BIOLOGI VIII SILABUS
Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Standar Kompetensi : 1.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup | Pertumbuhan dan Perkembangan | · Melakukan studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan. · Mencari informasi melalui nara sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, petani, peternak) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. · Mengamati melalui gambar atau video proses metamorfosis dan metagenesis. · Melakukan percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya. | · Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. · Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. · Membandingkan metamorfosis dan metagenesis. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Tes uraian Tes uraian Tes isian | Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Pergiliran keturunan antara fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup disebut .... | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 1-21, carta metamorfosis dan metagenesis, video pertumbuhan dan perkembangan. |
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia | Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia | · Melihat gambar dan/ atau tayangan perkembangan manusia. · Mengkaji pustaka tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia. | · Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa. · Membedakan ciri anak-anak dan remaja. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes isian Tes uraian | Setelah terjadi pembuahan ovum oleh sperma, zigot akan tumbuh menjadi .... Jelaskan ciri-ciri seks sekunder pada remaja perempuan yang mengalami masa pubertas. | 2 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm.22-34, carta, dan video perkembangan manusia |
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | Sistem Gerak | · Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem gerak pada manusia. · Studi pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang, otot, dan sendi. · Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot. | · Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia. · Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh. · Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya. · Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. | Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja Penugasan | Tes PG Tes isian Tes identifikasi Tugas rumah | Tulang rusuk melayang berjumlah.... a. dua pasang b. tiga pasang c. empat pasang d. lima pasang Hubungan antartulang yang dapat menimbulkan gerakan bebas disebut....... Isilah tabel berikut yang memuat macam sendi, arah gerakan, dan contohnya. Buatlah kliping yang menarik mengenai berbagai kelainan dan penyakit pada tulang. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 35-62, video sistem gerak, dan carta sistem gerak. |
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | Sistem Pernapasan | · Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia. · Melihat gambar dan/ atau video tentang proses ekspirasi dan inspirasi pada proses pernapasan. · Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan. | · Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia. · Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan. · Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes uraian Tugas rumah | Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada .... a. alveolus c. bronkus b. trakea d. pulmo Buatlah tabel yang menjelaskan perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi. Buatlah sebuah artikel mading berwarna tentang flu burung dengan 3 orang teman kalian. Jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyakit tersebut | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 99-118, carta dan video sistem pernapasan, alat dan bahan praktikum |
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | Sistem Peredaran Darah | · Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia. · Studi pustaka fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah. · Melihat carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah manusia. · Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah. | · Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia. · Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah, dan darah dalam sistem peredaran darah. · Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | Tes PG Tes uraian Tugas rumah Tes uraian | Bagian darah yang berfungsi menjaga tubuh dari infeksi penyalit adalah .... a. sel darah merah b. sel darah putih c. keping-keping darah d. plasma darah Apa perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik? Buatlah sebuah poster berwarna mengenai jantung berukuran 50 cm x 40 cm dan tempelkan di mading. Berikan 3 contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan jelaskan bagaimana cara mengatasinya | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 119-140, video sistem peredaran darah dan carta sistem peredaran darah |
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan | Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan | · Mengamati struktur jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop. · Mengidentifikasi letak epidermis, kortek, dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh tumbuhan. | · Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun. · Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan. · Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan. | Tes tertulis Tes Unjuk kerja Tes tertulis | Tes PG Uji petik kerja produk Tes uraian | Keluar masuknya O2 dan CO2 pada batang tumbuhan terjadi di .... a. lenti sel c. epidermis b. stomata d. xilem Eksperimen untuk melihat jaringan pengangkut pada batang (Kegiatan 6.2). Jelaskan cara penyerapan air dan mineral dari dalam tanah oleh rambut-rambut akar tumbuhan. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 141-165 carta struktur tubuh tumbuhan dan alat serta bahan praktikum |
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau | Fotosintesis | · Studi pustaka untuk merumuskan tentang konsep fotosintesis dan transformasi energi. · Melakukan percobaan proses fotosintesis. · Mencari informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. | · Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis. · Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis. · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes PG Uji petik kerja produk Tes uraian | Proses fotosintesis pada sel daun terjadi di dalam .... a. kloroplas c. inti sel b. vakuola d. dinding sel Eksperimen guna mengetahui cahaya matahari dan klorofil diperlukan dalam proses fotosintesis (Kegiatan 7.2dan Kegiatan 7.3). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan secara singkat. | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 175-190, lingkungan, alat dan bahan praktikum |
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan | Gerak Tumbuhan | · Studi pustaka untuk merumuskan macam-macam gerak pada tumbuhan. · Mengidentifikasi berbagai macam gerak pada tumbuhan di sekitar lingkungan. · Melakukan percobaan gerak tropisme dan nasti. | · Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan. · Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti. | Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja | Tes PG Tes isian Uji petik kerja produk | Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak .... a. geotropis c. nasti b. pototropis d. tropis Buat tabel perbedaan antara gerak tropisme dan gerak nasti, kemudian beri masing-masing contohnya. Eksperimen membuktikan apakah biji yang sedang berkecambah menanggapi rangsangan gravitasi bumi (Kegiatan 8.1). | 4 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 191-200, lingkungan, alat dan bahan praktikum |
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari | Hama dan Penyakit pada Tumbuhan | · Studi pustaka untuk merumuskan konsep hama dan penyakit. · Melihat carta, gambar dan/atau tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tumbuhan. | · Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit pada tanaman. · Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tertulis Penugasan | Tes uraian Tugas proyek | Apa perbedaan antara hama dan penyakit tanaman? Berikan contohnya. Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama dan penyakit pada tanaman. Kemudian buatlah laporannya dalam bentuk tertulis. | 2 × 40’ | Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 1, lingkungan, video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tanaman |
.
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment