Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 6



BIOLOGI VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    6.   Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

Kompetensi Dasar        :    6.3  Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

Indikator                      :    1.    Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengama-tan menggunakan mikroskop.
                                           2.    Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya.
                                           3.    Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berda-sarkan hasil pengamatan..
                                           4.    Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh organisme.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian sel.
2.          Menjelaskan bagian-bagian sel.
3.          Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.
4.          Mengamati bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
5.          Menjelaskan pengertian jaringan.
6.          Menyebutkan macam-macam jaringan pada vertebrata dan manusia.
7.          Menyebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan.
8.          Mengenal jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
9.          Menjelaskan fungsi dari macam-macam jaringan.
10.      Menjelaskan pengertian organ.
11.      Menyebutkan macam-macam organ pada vertebrata dan manusia.
12.      Menyebutkan macam-macam organ pada tumbuhan.
13.      Menjelaskan fungsi dari macam-macam organ.
14.      Menjelaskan pengertian sistem organ.
15.      Menyebutkan berbagai sistem organ pada vertebrata dan manusia.
16.      Menyebutkan macam-macam sistem organ pada tumbuhan.
17.      Menjelaskan fungsi dari macam-macam sistem organ.
18.      Menjelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
Materi Pembelajaran   :    Keragaman Pada Sistem Organisasi Kehidupan
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Direct Instruction (DI)
                                            -                                  Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi
                                           -      Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -     Tahukah kalian bahwa telur ayam merupakan sel berukuran raksasa?
              -     Bagaimana air dan garam-garam mineral mengalir dari akar sampai ke daun?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -     Apakah yang dimaksud dengan sel?
              -     Apakah fungsi dari jaringan xilem?
       .      Pra eksperimen
              -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian sel.
       .      Peserta didik memperhatikan model replika sel tumbuhan dan sel hewan yang dibawa guru.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok (bersama guru) mendiskusikan bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cotton bud atau pembersih telinga, gelas benda, gelas penutup, pipet, mikroskop dan metilen biru.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendapat lembar eksperimen yang memuat langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang terdapat pada lembar eksperimen.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian jaringan.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengenal jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru dengan menggunakan gelas benda, gelas penutup, silet, pipet, gabus, mikroskop dan daun tumbuhan.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi dari macam-macam jaringan pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal

PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -     Jaringan apa sajakah yang menyusun mata?
              -     Tubuh manusia terdiri dari berapa sistem organ?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -     Apakah yang dimaksud dengan organ?
              -     Apakah yang dimaksud dengan sistem organ?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian organ dan menyebutkan macam-macam organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai fungsi dari macam-macam organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik memperhatikan model replika organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia yang dibawa oleh guru.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian  sistem organ dan menye-butkan macam-macam sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
       .      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan fungsi dari sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
       .      Wakil tiap kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi secara di depan kelas.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik memperhatikan model replika sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia yang dibawa oleh guru.
       .      Guru menjelaskan urutan terbentuknya organisasi kehidupan dan memberikan pertanyaan kepada peserta didik  sebagai umpan balik terhadap pemahaman materi.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 79-100
b.    Buku referensi yang relevan
c.    Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja produk
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
        -     Uji petik kerja prosedur
        -     PG
        -     Uraian
c.    Contoh Instrumen:
         -    Contoh uji petik kerja prosedur                     
              Catatlah pada tabel pengamatan, bagian sel mana yang dimiliki atau tidak dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan.
Bagian sel
Sel hewan
Sel tumbuhan
  Dinding sel


  Membran sel


  Inti sel
+
+
  Kloroplas


  Vakuola


  Badan golgi


  Retikulum endoplasma


  Mitokondria


  Nukleolus


       -      Contoh tes PG
              Organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan dan tidak terdapat pada sel hewan adalah....
              a. inti sel                                                              c.    vakuola
              b. plastida                                                       d.        selaput sel                                                 
       -      Contoh tes uraian
              Sebutkan jaringan yang terdapat pada tumbuhan beserta fungsinya.
                                                            ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: