Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 9



BIOLOGI VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    7.   Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

Kompetensi Dasar        :    7.3  Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan lingku-ngan.

Indikator                      :    1.    Memprediksi hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih.
                                           2.    Memprediksi hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan.
                                           3.    Memprediksi hubungan antara populasi penduduk dengan keterse-diaan lahan.
                                           4.    Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk dengan kerusakan lingkungan.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

1.          Menjelaskan pengertian penduduk.
2.          Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
3.          Menyebutkan syarat-syarat air bersih.
4.          Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
5.          Menjelaskan pengertian udara bersih.
6.          Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
7.          Menyebutkan dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya produksi pangan.
8.          Menjelaskan dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan.
9.          Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
10.      Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap pencemaran lingkungan.
11.      Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap terbatasnya ruang gerak. 
Materi Pembelajaran   :    Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Problem Based Instruction (PBI)
                                                  -                                  Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi
                                           -      Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA


a.    Kegiatan Pendahuluan
       .    Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa manusia membutuhkan air bersih?
            -     Dapatkah kalian memberikan contoh lahan yang semestinya tidak digunakan untuk pemukiman?
       .    Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah syarat-syarat air bersih?
            -     Apakah dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan?

b.    Kegiatan Inti
       .    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .    Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan sekitar.
       .    Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian penduduk.
       .    Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan akibat kepadatan populasi manusia.
       .    Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat-syarat air bersih.
       .    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
       .    Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian udara bersih.
       .    Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan cara mendapatkan udara bersih.
       .    Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
       .    Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .    Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .    Peserta didik (bersama guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat dari majalah, koran atau media lainnya yang memuat akibat kepadatan populasi manusia.
       .    Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan, ketersediaan lahan dan kerusakan lingkungan.
       .    Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan dampak kepadatan penduduk yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan terbatasnya ruang gerak.
       .    Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok lainnya.
       .    Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 171-182
b.    Buku referensi yang relevan
c.    Gambar dan foto

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uraian
       -      PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes uraian
              Berikan empat contoh kerusakan lingkungan akibat peningkatan populasi manusia.
       -      Contoh tes PG
Air bersih merupakan air yang memenuhi syarat kualitas fisika, kimia dan biologi. Syarat biologi yaitu air....
a.       tidak mengandung kuman-kuman penyakit
b.       tidak mengandung zat-zat yang mengandung penyakit           
c. jernih dan tidak berubah warna
d.  jernih, tidak berasa, dan tidak berbau
                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran

.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: