FISIKA VII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator : 1. Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.
2. Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian suhu.
2. Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.
3. Menyebutkan jenis-jenis termometer.
4. Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
5. Membaca skala pada termometer.
6. Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur dan Fahrenheit.
Materi Pembelajaran : Suhu
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin?
- Alat apakah yang dipakai untuk mengukur bila suhu tubuhmu terasa panas?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan suhu?
- Apakah Satuan Internasional dari besaran suhu?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca.
b. Kegiatan Inti
. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesim-pulan sementara, lalu anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikannya.
. Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
. Setiap kelompok diberi tugas dengan memanfaatkan indera peraba sebagai alat ukur suhu dan mendiskusikan kekurangannya.
. Peserta didik dalam setiap kelompok memasukkan tangan ke dalam mangkuk yang berisi es, air hangat dan campuran antara es dengan air hangat.
. Setiap kelompok diberikan sebuah termometer untuk mendiskusikan prinsip kerja termometer dan menunjukkan bagian-bagian dari termometer tersebut.
. Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
. Guru menunjukkan bagian-bagian termometer kepada peserta didik.
. Peserta didik (dibimbing guru) melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
c. Kegiatan Penutup
. Peserta didik (dibimbing guru) membuat kesimpulan hasil belajar
. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang telah disampaikan
. Guru memberi tugas rumah untuk mencari informasi mengenai macam-macam termometer.
PERTEMUAN KEDUA
a Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan dengan satuan; satuan apakah yang dipakai?
- Apakah satuan suhu dalam Standar Internasional (SI)?
. Prasyarat pengetahuan
- Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.
b. Kegiatan Inti
. Guru mendiskusikan cara membaca skala termometer yang benar.
. Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan pembacaan skala pada termometer.
. Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur dan Fahrenheit.
. Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur dan Fahrenheit dengan perbandingan sebagai berikut
TC : TK : TR : (TF - 32) = 5 : (TC + 273) : 4 : 9.
. Guru memberikan contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
c. Kegiatan Penutup
. Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) halaman 25-40
b. Buku kerja
c. Termometer
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Isian dan PG
c. Contoh Instrumen:
- Instrumen tes Isian
Mengapa tangan manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan panas dan dingin?
- Contoh tes PG
Bila termometer Celsius menunjukkan skala 80, maka skala Reamur akan menunjukkan....
a. 64° c. 100°
b. 96° d. 150°
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
...................... ... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment