BIOLOGI VIII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Standar Kompetensi
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Indikator
1. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang, dan daun.
2. Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
3. Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tumbuhan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan morfologi (struktur luar) akar.
2. Menjelaskan anatomi (struktur dalam) akar.
3. Menyebutkan fungsi akar.
4. Menjelaskan proses penyerapan air dan mineral serta pengangkutannya.
5. Membedakan peristiwa osmosis dan transpor aktif pada proses penyerapan air dan mineral.
6. Mengamati peristiwa osmosis pada kentang.
7. Menjelaskan fungsi akar sebagai alat pernapasan pada tumbuhan.
8. Membedakan morfologi (struktur luar) batang tumbuhan herba dan batang tumbuhan berkayu.
9. Membedakan anatomi (struktur dalam) batang tumbuhan herba dan batang tumbuhan berkayu.
10. Membedakan batang tumbuhan dikotil dan monokotil.
11. Melihat jaringan pengangkut pada batang.
12. Menyebutkan fungsi batang.
13. Menjelaskan morfologi (struktur luar) daun.
14. Menjelaskan anatomi (struktur dalam) daun.
15. Menyebutkan fungsi daun.
16. Membedakan fungsi jaringan xilem dan jaringan floem.
17. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengangkutan pada tumbuhan.
18. Mengamati proses pengangkutan air dan zat terlarut pada tumbuhan melalui xilem.
19. Menyebutkan struktur bunga yang lengkap.
20. Mengamati bagian-bagian bunga.
21. Menyebutkan fungsi bunga.
22. Menjelaskan struktur buah.
23. Membedakan buah tunggal, buah agregat, dan buah majemuk.
24. Menjelaskan struktur biji.
B. Materi Pembelajaran
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction(DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa pohon yang memiliki batang besar dan tinggi dapat berdiri kokoh di atas tanah?
- Pernahkah kalian melihat dan mengamati tanaman jahe?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah fungsi akar?
- Bagaimana struktur batang tanaman jahe?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan morfologi (struktur luar) akar.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai anatomi (struktur dalam) akar.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan fungsi akar.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pengangkutan air dan mineral serta pengangkutannya.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan peristiwa osmosis dan transpor aktif pada proses penyerapan air dan mineral.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil pisau, mangkuk, dan kentang 1 buah.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengamati peristiwa osmosis pada kentang (Kegiatan 6.1 h.145).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan mengenai peran akar sebagai alat pernapasan pada tumbuhan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan morfologi (struktur luar) batang tumbuhan herba dan batang tumbuhan berkayu.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan anatomi (struktur dalam) batang tumbuhan herba dan batang tumbuhan berkayu.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan batang tumbuhan dikotil dan monokotil.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan fungsi batang.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen kelompok untuk melihat jaringan pengangkut pada batang (Kegiatan 6.2 h.151).
l Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan silet, mikroskop, kuas cat, gelas arloji, gelas objek, gelas penutup, batang kembang sepatu yang masih muda, phloroglucin, asam klorida pekat, dan semangkuk air.
l Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah perbedaan susunan helai daun mangga dan daun belimbing?
- Coba kalian petik bunga suatu tumbuhan, kemudian amati. Apakah bunga tersebut memiliki bagian-bagian yang lengkap?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan daun majemuk?
- Apakah yang dimaksud dengan bunga lengkap?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan morfologi (struktur luar) daun.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai anatomi (struktur dalam) daun.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan fungsi daun.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan fungsi jaringan xilem dan jaringan floem.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengangkutan pada tumbuhan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tabung erlemeyer, pisau, ember, tumbuhan pacar air yang masih segar, dan larutan eosin atau tinta merah.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengamati proses pengangkutan air dan zat terlarut pada tumbuhan melalui xilem (Kegiatan 6.4 h.159).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan struktur bunga yang lengkap.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan fungsi bunga.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen kelompok untuk mengamati bagian-bagian bunga (Kegiatan 6.5 h.162).
l Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan alat tulis dan kertas gambar, kaca pembesar (lup), alat potong (cutter), dan beberapa jenis bunga.
l Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan struktur buah.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan buah tunggal, buah agregat, dan buah majemuk.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai struktur biji.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 141-165
b. Carta struktur tumbuhan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tes identifikasi
- Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Keluar masuknya O2 dan CO2 pada batang tumbuhan terjadi di ....
a. lenti sel c. epidermis
b. stomata d. xilem
- Contoh tes uraian
Jelaskan cara penyerapan air dan mineral dari dalam tanah oleh rambut-rambut akar tumbuhan.
- Contoh tes identifikasi
Isi tabel berikut dengan mengisi nama bagian akar dan fungsinya.
Nama bagian akar | Fungsi |
Epidermis | . . . . . . . . . . |
. . . . . . . . . . | Berperan dalam pertukaran gas |
Endodermis | . . . . . . . . . . . |
Stele akar | . . . . . . . . . . . |
Xilem | . . . . . . . . . . . |
Floem | . . . . . . . . . . . |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment