23 April 2011

Fisika SMP VII Silabus



FISIKA VII SILABUS

Silabus

Sekolah                   : SMP ...................
Kelas                       : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran         : IPA Fisika

Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turu-nan beserta satuannya.

Besaran dan Satuan

-   Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
-   Merumuskan pengertian besaran dan satuan


-   Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional

-   Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi

-   Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari


-  Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan

-  Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran

-  Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana


-  Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari


Tes tertulis





Tes tertulis


Tes tertulis





Tes tertulis

Isian





Isian


PG





PG


Sebutkan 4 macam besaran yang dapat diukur dari meja belajarmu.



Sebutkan satuan SI untuk setiap besaran pokok.

2 hari 4,5 jam 8 menit jika dinyatakan dalam sekon menjadi . . .
a. 176 590 s     c. 189 480 s
b. 100 360 s     d. 197 542 s

Hasil pengukuran yang paling luas adalah . . .
a. 80 dam2        c. 0,5 km2
b. 30 m2           d. 400 hektar


4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 7-24, lingkungan sekitar, alat ukur

1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya




Suhu

-   Mencari informasi cara menggunakan termometer



-   Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.

-  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat



-  Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain


Tes tertulis




Tes tertulis

Isian




PG



Sebutkan jenis termometer yang kamu pilih untuk mengukur suhu udara di dalam rumah kaca.

Suhu 300 K sama dengan . . .
a.  27°C = 80,6°F
b.  80°C = 27°F
c.  27°C = 32°F
d.  27°C = 172°F


4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 25-40, Buku Kerja, termometer






Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari


Pengukuran

-   Melakukan pengukuran besaran-besaran fisika






-   Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran


-  Mengukur besaran fisika dengan menggunakan alat ukurnya secara baik dan benar




-  Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran


Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja


Tes tertulis

Uji petik kerja prosedur

Uji petik kerja produk

Uraian

Jelaskan cara mengukur luas permukaan telapak kakimu.


Membuat model jam matahari



Sayaka memasukkan gula ke dalam tabung reaksi yang berisi sedikit air. Untuk melarutkan gula, ia menutup tabung reaksi dengan ibu jari lalu mengocoknya. Sudah tepatkah cara yang dilakukan Sayaka?


4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl. 1 (Esis) hlm 41-64, Buku Kerja, alat-alat ukur

Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




Wujud Zat

-  Melakukan percobaan perubahan  wujud zat



-  Mendiskusikan materi gaya tarik antar  partikel


-  Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan


-  Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas


-   Menyelidiki perubahan wujud suatu zat



-   Menafsirkan gaya tarik antar partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran

-   Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan


-  Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

Tes tertulis




Tes Unjuk kerja


Tes tertulis



Tes tertulis

PG




Uji petik
 kerja prosedur

Uraian



 Uraian


Pada proses pengelasan logam terjadi peristiwa . . . .
a. pelelehan       c. penguapan
b. pembekuan    d. penyubliman

Penelitian membekukan air panas lebih cepat daripada air dingin.


Mengapa cat besi mudah terkelupas jika digunakan untuk mengecat tembok?

Mengapa minyak tanah dapat merambat naik di sepanjang sumbu kompor?

4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 65-76, Buku Kerja, alat-alat praktikum

3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Massa Jenis

-  Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat.


-   Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.


-  Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat

-  Menghitung massa jenis suatu zat




-  Menggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari

Tes Unjuk kerja



Tes tertulis





Tes tertulis


Uji petik  kerja prosedur



Uraian





Uraian


Penelitian mengamati campuran dua buah larutan yang berbeda massa jenisnya.


Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai diameter 7 cm dan tinggi 15 cm. Tabung tersebut memiliki massa 1,56 kg. Terbuat dari apakah tabung tersebut?

Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?


4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 77-88, Buku Kerja, alat-alat praktikum

3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari


Pemuaian Zat

-  Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas


-  Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair





-  Menganalisis muai volume berbagai jenis zat cair


-  Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari


-  Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas


-  Membandingkan pemuaian zat cair dan zat padat





-   Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.


-   Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi

Observasi



Diskusi






Tes tertulis



 Tes tertulis

Lembar observasi


Uraian






Uraian



Uraian

Amati pemuaian beberapa logam dengan menggunakan alat  Musschenbroek.

Ayah Albert sedang mengecat langit-langit ruang makan.  Ketika setetes cat jatuh ke permukaan lampu bohlam yang sudah menyala sejak tadi, bohlam itu pecah. Mengapa demikian?

Mengapa air tumpah ketika panci yang diisi air sampai penuh dipanaskan?

Mengapa sambungan rel kereta api selalu diberi celah saat dipasang?

4 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 89-102, Buku Kerja, alat-alat praktikum

3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


Kalor

-  Melakukan percobaan tentang kalor






-  Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

-  Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur


-  Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu


-  Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat

-  Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat

-  Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan


-  Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur

-  Menerapkan hubungan Q = m ct, Q = m U, dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana


Observasi



Observasi



Tes tertulis



Tes unjuk kerja


Tes tertulis

Lembar observasi


Lembar observasi


Isian



Uji petik kerja prosedur dan produk

Uraian

Kegiatan 6.3



Kegiatan 6.13, Kegiatan 6.14,
Kegiatan 6.15


Mengapa pada siang yang lembab kamu merasa lebih nyaman jika terkena hembusan angin?

Kegiatan 6.6 dan Kegiatan 6.10



Ketika diberi kalor 100 J, suhu suatu kepingan logam yang bermassa 5 g naik 50°C. Berapa kenaikan suhu logam itu jika diberi kalor 3 000 J?

6 × 40’

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 103-140, Buku Kerja, alat-alat praktikum


Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


Gerak

-  Melakukan percobaan gerak lurus beraturan.




-  Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan.

-  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan.


-  Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari



-  Menemukan ciri GLB.
-  Menemukan persamaan laju yang ditempuh.



-  Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan.

-  Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu

-   Menerapkan konsep kecepatan dan  kelajuan dalam kehidupan sehari-hari.

-  Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari.


Tes tulis





Tes tulis






Tes tulis

PG





Uraian






Uraian



Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
c. diperlambat
d. beraturan

Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan 60 km/jam waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 120 km adalah....



Berikan contoh sehari-hari yang termasuk GLBB.


4 × 40'

Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm.141-164,
buku referensi yang relevan, dan alat-alat praktikum



............................................................

Mengetahui                                                                                                                                                     
Kepala SMP ............                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                  ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                          NIP                                       



No comments: