23 April 2011

Biologi SMP IX RPP 1



BIOLOGI IX RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
    1.    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
1.1.  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator
1.      Mendeskripsikan bentuk atau bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.
2.      Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi.
3.      Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
4.      Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian ekskresi.
2.      Menyebutkan fungsi sistem ekskresi.
3.      Menyebutkan alat ekskresi pada manusia.
4.      Menyebutkan sisa metabolisme pada manusia.
5.      Mengamati dan mempelajari alat ekskresi pada manusia.
6.      Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja ginjal.
7.      Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kulit.
8.      Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja paru-paru.
9.      Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja hati.
10.  Menyebutkan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.
11.  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada ginjal.
12.  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada hati.
13.  Menjelaskan sistem ekskresi pada hewan.

B. Materi Pembelajaran
         Sistem Ekskresi

C. Metode Pembelajaran
1.  Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
               2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Eksperimen
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
     -  Mengapa setiap hari kita mengeluarkan air seni pada saat buang air kecil?
     -  Apakah penyebab penyakit diabetes melitus?
·         Prasyarat pengetahuan:
    -   Apakah yang dimaksud dengan ekskresi?
    -   Apakah yang dimaksud dengan penyakit diabetes melitus?
·         Pra eksperimen:
    -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
        
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ekskresi.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi sistem ekskresi.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat ekskresi pada manusia.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sisa metabolisme pada manusia.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model torso manusia, gambar anatomi yang besar, atau model gambar tiga dimensi organ-organ ekskresi.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati dan mempelajari alat-alat ekskresi pada manusia
(Kegiatan 1.1 h.7).
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi dan prinsip kerja dari alat-alat ekskresi pada manusia ( ginjal, kulit, paru-paru, dan hati).
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa kelainan dan penyakit pada ginjal.
·         Peserta didik memperhatikan beberapa kelainan dan penyakit pada hati yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
       -   Apakah yang berfungsi sebagai alat ekskresi pada serangga?
       -   Zat sisa metabolisme apakah yang dikeluarkan oleh ginjal burung?
·       Prasyarat pengetahuan:
       -   Apakah yang dimaksud dengan buluh malpighi?
 -   Sebutkan alat ekskresi pada burung.
  
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem ekskresi pada hewan.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada serangga.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada ikan.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada amfibi.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada reptil.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada burung.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 1-16
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan
 d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-   Tes tertulis
-   Tes unjuk kerja
-   Penugasan
       

       b. Bentuk Instrumen:
-     Tes PG
-     Tes uraian
-     Uji petik kerja produk
-     Proyek
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
                         Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah adalah .... 
a. otak                                               c. ginjal
      b. jantung                                    d. paru-paru
-  Contoh tes uraian
Penyakit apa yang terjadi pada hati? Jelaskan menurut pengetahuan kalian.
-   Contoh proyek
Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.
           
                                                                          ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: