23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 12



FISIKA XI RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA


Standar Kompetensi
              5.   Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
              5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer                           dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

Indikator
1.      Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2.      Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.
3.      Menjelaskan pengaruh proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia.
4.      Menyadari pengaruh negatif proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian ozon.
2.      Menjelaskan dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
3.      Menjelaskan dampak penebangan hutan.
4.      Menjelaskan cara meminimalkan dampak negatif penebangan hutan.
5.      Menjelaskan pengertian desertifikasi.
6.      Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya desertifikasi.
7.      Menjelaskan pengertian erosi.
8.      Menyebutkan faktor yang menyebabkan erosi.
9.      Menjelaskan pengertian polusi.
10.  Menyebutkan macam-macam polusi.
11.  Menjelaskan cara menanggulangi masalah polusi.
12.  Menjelaskan pengertian hujan asam.
13.  Menyebutkan penyebab terjadinya hujan asam.
14.  Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya hujan asam.
15.  Menjelaskan pengertian pemanasan global.
16.  Menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
17.  Menjelaskan dampak dan penanggulangan pemanasan global.
18.  Menjelaskan pengertian El Nino dan La Nina.
19.  Menyebutkan tanda-tanda terjadinya El Nino.
20.  Menjelaskan dampak terjadinya El Nino dan La Nina.

B. Materi Pembelajaran
        Lapisan Ozon dan Masalah Lingkungan Hidup
C. Metode Pembelajaran1
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                      -   Cooperative Learning                      
   2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                           PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana chlorofiuorocarbon (CFC )dapat merusak lapisan ozon?
-      Bagaimana cara menanggulangi efek rumah kaca?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan ozon?
-      Apakah yang dimaksud dengan efek rumah kaca?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ozon.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan masalah lingkungan hidup.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan penebangan hutan.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan desertifikasi.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan polusi.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan hujan asam.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan efek rumah kaca.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian pemanasan global.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai dampak dan penanggulangan pemanasan global yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian El Nino dan
La Nina.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan tanda-tanda terjadinya
El Nino.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak terjadinya
El Nino dan La Nina.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 225-232
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Lingkungan
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes uraian
-      Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Berikut ini merupakan faktor yang menimbulkan pelapukan secara biologi, kecuali ....
 a. akar tumbuhan yang menerobos batuan
 b. titik-titik air yang membeku dalam batuan
 c. lumut yang tumbuh di permukaan batuan
 d. bakteri yang menghancurkan batuan

                -  Contoh tes uraian
                    Apakah dampak dari menipisnya lapisan ozon bagi kesehatan manusia?
                    -  Contoh tugas rumah   
Buatlah artikel tentang masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh ulah manusia dan akibat yang ditimbulkannya bagi kesehatan manusia.

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

Fisika SMP IX RPP 11



FISIKA XI RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
             5.     Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
            5.4   Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan litosfer dan                           atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

Indikator
1.    Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
2.    Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian litosfer.
2.      Menjelaskan bentuk permukaan daratan.
3.      Menjelaskan bentuk permukaan dasar laut.
4.      Menjelaskan pengertian batuan.
5.      Menyebutkan jenis-jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya.
6.      Membedakan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
7.      Menjelaskan pengertian vulkanisme.
8.      Menyebutkan manfaat vulkanisme.
9.      Menjelaskan pengertian gempa bumi.
10.  Menyebutkan jenis-jenis gempa berdasarkan penyebabnya.
11.  Membedakan bahan galian dan bahan tambang.
12.  Menjelaskan proses terbentuknya tanah.
13.  Membedakan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
14.  Menjelaskan pengertian erosi.
15.  Menjelaskan pengertian sedimentasi.
16.  Menjelaskan pengertian hidrosfer.
17.  Menjelaskan perairan di permukaan bumi.
18.  Menjelaskan perairan di bawah permukaan bumi.
19.  Menjelaskan suhu air laut.
20.  Menjelaskan pengertian kadar garam (salinitas).
21.  Menyebutkan faktor yang menentukan tinggi rendahnya kadar garam.
22.  Menjelaskan massa jenis air laut.
23.  Menjelaskan gerakan air laut.
24.  Menjelaskan pengertian atmosfer.
25.  Menyebutkan manfaat atmosfer.
26.  Menjelaskan komposisi gas dalam atmosfer.
27.  Menjelaskan susunan lapisan atmosfer.
B. Materi Pembelajaran
  Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer

C. Metode Pembelajaran
1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                            -  Cooperative Learning
2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                            -  Observasi
                             -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa bentuk muka bumi di berbagai tempat tidak rata?
-      Bagaimana cara kalian menghadapi gempa bumi?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan bentang alam?
-      Apakah yang dimaksud dengan gempa bumi?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian litosfer.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai bentuk permukaan daratan dan bentuk permukaan dasar laut.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian batuan.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian vulkanisme.
·         Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan manfaat vulkanisme.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gempa bumi.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis gempa berdasarkan penyebabnya.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan bahan galian dan bahan tambang yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses terbentuknya tanah.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian erosi dan sedimentasi.
c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana proses terbentuknya delta?
-      Faktor apakah yang menentukan tinggi rendahnya salinitas?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan delta?
-      Apakah yang dimaksud dengan salinitas?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hidrosfer.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perairan di permukaan bumi.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik perairan laut dan perairan darat.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik laut.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik samudra.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik sungai.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik danau.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik rawa.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perairan di bawah permukaan bumi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai suhu air laut, kadar garam (salinitas), dan massa jenis air laut yang disampaikan oleh guru.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor-faktor yang menentukan tinggi rendahnya kadar garam (salinitas).
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerakan air laut.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai gelombang, arus laut, pasang, dan surut.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  

PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah manfaat atmosfer bagi kehidupan makhluk hidup?
-      Mengapa saat hujan disertai angin kencang siaran radio sering terganggu?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan atmosfer?
-      Apakah yang dimaksud dengan lapisan ionosfer?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian atmosfer.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan manfaat atmosfer bagi kehidupan makhluk hidup.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan komposisi gas dalam atmosfer.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan berbagai macam gas dan partikel lain di dalam atmosfer.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan susunan lapisan atmosfer.
·         Peserta didik memperhatikan susunan lapisan atmosfer yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 199-224
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

    F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
-     Tes PG
-     Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
   -  Contoh tes PG
                        Gelombang radio dapat diterima di tempat yang cukup jauh dari pemancar                         karena dipantulkan oleh lapisan ....
                         a. ozon                                                            c. stratosfer
                         b. ionosfer                                                      d. mesosfer
-  Contoh tes uraian
                        Di dalam gua kita sering melihat batuan runcing di atap dan di dasar gua.
a. Apakah namanya masing-masing?
b. Jelaskan proses terbentuknya.

                                                                                        .............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                         Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.