FISIKA IX SILABUS
Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Standar Kompetensi: 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. | Listrik Statis | · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik. · Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik. · Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik. · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik. | · Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu. · Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik. · Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik. · Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik. | Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes uraian Tes PG Uji petik kerja prosedur Tes uraian | Sebuah benda digosok pada benda lain sehingga sebagian elektronnya berpindah ke benda yang digosok. Dalam peristiwa ini, benda yang digosok menjadi bermuatan .... Ebonit yang digosok dengan kain wol akan bermuatan negatif karena .... a. elektron dari ebonit ke kain wol b. proton dari ebonit ke kain wol c. elektron dari wol ke ebonit d. proton dari wol ke ebonit Eksperimen mengetahui jenis muatan dan membuat muatan induksi dengan elektroskop (Kegiatan 7.6 dan 7.8). Dua buah benda bermuatan listrik sejenis masing-masing 1 C dan 1 C terpisah sejauh 0,15 cm satu sama lain. Berapakah besar gaya elektrostatis yang timbul? | 6 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 1-26, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Listrik Dinamis | · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang arus listrik dan beda potensial. · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan cara membuat rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel. · Mengamati berbagai gambar rangkaian listrik baik seri maupun paralel dan menemukan prinsip perangkaiannya. · Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial. · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hambatan dari beberapa jenis bahan (konduktor, isolator, dan semikonduktor). · Mencari informasi melalui studi pustaka mengenai prosedur penerapan hukum I Kirchoff. ' · Memecahkan soal-soal yang berkait dengan perhitungan hambatan pengganti rangkaian listrik. | · Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik. · Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel. · Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik. · Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (hukum Ohm). · Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, isolator, dan semi konduktor). · Menggunakan hukum I Kirchoff untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian. · Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Penugasan Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes uraian Uji petik kerja produk Tugas rumah Uji petik kerja produk Tes identifikasi Uji petik kerja produk Tes uraian | Besaran yang menyatakan jumlah muatan listrik yang mengalir setiap detik disebut .... Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan. Buatlah grafik yang menunjukkan hubungan antara besarnya arus listrik dan beda potensial. Eksperimen menemukan hubungan antara kuat arus dengan beda potensial listrik (Kegiatan 2.12). Tentukan bahan-bahan yang termasuk ke dalam konduktor, isolator, dan semikonduktor dari bahan-bahan yang tersedia berikut: kertas, besi, karet, baja, arsen, silikon, plastik, dan perak. Eksperimen memahami hukum I Kirchhoff pada rangkaian bercabang (Kegiatan 2.19). Tiga buah hambatan masing-masing 4 ohm, 6 ohm, dan 8 ohm dirangkai secara pararel. Tentukan hambatan totalnya. | 6 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 27-76, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Listrik Dinamis | Mencari informasi melalui studi pustaka tentang konsep gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik. Mempraktikkan cara menentukan tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai). · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang gajala gerak listrik, susunan elemen listrik, dan cara kerja elemen listrik. | · Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik. · Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai). · Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes uraian Uji petik kerja produk Tes PG | Jelaskan apa yang dimaksud dengan gaya gerak listrik (ggl). Eksperimen mengukur beda potensial listrik (Kegiatan 2.4). Sel yang prinsip kerjanya berdasarkan keluarnya elektron-elektron dari permukaan material ketika material dikenai cahaya adalah .... a. sel natrium sulfida b. sel foto c. fuell cell d. sel surya | 2 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 31-40, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. | Energi dan Daya Listrik | · Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial.dengan energi listrik. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang alat-alat pengubah energi listrik. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang hubungan antara daya listrik dan energi listrik. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang menentukan energi listrik dalam satuan kWh. Mengkaji cara-cara yang tepat untuk melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari. | · Menjelaskan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I) dengan energi listrik. · Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain. · Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik. · Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga. Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya. | Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis Penugasan Penugasan | Uji petik kerja prosedur Tes uraian Tes PG Tugas rumah Proyek | Eksperimen mengamati hubungan antara kalor dengan beda potensial, kuat arus listrik, dan lama aliran arus listrik (Kegiatan 3.2, Kegiatan 3.3, dan 3.4). Jelaskan dan beri contoh perubahan energi listrik menjadi: a. energi gerak b. energi kalor Sebuah mesin pendingin 500 watt dipasang selama 10 menit menimbulkan kalor .... kalori a. 300.000 c. 5.000 b. 72.000 d. 1.200 Lihatlah kWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan. Buatlah sebuah artikel mengenai cara melakukan penghematan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari. | 6 × 40' | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 77-98, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet. | Kemagnetan | · Merumuskan karakteristik sifat kutub magnet, sifat medan magnet, dan pengertian teori magnet bumi. · Mengkaji pustaka untuk mencari cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teori kemagnetan bumi. · Merancang dan melaksanakan percobaan untuk mengungkap hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik. | · Menunjukkan sifat kutub magnet. · Menjelaskan cara membuat magnet dan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan. · Memaparkan teori kemagnetan bumi. · Menunjukkan medan magnet di sekitar penghantar berarus listrik. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja | Tes PG Tes uraian Tes isian Uji petik kerja produk | Andaikan kutub utara dan kutub selatan bumi tepat berada di khatulistiwa, maka .... a. sudut inklinasi selalu 00 b. sudut inklinasi selalu 900 c. sudut deklinasi selalu 00 d. sudut dekklinasi selalu 1800 Mengapa bahan plastik tidak dapat dijadikan magnet dengan cara apapun? Sudut yang dibentuk oleh penyimpangan arah utara-selatan kutub magnet jarum kompas terhadap arah utara-selatan geografis bumi disebut .... Eksperimen mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik dan mengamati medan magnet kumparan berarus (Kegiatan 4.12 dan Kegiatan 4.13). | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 99-115, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi. | Kemagnetan | · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang prinsip dari kinerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi. · Menyelidiki penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang pemanfaatan kemagnetan dalam berbagai produk teknologi. | · Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi. · Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari. · Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi. | Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | Tes PG Tugas rumah Tes uraian | Di bawah ini adalah alat yang memanfaatkan prinsip elektromagnet, kecuali .... a. bel listrik b.rice cooker b. pesawat telepon d. relai Datalah alat-alat listrik yang ada dirumahmu dan kelompokkan yang prinsip kerjanya menggunakan gaya Lorenzt. Sebutkan tiga macam alat dapur yang menggunakan prinsip kerja motor listrik. Jelaskan cara kerja masing-masing alat itu. | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 115-130, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik. | Induksi Elektromagnet | · Merancang dan melaksanakan percobaan untuk mengungkap hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang prinsip kerja dinamo dan generator secara sederhana. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang karakteristik transformator serta penerapannya. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang kegunaan trafo dalam kehidupan sehari-hari. | · Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan. · Menjelaskan prinsip kerja generator dan dinamo secara sederhana. · Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator. · Mendeskripsikan kegunaan trafo dalam kehidupan sehari-hari. | Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Uji petik kerja produk Tes PG Tes uraian Tugas rumah | Eksperimen memahami GGL induksi dua kumparan (Kegiatan 5.3 h.136-137). Faktor berikut dapat memperbesar ggl induksi yang dihasilkan generator atau dinamo, kecuali .... a. mempercepat putaran b. menggunakan kumparan dengan lilitan kawat yang lebih banyak c. menggunakan magnet yang lebih kuat d. menggunakan kawat lilitan yang berukuran penampang lebih besar a. Mengapa trafo berdaya rendah menggunakan lilitan kawat berpenampang kecil sedangkan trafo berdaya tinggi menggunakan lilitan kawat berpenampang besar? b. Mengapa trafo yang berarus listrik rendah memiliki jumlah kawat yang lebih banyak daripada trafo yang berarus listrik tinggi? Buatlah artikel tentang pemanfaatan transformator pada peralatan elektronika. | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 131-158, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya. | Anggota Tata Surya | · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian sistem tata surya. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gaya gravitasi. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang orbit planet. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang tentang hal-hal yang berkaitan dengan perbandingan antar planet. | · Mendeskripsikan anggota tata surya. · Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan planet. · Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya. · Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan menggunakan tabel. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes uraian Tes isian Tugas rumah | Anggota tata surya yang memiliki orbit paling lonjong adalah .... a. asteroid c. komet b. planet d. meteroid Mengapa planet-planet dapat beredar mengelilingi matahari? Posisi planet pada orbit yang jaraknya paling jauh ke matahari dinamakan .... Buatlah artikel yang memuat deskripsi karakteristik sebuah planet. | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 159-166, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet. | Matahari sebagai Bintang dan Bumi sebagai Planet | · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian matahari sebagai bintang. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang sumber energi matahari. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang susunan lapisan dan aktivitas matahari. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang deskripsi karakteristik bumi. | · Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang. · Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari. · Mendeskripsikan susunan lapisan matahari. · Mendeskripsikan karakteristik bumi. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Tes isian Tes PG Tes uraian Tes uraian | Matahari dikatakan sebagai salah satu bintang karena .... Reaksi nuklir di matahari berlangsung pada .... a. inti c. fotosfer b. kromosfer d. korona Sebut dan jelaskan lapisan-lapisan penyusun matahari. Jelaskan bentuk dan ukuran bumi. | 2 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 167-175, buku referensi yang relevan, lingkungan. |
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya. | Bumi sebagai Planet, Bulan sebagai Satelit Bumi, dan Penjelajahan Luar Angkasa | · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang akibat rotasi dan revolusi bumi. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerak edar bumi dan bulan. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerhana bulan, gerhana matahari, dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut. · Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang satelit buatan. | · Menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi. · Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi. · Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari, dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut. · Menjelaskan fungsi satelit buatan. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes uraian Tes isian Tes PG Tugas rumah | Sebutkan pengaruh rotasi dan revolusi bumi. Permukaan bulan yang menghadap bumi selalu sama disebabkan .... Gerhana matahari total terjadi ketika .... a. bulan memasuki umbra bumi b. bulan memasuki penumbra bumi c. bumi memasuki umbra bulan d. bumi memasuki penumbra bulan Buatlah artikel tentang sejarah peluncuran satelit Palapa hingga saat ini dan manfaatnya bagi kepentingan bangsa Indonesia. | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 175-198, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor. | Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer | · Mengkaji pustaka untuk menggali hal-hal yang berkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor. · Merumuskan hubungan antara proses-proses khusus yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan perubahan zat dan kalor. | · Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor. · Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes PG Tes uraian | Di dalam gua kita sering melihat batuan runcing di atap dan di dasar gua. a. Apakah namanya masing-masing? b. Jelaskan proses terbentuknya. Gelombang radio dapat diterima di tempat yang cukup jauh dari pemancar karena dipantulkan oleh lapisan .... a. ozon c. stratosfer b. ionosfer d. Mesosfer | 6 × 40’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 199-224, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan. | Lapisan Ozon dan Masalah Lingkungan Hidup | · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang pelapukan dan kaitannya dengan permasalahan lingkungan. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang dampak pemanasan global bagi lingkungan di bumi. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang pengaruh proses-proses lingkungan bagi manusia. · Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang dampak kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. | · Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan. · Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi. · Menjelaskan pengaruh proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia. · Menyadari pengaruh negatif proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes uraian Tes uraian Tes uraian Tugas rumah | Berikut ini merupakan faktor yang menimbulkan pelapukan secara biologi, kecuali .... a. akar tumbuhan yang menerobos batuan b. titik-titik air yang membeku dalam batuan c. lumut yang tumbuh di permukaan batuan d. bakteri yang menghancurkan batuan Jelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi. Apakah dampak dari menipisnya lapisan ozon bagi kesehatan manusia? Buatlah artikel tentang masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh ulah manusia dan akibat yang ditimbulkannya bagi kesehatan manusia. | 2 × 40 ’ | Buku IPA Fisika 3 Esis hlm. 225-232, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment