BIOLOGI IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Standar Kompetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.
Indikator
1. Mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom dan gen).
2. Membedakan pengertian sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediat.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian genetika.
2. Menyebutkan faktor pembawa sifat pada organisme.
3. Menjelaskan pengertian kromosom.
4. Menjelaskan bagian-bagian kromosom.
5. Membedakan kromosom haploid (n) dan kromosom diploid (2n).
6. Menjelaskan pengertian gen.
7. Menjelaskan bagian-bagian gen.
8. Membedakan sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet.
9. Menuliskan bagan penurunan sifat dari hasil persilangan.
B. Materi Pembelajaran
Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah yang menentukan sifat individu? Dimanakah letaknya?
- Buatlah bagan penurunan sifat dominan dari hasil persilangan dua individu yang berbeda?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gen?
- Apakah yang dimaksud dengan sifat dominan?
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian genetika.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor pembawa sifat pada organisme.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kromosom.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan bagian-bagian kromosom.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan kromosom haploid (n) dan kromosom diploid (2n) .
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gen.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan bagian-bagian gen yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penulisan bagan penurunan sifat dari hasil persilangan dua individu yang berbeda.
· Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan penurunan sifat hasil persilangan antara dua individu yang berbeda yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal menentukan penurunan sifat hasil persilangan antara dua individu yang berbeda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 123-127
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat adalah ....
a. nukleus c. nukleolus
b. kromosom d. mitokondria
- Contoh tes uraian
Apakah perbedaan antara sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet?
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
1 comment:
terima kasih ya pak, referensinya.. sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas ujian :)
Post a Comment