23 April 2011

Biologi SMP IX Silabus



BIOLOGI IX SILABUS

Silabus

Sekolah                   : SMP ..............................
Kelas                       : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran         : IPA Biologi
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.


Sistem Ekskresi

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka.

·          Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.

·           Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka.




·          Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan


·          Mendeskripsikan bentuk atau bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.



·          Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi.



·          Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.




·          Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.


Tes tertulis





Tes unjuk kerja



Penugasan








Tes tertulis

Tes PG





Uji petik kerja prosedur



Proyek








Tes uraian




Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah  adalah .... 
a. otak         c. ginjal
b. jantung    d. paru-paru
     

Eksperimen mengamati dan mempelajari alat-alat ekskresi pada manusia  (Kegiatan 1.1).


Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.

Penyakit apa yang terjadi pada hati? Jelaskan menurut pengetahuan kalian.

4 × 40’

Buku IPA Biologi
3 Esis hlm. 1-16, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum.

1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.


Sistem Reproduksi

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.

·           Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.

·           Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan pusat kesehatan.

·          Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan.

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada hewan.

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada tumbuhan.


·          Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.


·          Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi.



·          Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

·          Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi.



·          Mendeskripsikan sistem reproduksi pada hewan.



·          Mendeskripsikan sistem reproduksi pada tumbuhan.


Tes tertulis




Tes tertulis





Penugasan






Tes tertulis





Tes tertulis




Tes unjuk kerja


Tes PG




Tes uraian





Tugas rumah






Tes uraian





Tes uraian




Uji petik kerja prosedur



Pembentukan sel sperma terjadi di ....
 a. testis              c. ovarium
 b. vas deferens  d. oviduk

Sebutkan organ reproduksi perempuan beserta fungsinya masing-masing.



Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet.

Bagaimana cara mencegah penularan penyakit AIDS?




Sebutkan cara reproduksi aseksual pada hewan dan berikan masing-masing contohnya.


Eksperimen mengetahui terjadinya penyerbukan dan proses pembuahan pada tanaman (Kegiatan 2.4).

6 × 40’

Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.17-54, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum.

1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.


Sistem Koordinasi

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem kordinasi dan alat indera pada manusia melalui studi pustaka.

·          Mengamati torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem koordinasi dan alat indera pada manusia.

·          Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya  melalui studi pustaka.



·          Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera pada manusia besrta cara mengatasinya dari pusat kesehatan.

·          Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem kordinasi dan alat indera pada hewan melalui studi pustaka.


·          Membandingkan bentuk organ penyusun sistem saraf pada manusia.



·          Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf  dalam sistem koordinasi.

·          Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya.







·          Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya


·          Mendeskripsikan struktur, mekanisme, dan fungsi  sistem koordinasi serta alat indera pada hewan.

Tes tertulis





Tes unjuk kerja



Tes tertulis








Penugasan






Tes tertulis

Tes PG





Uji petik      kerja



Tes uraian








Proyek






Tes uraian





Sel-sel saraf dinamakan ....
 a. neuron              c. akson
 b. neurit               d. dendrit


                                                                                         
Eksperimen mengetahui beberapa gerak refleks yang dilakukan manusia  (Kegiatan 3.1).


Bagaimana proses terlihatnya  suatu benda oleh mata kita? Jelaskan.







Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet.

Mengapa burung memiliki penglihatan yang tajam dan keseimbangan yang baik




6 × 40’

Buku IPA Biologi 3 Esis hlm. 55-100, buku referensi yang  relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum.


Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

2.1  Mengidentifikasi   kelangsungan hidup  makhluk hidup melalui  adaptasi, seleski alam,  dan perkembangbiakan


Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup.


·          Melihat peristiwa mekanisme seleksi alam dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup melalui video atau film.

·           Mencari informasi melalui studi pustaka tentang hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam.

·           Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran  perkembangbiakan dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup.

·          Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup.


·          Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.



·          Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki.

·          Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam.


·          Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup.





·          Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.


Tes tertulis






Tes tertulis





Tes tertulis




Tes tertulis







Penugasan

Tes PG






Tes uraian





Tes uraian




Tes isian







Tugas rumah



Cacing tanah adalah jenis hewan yang dapat mudah  ditemukan di ....
a. tempat teduh dan berair
b. tanah liat berongga
c. tanah berhumus
d. tanah kering berongga

Berikan suatu contoh terbentuknya spesies baru dari suatu organisme.




Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam? Jelaskan dan berikan contohnya.


Untuk melestarikan jenisnya makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....





Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan.

4 × 40’

Buku IPA Biologi 3 Esis  hlm.101-122, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.

2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.


Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi


·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya.

·          Merumuskan sifat gen dan kromosom.

·          Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom dan gen ).


·          Membedakan pengertian sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediat.


Tes tertulis





Tes tertulis

Tes PG





Tes uraian

Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat adalah ....
a. nukleus              c. nukleolus
b. kromosom         d. mitikondria


Apakah perbedaan antara sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet?

2 × 40'

Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.123-127,  buku referensi yang relevan, dan lingkungan. 




2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya.

Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi


·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada makhluk hidup.


·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada makhluk hidup.


·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang aplikasi teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.

·          Menentukan gamet dari genotip tetua atau induk.




·          Menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan.



·          Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak teknologi reproduksi dalam  kehidupan sehari-hari.



Tes tertulis





Tes tertulis





Penugasan 

Tes PG





Tes uraian





Tugas rumah






Persilangan antara genotip  AABB x aabb menghasilkan F1  dengan genotip ....
 a. AABB               c. Abab
 b. AaBb                 d. AAaa Bbbb

Jika suatu individu bergenotip BbKk disilangkan dengan sesamanya (BbKk), berapa hasil persilangan yang memiliki genotip bbkk. Jelaskan dengan bagan.

Buatlah artikel tentang contoh teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari. Materi dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.


4 × 40’

Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.127-146,  buku referensi yang relevan, dan lingkungan. 

2.4  Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.


Bioteknologi

·          Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi.

·           Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia.


·           Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

·          Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di  lingkungan rumah tangga.


·          Mendefinisikan pengertian bioteknologi.



·          Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.





·          Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya.



·          Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.


Tes tertulis




Penugasan







Tes tertulis






Tes unjuk kerja





Tes uraian




 Proyek

  





Tes PG






Uji petik kerja prosedur




Apakah yang kalian ketahui tentang bioteknologi?



Carilah informasi mengenai penemuan bioteknologi terkini. Buatlah dalam bentuk artikel dan beri pendapat kalian mengenai manfaat dan kerugian pada setiap hasil bioteknologi yang kalian temukan.

Produk bioteknologi modern antara lain ....
a. tempe, kecap, dan asam amino
b. kecap, vaksin, dan enzim
c. enzim, vaksin, dan antibiotik
d. tempe, cuka, dan antibiotik

Eksperimen mengetahui cara pembuatan tempe (Kegiatan 6.1).




4 × 40’

Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.147-165, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum.



............................................................

Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala SMP ............                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran





..............................................                                                                                                                                                                                                                                                  ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                          NIP 

No comments: