Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 8



BIOLOGI VII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    7.   Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

Kompetensi Dasar        :    7.2  Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.

Indikator                      :    1.    Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka.
                                           2.    Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi.
                                           3.    Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.
                                           4.    Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan dan hewan  langka yang dilindungi.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

1.          Menyebutkan makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
2.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
3.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
4.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
5.          Menjelaskan  klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
6.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
7.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
8.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom tumbuhan (plantae).
9.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh lumut.
10.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan paku.
11.      Membedakan lumut (bryophyta) dan tumbuhan paku (pterydophyta).
12.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).
13.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
14.      Membedakan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
15.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
16.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
17.      Membedakan tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan  tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
18.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
19.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
20.      Membedakan kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).
21.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati.
22.      Menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
23.      Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
24.      Membedakan cagar alam dan suaka margasatwa.
25.      Membedakan taman nasional, taman wisata dan taman laut.

Materi Pembelajaran   :    Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Upaya Pelestariannya

Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Direct Instruction (DI)
                                                  -                                  Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi
           

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -   Bakteri apakah yang digunakan untuk membuat fermentasi keju?
              -   Apakah manfaat dari ganggang merah (rhodophyta)?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah keuntungan bakteri bagi manusia?
              -    Apakah ciri-ciri dari ganggang merah (rhodophyta)?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah untuk mengamati dan mencatat makhluk hidup.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan  makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom monera.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom monera.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom monera.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom protista.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom protista.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom protista.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom jamur (fungi).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom jamur (fungi).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom jamur (fungi).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -   Apakah perbedaan antara lumut dan tumbuhan paku?
              -   Pohon kelapa tergolong tumbuhan berkeping satu atau tumbuhan berkeping dua?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah ciri-ciri dari tumbuhan paku?
              -    Apakah ciri-ciri dari tumbuhan berkeping satu?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah mengamati dan mencatat tumbuhan.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri kingdom tumbuhan (plantae).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta mengamati lumut yang ada di tempat lembab dan basah.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh lumut.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mengamati tumbuhan paku yang ada di lingkungan sekolah (dibawa oleh guru).
       .      Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis dan ciri-ciri tumbuhan paku yang ditemui.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan paku.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari tumbuhan paku.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan lumut dan tumbuhan paku.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mengamati dan mencatat tumbuhan di lingkungan sekolah.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mengamati dan mencatat tumbuhan biji tertutup yang ada di lingkungan sekolah.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua  (dicotyledoneae).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
                  


PERTEMUAN KETIGA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -   Cacing tanah tergolong cacing gelang atau cacing gilig?
              -    Mengapa badak bercula satu perlu dilindungi?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah ciri-ciri dari cacing gelang?
              -    Apakah manfaat dari suaka margasatwa?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah mengamati dan mencatat hewan.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri kingdom hewan (animalia).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mengamati hewan di lingkungan sekolah dan di laboratorium (hewan yang diawetkan).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari hewan bertulang belakang (vertebrata).
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara  hewan tidak bertu-lang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian sumber daya alam hayati.
       .      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang telah langka di Indonesia.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan perbedaan cagar alam dan suaka margasatwa.
       .      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan tempat-tempat cagar alam dan suaka margasatwa yang ada di Indonesia.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru menjelaskan perbedaan antara taman nasional, taman wisata dan taman laut kemudian memberikan pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 131-170
b.    Alat dan bahan praktikum
c.    Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes lisan                            
       -      Tes tertulis
       -      Penugasan
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Daftar pertanyaan             
       -      Isian
-      PG
       -      Tugas rumah
c.    Contoh Instrumen
       -    Contoh tes lisan
            Sebutkan 2 contoh hewan dan tumbuhan langka di Indonesia.
       -    Contoh tes PG
            Bakteri digolongkan ke dalam kingdom....
            a.    protista                                                           c.    jamur
            b.    monera                                                           d.   animalia
       -    Contoh isian
            Isilah tabel di bawah ini dengan menulis “ya” atau “tidak” pada kolom yang telah disediakan.

Bagian tumbuhan
Tumbuhan
Ganggang
Lumut
Paku
Gymnospermae
Angiosspermae
Akar sejati





Batang sejati





Daun sejati





Xilem dan floem





Menghasilkan spora





Biji terletak terbuka di stobilus





Biji tertutup di dalam buah






       -    Contoh tugas rumah
            Lakukan pengamatan secara berkelompok terhadap beberapa hewan di sekitar tempat tinggal kalian dan catatlah hasil pengamatan pada tabel pengamatan di bawah ini.
Nama hewan
Tulang belakang
Anggota tubuh
Perkembangbiakan
Tempat hidup
Kucing
+
4 buah kaki
Beranak
darat













































                                                                                                                   
                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: