SOSIOLOGI VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : VII / Satu
Standar Kompetensi : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator : - Menjelaskan proses sosial asosiatif
- Menjelaskan pengertian akomodasi
- Menjelaskan pengertian asimilasi
- Menjelaskan pengertian kerjasama
Alokasi waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
· Menjelaskan dan mendeskripsikan proses sosial asosiatif
· Mendeskripsikan dan menjelaskan proses sosial disosiatif
B. Materi Pembelajaran
1. Proses sosial asosiatif
2. Proses sosial disosiatif
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang proses sosial b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang proses sosial asosiatif Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang proses sosial disosiatif b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang proses sosial disosiatif Penutup a. Mengadakan post test. b.Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit |
E. Alat/Sumber Pembelajaran
a. Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 1 -7.
b. Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Transparan
3. OHP
4. Power point
G. Penilaian
a. Test pilihan ganda
b. Jawaban singkat
c. Rubrik penilaian
d. Unjuk kerja
e. Portofolio
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Proyek pembangunan batu bara, perkapalan dan pertanian merupakan kerjasama
dalam bentuk ….
a. co-optation c. bargaining
b. joint-venture d. coalition
2. Pertentangan antarkelas sosial yaitu pertentangan antara ….
a. majikan dan buruh
b. negara-ngara yang berdaulat
c. golongan masyarakat
d. warga kulit hitam dan kulit putih
3. Yang merupakn faktor penghambat terjadinya asimilasi adalah ....
a. amalgamation c. toleransi
b. adanya musuh bersama dari luar d. in-group feeling
4. Voting termasuk ke dalam ....
a. compromise c. adjudication
b. stalemate d. majory decision
Bagian II: jawaban singkat
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1. Proses sosial yang erat kaitannya dengan kerjasama adalah ....
2. Masalah antara karyawan dan perusahaan tentang gaji yang kemudian diatasi dengan bantuan pemerintah dengan menggunakan upah minimum regional termasuk penyelesaian secara ....
3. Cara pengambilan keputusan berdasarkan suara terbanyak disebut ....
4. Perbedaan pendapat, perasaan individu, kebudayaan, kepentingan, dan terjadinya perubahan-perubahan sosial yang cepat dapat memicu terjadinya ....
5. Bentuk akomodasi yang terjadi tanpa adanya persetujuan yang sifatnya formal disebut ....
Bagian III: rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Jelaskan dampak-dampak proses sosial di masyarakat yang tengah mengalami konflik
etnis!
2. Setujukah kamu dengan kutipan berikut? Berikan alasannya!
”Kerjasama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan tersebut” (Charles Horton Cooley).
Bagian IV: Unjuk Kerja
Debatkanlah dengan teman sebangkumu, mengenai sebuah joint-venture yang ada di Indonesia! Kalian dapat menguraikan proses terbentuknya, dampak yang ditimbulkannya, serta penyebab keberhasilan sebuah joint-venture!
Bagian V: Portofolio
Diskusikanlah dengan teman sebangkumu mengenai bentuk-bentuk kontravensi yang pernah kalian lakukan! Kemudian, tuliskan laporannya dalam sebuah kertas!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment