FISIKA VII SILABUS
Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turu-nan beserta satuannya. | Besaran dan Satuan | - Mencari informasi tentang besaran dan satuannya - Merumuskan pengertian besaran dan satuan - Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional - Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi - Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari | - Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan - Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran - Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana - Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Isian Isian PG PG | Sebutkan 4 macam besaran yang dapat diukur dari meja belajarmu. Sebutkan satuan SI untuk setiap besaran pokok. 2 hari 4,5 jam 8 menit jika dinyatakan dalam sekon menjadi . . . a. 176 590 s c. 189 480 s b. 100 360 s d. 197 542 s Hasil pengukuran yang paling luas adalah . . . a. 80 dam2 c. 0,5 km2 b. 30 m2 d. 400 hektar | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 7-24, lingkungan sekitar, alat ukur |
1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya | Suhu | - Mencari informasi cara menggunakan termometer - Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain. | - Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat - Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain | Tes tertulis Tes tertulis | Isian PG | Sebutkan jenis termometer yang kamu pilih untuk mengukur suhu udara di dalam rumah kaca. Suhu 300 K sama dengan . . . a. 27°C = 80,6°F b. 80°C = 27°F c. 27°C = 32°F d. 27°C = 172°F | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 25-40, Buku Kerja, termometer |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Pengukuran | - Melakukan pengukuran besaran-besaran fisika - Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran | - Mengukur besaran fisika dengan menggunakan alat ukurnya secara baik dan benar - Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes tertulis | Uji petik kerja prosedur Uji petik kerja produk Uraian | Jelaskan cara mengukur luas permukaan telapak kakimu. Membuat model jam matahari Sayaka memasukkan gula ke dalam tabung reaksi yang berisi sedikit air. Untuk melarutkan gula, ia menutup tabung reaksi dengan ibu jari lalu mengocoknya. Sudah tepatkah cara yang dilakukan Sayaka? | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl. 1 (Esis) hlm 41-64, Buku Kerja, alat-alat ukur |
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Wujud Zat | - Melakukan percobaan perubahan wujud zat - Mendiskusikan materi gaya tarik antar partikel - Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan - Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas | - Menyelidiki perubahan wujud suatu zat - Menafsirkan gaya tarik antar partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran - Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan - Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari | Tes tertulis Tes Unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | PG Uji petik kerja prosedur Uraian Uraian | Pada proses pengelasan logam terjadi peristiwa . . . . a. pelelehan c. penguapan b. pembekuan d. penyubliman Penelitian membekukan air panas lebih cepat daripada air dingin. Mengapa cat besi mudah terkelupas jika digunakan untuk mengecat tembok? Mengapa minyak tanah dapat merambat naik di sepanjang sumbu kompor? | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 65-76, Buku Kerja, alat-alat praktikum |
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari | Massa Jenis | - Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat. - Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. | - Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat - Menghitung massa jenis suatu zat - Menggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari | Tes Unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | Uji petik kerja prosedur Uraian Uraian | Penelitian mengamati campuran dua buah larutan yang berbeda massa jenisnya. Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai diameter 7 cm dan tinggi 15 cm. Tabung tersebut memiliki massa 1,56 kg. Terbuat dari apakah tabung tersebut? Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai? | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 77-88, Buku Kerja, alat-alat praktikum |
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari | Pemuaian Zat | - Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas - Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair - Menganalisis muai volume berbagai jenis zat cair - Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari | - Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas - Membandingkan pemuaian zat cair dan zat padat - Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair. - Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi | Observasi Diskusi Tes tertulis Tes tertulis | Lembar observasi Uraian Uraian Uraian | Amati pemuaian beberapa logam dengan menggunakan alat Musschenbroek. Ayah Albert sedang mengecat langit-langit ruang makan. Ketika setetes cat jatuh ke permukaan lampu bohlam yang sudah menyala sejak tadi, bohlam itu pecah. Mengapa demikian? Mengapa air tumpah ketika panci yang diisi air sampai penuh dipanaskan? Mengapa sambungan rel kereta api selalu diberi celah saat dipasang? | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 89-102, Buku Kerja, alat-alat praktikum |
3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Kalor | - Melakukan percobaan tentang kalor - Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan - Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur - Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu | - Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat - Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat - Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan - Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur - Menerapkan hubungan Q = m c ∆t, Q = m U, dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana | Observasi Observasi Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Lembar observasi Lembar observasi Isian Uji petik kerja prosedur dan produk Uraian | Kegiatan 6.3 Kegiatan 6.13, Kegiatan 6.14, Kegiatan 6.15 Mengapa pada siang yang lembab kamu merasa lebih nyaman jika terkena hembusan angin? Kegiatan 6.6 dan Kegiatan 6.10 Ketika diberi kalor 100 J, suhu suatu kepingan logam yang bermassa 5 g naik 50°C. Berapa kenaikan suhu logam itu jika diberi kalor 3 000 J? | 6 × 40’ | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm 103-140, Buku Kerja, alat-alat praktikum |
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Gerak | - Melakukan percobaan gerak lurus beraturan. - Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan. - Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan. - Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari | - Menemukan ciri GLB. - Menemukan persamaan laju yang ditempuh. - Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan. - Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu - Menerapkan konsep kecepatan dan kelajuan dalam kehidupan sehari-hari. - Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | PG Uraian Uraian | Ciri GLB memiliki kecepatan .... a. dipercepat b. tetap c. diperlambat d. beraturan Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan 60 km/jam waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 120 km adalah.... Berikan contoh sehari-hari yang termasuk GLBB. | 4 × 40' | Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) hlm.141-164, buku referensi yang relevan, dan alat-alat praktikum |
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment