BIOLOGI IX SILABUS
Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. | Sistem Ekskresi | · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka. · Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem ekskresi pada manusia. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan | · Mendeskripsikan bentuk atau bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia. · Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi. · Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. · Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Penugasan Tes tertulis | Tes PG Uji petik kerja prosedur Proyek Tes uraian | Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah adalah .... a. otak c. ginjal b. jantung d. paru-paru Eksperimen mengamati dan mempelajari alat-alat ekskresi pada manusia (Kegiatan 1.1). Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah. Penyakit apa yang terjadi pada hati? Jelaskan menurut pengetahuan kalian. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm. 1-16, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia. | Sistem Reproduksi | · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada manusia. · Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem reproduksi pada manusia. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan pusat kesehatan. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan. · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada hewan. · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada tumbuhan. | · Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia. · Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi. · Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. · Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi. · Mendeskripsikan sistem reproduksi pada hewan. · Mendeskripsikan sistem reproduksi pada tumbuhan. | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja | Tes PG Tes uraian Tugas rumah Tes uraian Tes uraian Uji petik kerja prosedur | Pembentukan sel sperma terjadi di .... a. testis c. ovarium b. vas deferens d. oviduk Sebutkan organ reproduksi perempuan beserta fungsinya masing-masing. Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Bagaimana cara mencegah penularan penyakit AIDS? Sebutkan cara reproduksi aseksual pada hewan dan berikan masing-masing contohnya. Eksperimen mengetahui terjadinya penyerbukan dan proses pembuahan pada tanaman (Kegiatan 2.4). | 6 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.17-54, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. | Sistem Koordinasi | · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem kordinasi dan alat indera pada manusia melalui studi pustaka. · Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem koordinasi dan alat indera pada manusia. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka. · Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera pada manusia besrta cara mengatasinya dari pusat kesehatan. · Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem kordinasi dan alat indera pada hewan melalui studi pustaka. | · Membandingkan bentuk organ penyusun sistem saraf pada manusia. · Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi. · Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya. · Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya · Mendeskripsikan struktur, mekanisme, dan fungsi sistem koordinasi serta alat indera pada hewan. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | Tes PG Uji petik kerja Tes uraian Proyek Tes uraian | Sel-sel saraf dinamakan .... a. neuron c. akson b. neurit d. dendrit Eksperimen mengetahui beberapa gerak refleks yang dilakukan manusia (Kegiatan 3.1). Bagaimana proses terlihatnya suatu benda oleh mata kita? Jelaskan. Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Mengapa burung memiliki penglihatan yang tajam dan keseimbangan yang baik | 6 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm. 55-100, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan | Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup | · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup. · Melihat peristiwa mekanisme seleksi alam dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup melalui video atau film. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran perkembangbiakan dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup. · Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup. | · Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup. · Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki. · Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam. · Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup. · Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes uraian Tes uraian Tes isian Tugas rumah | Cacing tanah adalah jenis hewan yang dapat mudah ditemukan di .... a. tempat teduh dan berair b. tanah liat berongga c. tanah berhumus d. tanah kering berongga Berikan suatu contoh terbentuknya spesies baru dari suatu organisme. Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam? Jelaskan dan berikan contohnya. Untuk melestarikan jenisnya makhluk hidup memiliki kemampuan untuk .... Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.101-122, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup. | Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi | · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya. · Merumuskan sifat gen dan kromosom. | · Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom dan gen ). · Membedakan pengertian sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediat. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes PG Tes uraian | Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat adalah .... a. nukleus c. nukleolus b. kromosom d. mitikondria Apakah perbedaan antara sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet? | 2 × 40' | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.123-127, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya. | Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi | · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada makhluk hidup. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada makhluk hidup. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang aplikasi teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari. | · Menentukan gamet dari genotip tetua atau induk. · Menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan. · Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes uraian Tugas rumah | Persilangan antara genotip AABB x aabb menghasilkan F1 dengan genotip .... a. AABB c. Abab b. AaBb d. AAaa Bbbb Jika suatu individu bergenotip BbKk disilangkan dengan sesamanya (BbKk), berapa hasil persilangan yang memiliki genotip bbkk. Jelaskan dengan bagan. Buatlah artikel tentang contoh teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari. Materi dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.127-146, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan. | Bioteknologi | · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia. · Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan. · Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga. | · Mendefinisikan pengertian bioteknologi. · Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan. · Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya. · Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tertulis Penugasan Tes tertulis Tes unjuk kerja | Tes uraian Proyek Tes PG Uji petik kerja prosedur | Apakah yang kalian ketahui tentang bioteknologi? Carilah informasi mengenai penemuan bioteknologi terkini. Buatlah dalam bentuk artikel dan beri pendapat kalian mengenai manfaat dan kerugian pada setiap hasil bioteknologi yang kalian temukan. Produk bioteknologi modern antara lain .... a. tempe, kecap, dan asam amino b. kecap, vaksin, dan enzim c. enzim, vaksin, dan antibiotik d. tempe, cuka, dan antibiotik Eksperimen mengetahui cara pembuatan tempe (Kegiatan 6.1). | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.147-165, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment