BIOLOGI VIII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
1.5. Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator
1. Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
2. Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian pernapasan (respirasi).
2. Membedakan pernapasan eksternal dan pernapasan internal.
3. Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi di dalam tubuh manusia.
4. Menyebutkan alat-alat pernapasan pada manusia.
5. Menjelaskan karakteristik dan fungsi alat-alat pernapasan pada manusia.
6. Mengamati bagian-bagian alat pernapasan pada manusia.
7. Membedakan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
8. Menjelaskan mekanisme pernapasan dada pada manusia.
9. Menjelaskan mekanisme pernapasan perut pada manusia.
10. Menjelaskan pengertian volume paru-paru.
11. Membedakan volume total, volume tidal, dan volume residu dari volume udara pernapasan.
12. Mengamati cara kerja paru-paru dengan alat bantu model paru-paru.
13. Menjelaskan proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida selama proses pernapasan.
14. Menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
15. Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
16. Menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan.
17. Menyebutkan racun yang terkandung dalam rokok.
18. Menyebutkan penyakit yang diakibatkan oleh merokok.
19. Menjelaskan sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
B. Materi Pembelajaran
Sistem Pernapasan
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apa yang dirasakan jika kita berada di ruangan yang terbatas dan tertutup?
- Apa yang kita keluarkan sewaktu bernapas?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan pernapasan?
- Apakah yang dimaksud dengan proses ekspirasi?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pernapasan (respirasi).
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan pernapasan eksternal dan pernapasan internal.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pernapasan yang terjadi di dalam tubuh manusia
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat pernapasan pada manusia.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model atau carta untuk mengamati bagian-bagian alat pernapasan pada manusia.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan fungsi alat-alat pernapasan pada manusia.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan manusia.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian volume paru-paru.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan voleme total, volume tidal, dan volume residu dari volume pernapasan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil botol dari gelas berbentuk seperti bel, karet berupa lembaran, tali karet, penutup botol, pipa terbuat dari gelas berbentuk huruf Y, dan balon.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati cara kerja paru-paru dengan alat bantu model paru-paru (Kegiatan 4.2 h.105).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pertukaran oksigen dan karbon dioksida selama proses pernapasan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan penyakit yang diakibatkan oleh merokok.
- Alat apakah yang digunakan ikan pada waktu bernafas?
l Prasyarat pengetahuan:
- Sebutkan racun yang terkandung dalam rokok.
- Bagaimana mekanisme pernapasan pada ikan?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
l Guru menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bahaya merokok bagi kesehatan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan racun yang terkandung dalam rokok.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan penyakit yang diakibatkan oleh merokok.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem pernapasan pada hewan.
l Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pernapasan pada ikan.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pernapasan pada amfibi.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pernapasan pada reptil.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pernapasan pada burung.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem pernapasan pada mamalia
l Tugas kelompok diberkan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l Setiap kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai sistem pernapasan pada manusia dan hewan vertebrata yang telah dipersiapkan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 99-118
b. Carta dan video sistem pernapasan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada ....
a. alveolus c. bronkus
b. trakea d. pulmo
- Contoh tes uraian
Buatlah tabel yang menjelaskan perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi.
- Contoh tugas rumah
Buatlah sebuah artikel mading berwarna tentang flu burung dengan 3 orang teman kalian. Jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyakit tersebut, mulai:
- sejarah flu burung - apa penyebabnya
- gejalanya - cara mengatasinya
Kalian dapat membuat artikel tersebut dalam poster berukuran 50 cm x 40 cm kemudian disajikan semenarik mungkin. Kalian dapat mempresentasikan artikel tersebut kemudian menempelnya di mading kelas atau mading sekolah. ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment