23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 6



PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
     4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
4.2.  Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

Indikator
1.      Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi.
2.      Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.
3.      Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian elektromagnet.
2.      Menyebutkan faktor yang mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
3.      Menjelaskan aplikasi elektromagnet dalam beberapa produk teknologi.
4.      Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
5.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
6.      Menentukan besar dan arah gaya Lorentz.
7.      Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
         Kemagnetan

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
               2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa medan magnet dapat timbul pada magnet yang dialiri arus listrik?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan elektromagnet?
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang    berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian elektromagnet.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan prinsip kerja bel listrik.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan prinsip kerja relai.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan prinsip kerja pesawat telepon.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan prinsip kerja motor listrik.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan prinsip kerja multimeter.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
-      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
·       Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz?

   b. Kegiatan Inti
·        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz.
·        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
·        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menentukan arah gaya Lorentz.
·        Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus yang disampaikan oleh guru.
·        Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz.
·        Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 115-130
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
-    Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-     Tes PG
-     Tes uraian
-     Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
                        Di bawah ini adalah alat yang memanfaatkan prinsip elektromagnet, kecuali ....
                                    a. bel listrik                                         b. rice cooker  
                         b. pesawat telepon                             d. relai
-  Contoh tes uraian
Sebutkan tiga macam alat dapur yang menggunakan prinsip kerja motor listrik. Jelaskan cara kerja masing-masing alat itu.
-  Contoh tugas rumah
Datalah alat-alat listrik yang ada dirumahmu dan kelompokkan yang prinsip kerjanya menggunakan gaya Lorenzt.
                                                           
                                                                          ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: