Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 4



BIOLOGI VIII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI
       
         Standar Kompetensi
                 1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
               1.4.  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan                                              kesehatan.

Indikator
1.      Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia.
2.      Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
3.      Membandingkan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
4.      Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan fungsi makanan bagi manusia.
2.      Menjelaskan fungsi karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh.
3.      Menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak.
4.      Menjelaskan fungsi protein sebagai bahan pembangun tubuh.
5.      Menyebutkan bahan makanan yang mengandung protein.
6.      Mengetahui adanya amilum, glukosa, lemak, dan protein pada beberapa bahan makanan.
7.      Menjelaskan fungsi mineral, vitamin, dan air sebagai pengatur dan pelindung tubuh.
8.      Menyebutkan sumber, fungsi, dan defisiensi dari berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia.
9.      Menyebutkan sumber, fungsi, dan defisiensi dari berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia.
10.  Menyebutkan fungsi air bagi tubuh manusia.
11.  Menyebutkan fungsi ASI (Air Susu Ibu) bagi bayi.
12.  Menjelaskan fungsi bahan tambahan makanan dan pengaruhnya bagi kesehatan tubuh.
13.  Membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
14.  Menyebutkan alat-alat pencernaan makanan pada manusia.
15.  Membedakan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.
16.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam mulut.
17.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
18.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung.
19.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus.
20.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar.
21.  Menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan.
22.  Menjelaskan sistem pencernaan pada hewan vertebrata.

B. Materi Pembelajaran
          Sistem Pencernaan

C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -   Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi atau sebagai bahan pembangun                                                                                                tubuh?
     -   Mengapa bila kita kekurangan kalsium tulang menjadi rapuh?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia?
      -   Apakah fungsi dari kalsium bagi tubuh manusia? 
l  Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi makanan bagi manusia.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai fungsi karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai fungsi dari protein sebagai bahan pembangun tubuh.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan makanan yang mengandung protein.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil 4 tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas beker, pipet, pembakar spiritus, kertas sampul (warna cokelat), tepung kanji, larutan gula, kuning telur, minyak goreng, larutan Iodin, larutan Biuret,  larutan Benedict (Fehling A dan B), dan etanol.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui adanya amilum (pati), glukosa, lemak, dan protein pada beberapa bahan makanan (Kegiatan 3.1 h.69).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi mineral, vitamin, dan air sebagai pengatur dan pelindung tubuh.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sumber, fungsi, dan defisiensi dari berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan fungsi air bagi tubuh manusia.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan fungsi ASI (Air Susu Ibu) bagi bayi dan fungsi bahan tambahan makanan serta pengaruhnya bagi kesehatan tubuh.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -   Apa yang terjadi pada makanan yang kita makan?
      -   Apakah fungsi tembolok pada burung?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Bagaimana cara kerja sistem pencernaan makanan pada manusia?
      -   Apakah yang dimaksud dengan tembolok?

  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model atau carta untuk mengamati alat-alat pencernaan pada manusia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat pencernaan makanan pada manusia.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l  Guru membagi tugas kelompok:
        -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang           terjadi di dalam mulut.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang            terjadi di dalam kerongkongan.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang            terjadi di dalam lambung.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang            terjadi di dalam usus halus.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses pencernaan makanan yang            terjadi di dalam usus besar.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem pencernaan pada hewan vertebrata.
l  Guru membagi tugas kelompok:
        -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pencernaan pada ikan.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pencernaan pada amfibi.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pencernaan pada reptil.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pencernaan pada burung.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk  menjelaskan sistem pencernaan pada hewan              memamah biak.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai sistem pencernaan pada manusia dan hewan vertebrata yang telah dipersiapkan oleh guru.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a.  Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 63-98
 b.  Carta dan video sistem pencernaan
       c.  Alat dan bahan praktikum
      
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -   Tes tertulis
                     -   Tes unjuk kerja
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Tes PG
   -   Tes isian
    -   Tes uraian
    -   Uji petik kerja produk
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Penyakit xeroftalmia dapat disebabkan oleh kekurangan ....
     a.  vitamin A                                           c.  vitamin C
     b.  vitamin B                                           d.  vitamin D
-  Contoh tes isian
    Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia adalah ....
-  Contoh tes uraian
        Bagaimana cara pemberian pertolongan pertama pada penderita diare?

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: