23 April 2011

Fisika SMP VIII RPP 1



FISIKA VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
5.    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
          5.1  Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya, dan pengaruhnya pada                              suatu benda yang dikenai gaya.

Indikator
1.    Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
2.    Mengukur gaya suatu benda.
3.    Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
4.    Mengidentifikasi syarat terjadinya keseimbangan.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian gaya.
2.      Menyebutkan macam-macam gaya.
3.      Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
4.      Menyebutkan beberapa contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
5.      Mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya.
6.      Menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya.
7.      Menjelaskan pengertian resultan gaya.
8.      Menentukan resultan gaya-gaya yang searah.
9.      Menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah.
10.  Menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
11.  Menjelaskan pengertian keseimbangan.
12.  Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan.

B. Materi Pembelajaran
          Gaya

C. Metode Pembelajaran
1.      Model     :   - Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
              2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                                    -  Observasi
                                    -  Ceramah



D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
     -   Sebutkan macam-macam gaya
     -   Dapatkah gaya diukur? Jika dapat, bagaimana cara mengukurnya?
·         Prasyarat pengetahuan:
    -   Apakah yang dimaksud dengan gaya?
    -   Alat apakah yang digunakan untuk mengukur gaya?
·         Pra eksperimen:
    -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
        
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah balon yang telah ditiup, sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya (Kegiatan 1.1 h.2).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur gaya dengan menggunakan neraca pegas.
·         Peserta didik memperhatikan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yangh memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
   
 a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah?
·       Prasyarat pengetahuan:
-   Apakah yang dimaksud dengan resultan gaya?
·         Pra eksperimen:
       -  Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
        
    b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian resultan gaya.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tiga buah neraca pegas, sebuah beban yang bermassa 3 kg dan sebuah meja yang masih kokoh.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan resultan gaya-gaya yang searah (Kegiatan 1.4 h.5) dan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah (Kegiatan 1.5 h.6).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh keadaan benda yang seimbang dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

       c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.2 (Esis) halaman 1-9
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Alat dan bahan praktikum
 d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
-    Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
-     PG
-     Uji petik kerja produk
-     Uraian
-     Isian
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
Berikut ini yang tidak termasuk gaya tak sentuh adalah ....
a. gaya gesek                                       c. gaya gravitasi
b. gaya magnet                                    d. gaya listrik
-  Contoh tes isian
              Keadaan dimana dua gaya atau lebih bekerja pada sebuah benda, tetapi tidak           mengakibatkan perubahan sifat gerak benda disebut ....                                        
-  Contoh tes uraian
Dua orang siswa mendorong meja masing-masing dengan gaya 20 N ke kanan dan 15 N ke kiri. Tentukan resultan gaya yang bekerja pada meja.

                                                      ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: