23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 9



BIOLOGI VIII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
              2.   Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar
             2.3  Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan.

Indikator
   1.  Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan.
   2.  Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti.

 A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan mekanisme gerak pada tumbuhan.
2.      Menjelaskan pengertian iritabilitas.
3.      Menyebutkan rangsangan yang mempengaruhi terjadinya gerak pada tumbuhan.
4.      Menjelaskan perbedaan gerak higroskopis dan gerak esionom.
5.      Menyebutkan contoh gerak higroskopis.
6.      Menyebutkan macam-macam gerak esionom.
7.      Menjelaskan pengertian gerak nasti.
8.      Menyebutkan contoh gerak nasti.
9.      Menjelaskan pengertian gerak tropisme.
10.  Menjelaskan perbedaan gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif.
11.  Menyebutkan contoh gerak tropisme.
12.  Menjelaskan pengertian gerak taksis.
13.  Menyebutkan contoh gerak taksis.
14.  Membuktikan apakah biji yang sedang berkecambah menanggapi rangsangan gravitasi bumi.

 B. Materi Pembelajaran
            Gerak pada Tumbuhan

C. Metode Pembelajaran
1 . Model     :   -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
             2.  Metode   :   -   Diskusi kelompok
-   Eksperimen






D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
                     -   Pernahkah kalian memperhatikan pecahnya kulit kacang buncis yang telah tua?
     -   Apa yang terjadi jika kita menyentuh daun tumbuhan putri malu?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis?
                    -   Apa yang dimaksud dengan gerak nasti?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati berbagai macam gerak pada tumbuhan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan mekanisme gerak pada tumbuhan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian iritabilitas.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan rangsangan yang mempengaruhi terjadinya gerak pada tumbuhan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gerak higroskopis dan gerak esionom.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak higroskopis.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati beberapa jenis tumbuhan untuk mengetahui gerak yang dilakukan akibat dari berbagai rangsangan yang diberikan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian gerak nasti.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak nasti.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa ujung batang tanaman labu membelok dan membelit?
       -   Mengapa sel sperma bergerak menuju sel telur pada peristiwa pembuahan?
l  Prasyarat pengetahuan:
       -   Apa yang dimaksud dengan gerak tropisme?
 -   Apa yang dimaksud dengan gerak taksis?
l  Pra eksperimen:
    -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengelilingi halaman sekolah untuk mengamati berbagai macam gerak pada tumbuhan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak tropisme.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati gerak yang dilakukan oleh tumbuhan yang bersulur.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) diajak masuk ke ruang laboratorium untuk melaksanakan eksperimen.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian gerak taksis.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak taksis.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan petri, gabus 1 lembar, jarum, akuarium kecil, tutup kaca, kotak kertas dengan ukuran lebih besar dari akuarium, kapas, biji kacang hijau yang sedang berkecambah 5 buah, dan air.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk membuktikan apakah biji yang sedang berkecambah menanggapi rangsangan gravitasi bumi (Kegiatan 8.1 h.196-197).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
 a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 191-200
 b. Lingkungan
 c. Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen:
      -  Tes PG
-  Tes isian
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
   Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a. geotropis                                          c. nasti
b. fototropis                                        d. tropis
 -  Contoh tes uraian
Buat tabel perbedaan antara gerak tropisme dan gerak nasti, kemudian beri masing-masing contohnya.


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: