23 April 2011

Fisika SMP VIII RPP 6



FISIKA VIII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA


Standar Kompetensi
              6.     Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam                                produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              6.1.  Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

Indikator
1.    Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari.
2.    Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran.
3.    Membedakan karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
4.    Mendeskripsikan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian getaran.
2.      Menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mengamati getaran.
4.      Membedakan antara simpangan dan amplitudo.
5.      Menjelaskan pengertian periode suatu getaran.
6.      Menentukan periode getaran.
7.      Mengamati kaitan antara periode dan amplitudo.
8.      Menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran.
9.      Menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran.
10.  Menjelaskan pengertian gelombang.
11.  Mengamati gelombang pada tali.
12.  Menjelaskan gelombang membawa energi selama perambatannya.
13.  Membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
14.  Menjelaskan pengertian gelombang transversal.
15.  Menyebutkan contoh gelombang transversal.
16.  Mengamati gelombang transversal pada slinki.
17.  Menjelaskan pengertian istilah-istilah yang berkaitan dengan gelombang transversal.
18.  Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal.
19.  Menyebutkan contoh gelombang longitudinal.
20.  Mengamati gelombang longitudinal pada slinki.
21.  Menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang.
22.  Menjelaskan pengertian panjang gelombang.
23.  Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
24.  Menjelaskan pemantulan gelombang.
25.  Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
          Getaran dan Gelombang

C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                 -  Cooperative Learning
             2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                       -  Eksperimen
                       -  Observasi
                                  -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
    -   Apakah yang terjadi jika senar gitar kita petik?
     -   Bagaimana cara mengukur periode suatu getaran?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan getaran?
     -   Apakah yang dimaksud dengan periode? 
·         Pra eksperimen:
-   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian getaran.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah mistar plastik, sebuah gitar, sebuah bola pingpong, seutas benang, sebuah pegas, beban bermassa 50 g, dan sebuah statif.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati getaran (Kegiatan 4.1 h.90).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara simpangan dan amplitudo getaran.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian periode getaran.
·         Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen  menentukan periode getaran.
·         Peserta didik melakukan eksperimen secara berkelompok dengan menggunakan sebuah bola pingpong, seutas benang, sebuah statif, dan sebuah stopwatch (Kegiatan 4.3 h.91-92).
·         Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan periode suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan periode suatu getaran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
     -   Apakah pertambahan amplitudo diikuti pertambahan periode?
     -   Bagaimana menentukan frekuensi suatu getaran?
·       Prasyarat pengetahuan:
     -   Bagaimana kaitan antara periode dan amplitudo?
     -   Apakah yang dimaksud dengan frekuensi?
·         Pra eksperimen:
 -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

   b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaitan antara periode dan amplitudo.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah pegas dan sebuah beban.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati kaitan antara periode dan amplitudo (Kegiatan 4.4 h.92-93).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian frekuensi.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan antara frekuensi dengan periode suatu getaran.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan frekuensi suatu getaran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
       -   Apakah yang terjadi ketika sebutir kerikil dilempar ke permukaan air            kolam yang tenang?
     -   Apakah gelombang air tergolong gelombang transversal?
·       Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang?
      -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang transversal?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
 
            b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil seutas tali kurang lebih 3 m dan potongan kertas.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang pada tali (Kegiatan 4.5 h.96).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru bahwa gelombang membawa energi selama perambatannya.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang transversal.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang transversal pada slinki.
·         Peserta didik melakukan eksperimen secara berkelompok dengan menggunakan sebuah slinki (Kegiatan 4.7 h.97).
·         Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan istilah-istilah yang berkaitan dengan gelombang transversal.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

   c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
       -   Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
       -   Mengapa gelombang yang datang dari tengah laut akan dipantulkan             kembali ke tengah laut saat mencapai pantai?
·       Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?
       -   Apa yang terjadi jika gelombang yang merambat menumbuk suatu   permukaan yang keras?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
 
            b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang longitudinal.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang       longitudinal dalam kehidupan sehari-hari.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah slinki.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang longitudinal pada slinki (Kegiatan 4.8 h.98).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan cepat rambat gelombang yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan cepat rambat gelombang untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan gelombang.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

   c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.2 (Esis) halaman 89-108
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -   Tes tertulis
                     -   Tes unjuk kerja
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Tes isian
    -   Tes PG
    -   Tes uraian
    -   Uji petik kerja prosedur
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes isian
  Gerakan bolak-balik secara berkala di sekitar posisi setimbangnya
                              disebut ....    
-  Contoh tes PG
                              Sebuah vibrator dengan frekuensi 6 Hz dimasukkan ke dalam tangki air                        menghasilkan panjang gelombang 0,02 m. Maka cepat rambat                                              gelombangnya adalah ....
                               a. 3 m/s                                         c. 30 m/
                               b. 0,02 m/s                                    d. 0,12 m/s
         -   Contoh tes uraian
Apa yang membedakan gelombang transversal dengan gelombang longitudinal? Berikan contohnya masing-masing.

...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                          NIP.                         

No comments: