23 April 2011

Biologi SMP IX RPP 4



BIOLOGI IX RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI


Standar Kompetensi
             2.     Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
      2.1  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,                                seleski alam, dan perkembangbiakan.

Indikator
1.      Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.
2.      Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam dan hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki.
3.      Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam.
4.      Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup.
5.      Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian habitat.
2.      Menyebutkan berbagai macam habitat.
3.      Menjelaskan pengertian adaptasi.
4.      Membedakan adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
5.      Menyebutkan beberapa contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan.
6.      Menjelaskan pengertian seleksi alam.
7.      Menjelaskan pengertian evolusi.
8.      Menjelaskan faktor yang menyebabkan kepunahan suatu organisme.
9.      Menyebutkan beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah.
10.  Menjelaskan tujuan organisme melakukan perkembangbiakan.
11.  Menjelaskan pengertian tingkat reproduksi.
12.  Membedakan perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.
13.  Menyebutkan beberapa cara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif pada hewan dan tumbuhan.

B. Materi Pembelajaran
         Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
            
  2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok     
                          -   Ceramah
                           -   Observasi                         

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
     -   Apakah semua organisme mampu beradaptasi dengan lingkungannya?
     -   Mengapa organisme perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan adaptasi?
     -   Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian habitat.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan berbagai macam habitat.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian adaptasi.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam adaptasi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian seleksi alam.
·         Peserta didik memperhatikan mekanisme seleksi alam yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
·         Guru memberikan beberapa soal untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa dinosaurus mengalami kepunahan?
       -   Mengapa suatu organisme harus berkembang biak?
·       Prasyarat pengetahuan:
       -   Faktor apakah yang menyebabkan kepunahan suatu jenis organisme?
 -   Apakah yang dimaksud dengan berkembang biak?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian evolusi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa contoh organisme yang mengalami evolusi.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan faktor yang menyebabkan kepunahan suatu organisme.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan organisme melakukan perkembangbiakan.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian tingkat reproduksi.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa cara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif pada hewan dan tumbuhan.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 101-122
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
-    Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-    Tes PG
-    Tes uraian
-    Tes isian
-    Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
                       Cacing tanah adalah jenis hewan yang dapat mudah ditemukan di ....
                          a. tempat teduh dan berair                  c. tanah berhumus dan basah
                                 b. tanah liat berongga                         d. tanah kering berongga
                         -  Contoh tes isian
                                  Untuk melestarikan jenisnya makhluk hidup memiliki kemampuan
                         untuk ....
-  Contoh tes uraian
                       Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam? Jelaskan dan berikan                          contohnya.
-  Contoh tugas rumah
Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan.

                                                                          ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: