Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Fisika SMP VIII RPP 3



FISIKA VIII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
            5.    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
            5.3  Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan                             energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.      Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan
sehari-hari.
2.      Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak.
4.      Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan
sehari-hari.
5.      Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha.
6.      Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian energi.
2. Menyebutkan satuan energi.
3. Menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan
sehari-hari.
5. Mengamati perubahan bentuk energi.
6. Menyebutkan hukum kekekalan energi.
7. Menjelaskan pengertian energi mekanik.
8. Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial.
9. Menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi mekanik.
10.  Menjelaskan pengertian usaha.
11.  Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha.
12.  Membedakan usaha yang bernilai positif dan usaha yang bernilai negatif.
13.  Menghitung usaha oleh beberapa buah gaya.
14.  Menjelaskan pengertian daya.
15.  Menyebutkan satuan daya.
16.  Menentukan besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
         Energi dan Usaha


C. Metode Pembelajaran
1.    Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                  -  Eksperimen
                                 -  Observasi
                         -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
      -   Mengapa setelah melakukan sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas?
      -   Dapatkah manusia menciptakan energi?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan energi?
      -   Apakah bunyi hukum kekekalan energi? 
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan energi.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perubahan energi.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lampu listrik, setrika listrika, dua batang kayu kering, sebongkah batu, dua batang besi, senter dan baterainya, aki mobil, lampu bohlam 12 V, dan dua utas kabel.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan bentuk energi (Kegiatan 2.2 h.32).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi.
·         Perwakilan peserta didik untuk menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi mekanik.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial dan energi kinetik.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan energi potensial dan energi kinetik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
     -   Apakah syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan?
     -   Apakah lifter yang mengangkat beban tergolong melakukan usaha?
·       Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan hukum kekekalan energi mekanik?
     -   Apakah yang dimaksud dengan usaha?

   b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi mekanik.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi mekanik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian usaha.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan usaha yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kaitan usaha dan energi.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara usaha yang bernilai positif dan usaha yang bernilai negatif.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya yang disampaikan oleh guru.

·         Guru memberikan beberapa soal menentukan usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian daya.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan daya yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan daya yang dilakukan suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    
   c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.2 (Esis) halaman 29-43
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum
  d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                    -   Tes lisan
              -   Tes tertulis
              -   Tes unjuk kerja
             b. Bentuk Instrumen:
   -   Daftar pertanyaan
   -   Tes PG
                     -   Tes uraian
                     -   Uji petik kerja produk
             c. Contoh Instrumen:
-  Contoh daftar pertanyaan
                          Sebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
-  Contoh tes PG
Seorang atlet angkat berat menyangga beban seberat 700 N dengan      tangannya pada ketinggian 2 m. Usaha yang dilakukan atlet itu adalah ....
                           a. 1.400 J                                  c. 350 J
      b. 700 J                                    d. nol
-      Contoh tes isian
Energi yang tersimpan dalam benda karena posisinya terhadap acuan tertentu disebut ....

-  Contoh tes uraian
Listrik yang terpasang pada sebuah rumah mempunyai daya 450 VA. Berapakah energi maksimal yang dapat digunakan oleh pemilik rumah selama 1 jam?
     
                                                           .............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: