Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 May 2011

Sosiologi SMP VII RPP 1



SOSIOLOGI VII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : VII / Satu
Standar Kompetensi  : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator                   : - Mendefinisikan pengertian sosiologi
                                    - Menjelaskan tentang masyarakat sebagai obyek sosiologi
                                    - Menjelaskan manfaat sosiologi
Alokasi waktu           : 2 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·  Memahami sosiologi secara tertulis
·  Mendiskripsikan dan menjelaskan interaksi masyarakat sebagai obyek kajian sosiologi
·  Memahami manfaat sosiologi dalam masyarakat

B.    Materi Pembelajaran
1.Pengertian sosiologi
2.Masyarakat sebagai obyek sosiologi

C.    Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1







2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang interaksi sebagai proses sosial.
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang interaksi sebagai proses sosial.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5 menit






30 menit








5 menit





2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1










2










3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a.    Membentuk kelompok.
b.   Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
c.    Meminta siswa presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang masyarakat sebagai obyek sosiologi dan manfaat sosiologi.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit









30 menit









5 menit



E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 1 -7.
·   Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

F.     Media
1.       Papan tulis
2.       Transparan
3.       OHP
4.       Power point

G.    Penilaian
1.      Test pilihan ganda (hlm. 7)
2.      Jawaban singkat (hlm. 8)
3.      Rubrik penilaian (hlm. 8)
4.      Unjuk kerja (hlm. 9)
5.      Produk (hlm. 9)

Contoh :
1.      Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.       Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pendapat ……
a.       Emile Durkheim                                 c. Herbert Spencer
b.      Max Weber                                        d. Mills
2.       Yang termasuk kajian Sosiologi menurut Pitirim Sorokin adalah ……..
a.       pengaruh motivasi guru terhadap semangat belajar siswa.
b.       pengaruh banjir terhadap harga kebutuhan pokok.
c.       perubahan budaya masyarakat kota.
d.      tingginya penghormatan terhadap alim ulama.
3.       Ilmu Sosiologi berguna dalam kehidupan manusia modern, khususnya di perkotaan karena mempelajari …….
a.       gejala-gejala alam                               c. gejala-gejala sosial
b.       gejala-gejala psikologis                       d. gejala-gejala budaya
4.       Perubahan ilmu Sosiologi dengan ilmu ekonomi pada ………
a.       Sosiologi mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
b.       Sosiologi melihat masyarakat secara utuh dan komprehensif.
c.       Sosiologi melihat ekonomi sebagai bagian kecil dalam masyarakat.
d.      Sosiologi tidak mempelajari teori ekonomi.
5.       Hubungan antarmanusia yang tidak disertai respon disebut ……
a.       interaksi sosial                                    c. komunikasi
b.       kontak sosial                                       d. peran sosial

2.      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1.     Orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan disebut ………...
2.     Keseluruhan jalinan atau hubungan antar norma, lembaga, kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial disebut ……………….
3.     Proses penyampaian sesuatu melalui media massa termasuk ……………
4.     Hubungan antara dua orang yang saling berpengaruh disebut ……………….
5.     Tanah longsor dan bencana banjir termasuk ke dalam gejala …………….

3.      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1.      Menurut pendapatmu, apakah yang akan terjadi jika tidak ada ilmu sosiologi? Berikan alasannya!
2.      Tulislah sebuah karangan mengenai pengaruh kebudayaan struktur masyarakat!

4.      Bagian 4 : Unjuk Kerja
Wawancarailah seorang sosiolog yang ada di lingkungan kalian!
Atau, kalian dapat mewawancarai salah seorang mahasiswa jurusan sosiologi!  Tanyakan mengenai seluk beluk sosiologi secara umum, seperti keuntungan belajar di jurusan sosiologi, pengalaman untuk belajar sosiologi, dsb!  Kemudian, tulislah hasil wawancara dalam sebuah karangan! Hal tersebut memberikan motivasi bagi kalian belajar sosiologi.

5.      Bagian 5 : Produk
Dalam sosiologi juga dipelajari kontak sosial dan komunikasi.
Untuk meningkatkan kreativitas kalian, cobalah buat suatu alat komunikasi yang kamu anggap paling unik! Contohnya; kentongan (biasanya digunakan warga desa sewaktu ronda/siskamling), telepon buatan dari 2 buah gelas yang diberi tali, bedug (tanda waktu sholat/azan), peluit, bendera pramuka (semaphore).



                                                                 
                                                                              ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran




No comments: