Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP IX RPP 6



BIOLOGI IX RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
             2.    Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
              2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta                                    penerapannya.

Indikator
1.    Menentukan gamet dari genotip tetua atau induk.
2.    Menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan.
3.    Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak teknologi reproduksi dalam  kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian genotip.
2.      Menuliskan simbol gen pada proses persilangan.
3.      Membedakan homozigot dan heterozigot.
4.      Menjelaskan simbol-simbol dalam persilangan.
5.      Menyebutkan macam-macam persilangan.
6.      Menyebutkan hipotesis Mendel yang menjelaskan peristiwa persilangan.
7.      Menjelaskan hukum I Mendel dan hukum II Mendel.
8.      Menentukan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda.
9.      Menentukan hasil persilangan dua individu dengan dua sifat beda.
10.  Menentukan hasil persilangan dua individu dengan tiga sifat beda.
11.      Menjelaskan hubungan antara sifat beda dan jumlah kemungkinan fenotip dan genotip pada keturunan kedua (F2).
12.  Menjelaskan penerapan genetika pada teknologi reproduksi.
13.  Menyebutkan kentungan pengembangbiakan tanaman dengan sifat unggul.
14.  Menjelaskan pengertian kloning.
15.  Menjelaskan cara mengkloning tumbuhan dan hewan.
16.  Menjelaskan pengertian inseminasi buatan.
17.  Menyebutkan tujuan inseminasi buatan.
18.  Menjelaskan teknologi bayi tabung.
19.  Menjelaskan dampak (positif dan negatif) teknologi reproduksi.

B. Materi Pembelajaran
         Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                      -   Cooperative Learning                      
  2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok     
                          -   Ceramah
                           -   Observasi                         

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
     -   Bagaimana cara menuliskan simbol genotip suatu individu?
     -   Mengapa Mendel memilih kacang ercis sebagai tanaman percobaannya?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan genotip?
     -   Sebutkan bunyi hukum I Mendel dan hukum II Mendel.
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian genotip.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menuliskan simbol gen pada proses persilangan.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan homozigot dan heterozigot.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai arti simbol-simbol dalam persilangan.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai macam-macam persilangan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok menyebutkan hipotesis Mendel yang menjelaskan peristiwa persilangan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan hukum I Mendel dan hukum II Mendel yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda, dua sifat beda, dan tiga sifat beda yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan hasil persilangan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda, dua sifat beda, dan tiga sifat beda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara sifat beda dan jumlah kemungkinan fenotip dan genotip pada keturunan kedua (F2).

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
    
    a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
       -   Dapatkah kloning dilakukan pada hewan?
       -   Apa yang kalian ketahui tentang bayi tabung?
·       Prasyarat pengetahuan:
       -   Bagaimana cara melakukan kloning?
 -   Apakah yang dimaksud dengan bayi tabung?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan genetika pada teknologi reproduksi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kentungan pengembangbiakan tanaman dengan sifat unggul.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kloning.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara melakukan kloning pada tumbuhan dan hewan.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian inseminasi buatan.
·         Peserta didik memperhatikan tujuan inseminasi buatan yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bayi tabung.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai mekanisme teknologi bayi tabung.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan dampak (positif dan negatif) teknologi reproduksi.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
                 
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 127-146
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan




F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
-    Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-     Tes PG
-     Tes uraian
-     Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
   -  Contoh tes PG
                        Persilangan antara genotip AABB x aabb menghasilkan F1 dengan
                        genotip ....
 a. AABB                                                c. Abab
 b. AaBb                                                  d. AAaa Bbbb
-  Contoh tes uraian
                       Jika suatu individu bergenotip BbKk disilangkan dengan sesamanya (BbKk),                     berapa hasil persilangan yang memiliki genotip bbkk. Jelaskan dengan                            bagan.
-  Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang salah satu contoh teknologi reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.

                                                                          ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: