11 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP1



EKONOMI XII RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus

Indikator                    :
1.      Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
2.      Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
3.      Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
4.      Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
5.      Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
6.      Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
7.      Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
8.      Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
9.      Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.

Alokasi Waktu           : 12 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
b)      Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
c)      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
d)     Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
e)      Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
f)       Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
g)      Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
h)      Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
i)        Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
                                   
B. Materi Pokok
            Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus


C. Uraian Materi
a)      Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
b)      Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
c)      Bukti transaksi
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
e)      Persediaan barang dagang
f)       Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...