakan post test.
a.    Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.
5 menit








30 menit








5 menit



E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 13 - 14.
·   Artikel/berita di media massa.
·   Internet
·   Buku-buku lain yang relevan.
                     
F.     Media
1.       Papan tulis
2.       Transparan
3.       OHP
4.       Power point


G.    Penilaian
1.      Test pilihan ganda
2.      Jawaban singkat
3.      Rubrik penilaian
4.      Unjuk kerja
5.      Portofolio


Contoh :
1.      Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.      Individu-individu yang berhubungan satu sama lain seperti dalam masyarakat perkotaan membentuk …………
a.   struktur sosial                                      c. pola sosial
b.   dinamika sosial                                    d. setting sosial
2.      Syarat yang harus dipenuhi agar keselarasan sosial dapat terwujud adalah ……..
a.       Menghindari terjadinya perubahan sosial.
b.      Mengubah tatanan mengikuti tatanan masyarakat desa.
c.       Partisipasi aktif dari masyarakat untuk mewujudkan keselarasan.
d.      Menghilangkan berbagai macam bentuk konflik.
3.      Tahap-tahap perkembangan keselarasan sosial adalah ………………..
a.       order - pola - keajegan - tertib sosial - keselarasan sosial.
b.       pola – order – keajegan - tertib sosial - keselarasan sosial
c.       tertib sosial – order – keajegan – pola – keselarasan sosial
d.      prilaku – order – pola – tertib sosial – keajegan – keselarasan sosial
4.      Seorang atlet sepak bola yang tekun berlatih demi mencapai keberhasilan saat pertandingan merupakan contoh ………..
a.  keajegan                                               c. order
b.  social order                                          d. pola
5.      Salah satu contoh norma yang berlaku di masyarakat adalah …………
a.       membuang sampah pada tempatnya.
b.       kesenian debus di Banten
c.       membuang sampah di sungai
d.      memakai payung ketika hujan

2.      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1.     Bentuk-bentuk struktural masyarakat memiliki suatu derajat dinamika tertentu yang membentuk ……………
2.     Pada dasarnya, interaksi sosial merupakan syarat terjadinya …………..
3.     Rutinitas anak-anak yang bersekolah termasuk ke dalam contoh ………………
4.     Keadaan masyarakat desa yang begitu damai, amam, tenang, dan tentram mencerminkan kondisi ……………
5.     Perilaku warga yang berulang-ulang akan menghasilkan ……………

3.      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1.     Jika kamu ditunjuk sebagai Gubernur DKI Jakarta mendatang, prioritas masalah apa yang kamu selesaikan untuk mencapai Jakarta yang selaras dan tertib?
2.     Menurut pendapatmu apakah perilaku manusia yang mempengaruhi ketidaktertiban ataukah ketidaktertiban yang mempengaruhi perilaku manusia>

4.      Bagian 4 : Unjuk Kerja
Kunjungilah kantor polisi yang terdekat yang ada di daerahmu! Catatlah berbagai data pelanggaran nilai, norma sosial yang pernah terjadi! Kemudian, buatlah kesimpulannya!

5.      Bagian 5 : Produk
Buatlah sebuah peraturan atau petunjuk atau slogan tata tertib dalam sebuah karton yang dihiasi sekreatif mungkin! Misalnya kalian dapat menulis, “Dilarang membuang sampah sembarangan”, atau “Berih Pangkal Sehat”! Hasil yang baik dapat ditempel di sudut-sudut sekolah atau kelas.



                                                                 
                                                                              ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran




No comments: