23 April 2011

Biologi SMP VII Silabus



BIOLOGI VII SILABUS

Silabus

Sekolah                   : SMP ...................
Kelas                       : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran         : IPA Biologi
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

5.1  Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik


Gejala Alam Biotik dan Abiotik

- Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di ling-kungan sekitar.
- Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar.
- Melakukan pengamatan gejala keja-dian pada objek biotik di lingkungan sekitar.
- Melakukan pengamatan gejala keja-dian pada objek abiotik di lingku-ngan sekitar.

-  Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.



-  Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan.

Observasi






Tes Tulis

Lembar observasi





PG

Amati  perbandingan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik dan abiotik.




Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran

2 × 40'

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.25-29,  dan lingkungan.

5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan


Mikroskop


-  Mencari informasi tentang bagian-bagian dan fungsi mikroskop.





-  Melakukan eksperimen dengan benar menggunakan mikroskop.



-  Melakukan eksperimen untuk membuat sayatan dan preparat basah.


-  Melakukan pembedahan untuk membuka penutup tubuh hewan.


-  Mengenal bagian-bagian mikroskop.
-  Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, dan menemukan objek).

-  Membuat prediksi bangun 3 dimensi apabila tersedia hasil pengamatan 2 dimensi (horizontal dan vertikal).

-  Membuat sayatan menurut arah tertentu (melintang, membujur, dll).
-  Membuat preparat basah.

-  Melakukan pembedahan dengan alat dan cara yang tepat.


Tes unjuk kerja










Tes tertulis




Tes tertulis


Uji petik kerja prosedur










Uraian




Uraian
Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.











Jelaskan bagaimana cara membuat preparat irisan membujur batang.



Bagaimana cara membedah ikan? Jelaskan menurut pengetahuanmu.

4 × 40'

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.29-40, buku referensi yang relevan, dan alat-alat praktikum

5.4  Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam


Keselamatan Kerja

-  Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja.


-  Studi pustaka tentang alat dan bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam.





-  Studi pustaka tentang simbol-simbol dalam laboratorium.


-  Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman.

-  Mendeskripsikan alat dan bahan-bahan yang berbahaya.






-  Mengindentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.



Tes unjuk kerja


Tes tulis







Tes tulis

Uji petik kerja prosedur


PG







PG

Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakukan mikroskop.

Manakah bahan-bahan berbahaya yang dapat ditemukan di laboratorium?
a.  air
b.  asam sulfat
c.  alkohol
d.  larutan   glukose

Apakah arti simbol di bawah ini?
a.  bahan yang
     mudah terbakar
b.  bahan yang beracun
c.  alat mudah pecah
d.  alat mudah mengalami korosi


2 × 40'

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.44-48, buku referensi yang relevan,alat dan bahan praktikum

Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup


Ciri-ciri makhluk hidup

-  Mengamati ciri-ciri makhluk hidup di lingkungan sekitar.







-  Merumuskan karakteristik atau kekhasan ciri makhluk hidup berdasarkan hasil pengamatan.

-  Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia.

-  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.







-  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.

-  Membedakan ciri tumbu-han dan hewan.

Tes tertulis








Tes kinerja



Tes tertulis

PG








Tes unjuk kerja produk


Uraian


Pernyataan berikut ini berhubungan dengan ciri makhluk hidup, kecuali ….
a. peka terhadap rangsang
b. tumbuh dan berkem-bangbiak
c. memerlukan suhu terten-tu untuk pertumbuhan
d semua dapat berpindah tempat

Pilihlah tiga  makhluk hidup yang ada di sekitar dan identifikasilah 4 ciri serta buatlah laporannya.

Tuliskan 2 ciri makhluk hidup yang membedakan hewan dan tumbuhan


2 × 40'

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.49-62  lingkungan,alat dan bahan praktikum

6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki


Klasifikasi Makhluk hidup

-  Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme.






-  Mencari informasi melalui referensi tentang pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.

-  Melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki.


-  Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu.


-  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.




-  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.

-  Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati.

-  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap king-dom dalam sistem 5 kingdom.


Tes tertulis







Tes tertulis


Tes unjuk kerja



Tes tertulis


PG







Uraian


Uji petik  kerja produk



Uraian


Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak
d. ekor

Mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan?

Dari gambar beberapa hewan yang sudah tersedia, klasifikasikanlah berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya.

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

2 × 40’

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.63-78  lingkungan,alat dan bahan praktikum

6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme


Keragaman Pada Sistem Organisasi Kehidupan

-  Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop.






-  Melakukan identifikasi organ-organ dan sistem organ pada manusia dan tumbuhan.

-  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ.

-  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop.

-  Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya.

-  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan.

-  Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh.

Tes unjuk kerja produk


Tes tertulis



Tes tertulis



Tes tertulis

Uji petik kerja produk



Uraian



Uraian



Uraian


Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop.

Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun.

Amatilah tumbuhan pacar air (Impatien balsamina) dan tuliskan nama-nama organ penyusunnya.

Jelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh.

4 × 40’

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.79-100, lingkungan, alat dan bahan praktikum

Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
   Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen

7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem


Ekosistem












-  Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem.
-  Menggali informasi dari nara sumber atau melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem hutan, ekosistem danau).

-  Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

-  Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama.




-  Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosis-tem.

Observasi








Tugas

Lembar observasi







 Tugas proyek








Amatilah salah satu contoh ekosistem yang ada di sekitarmu dan jelaskan satuan-satuan penyusunnya.





Buatlah model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok dan presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan.


6 × 40’

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.101-130,
lingkungan alat dan bahan praktikum













7.2 Mengidentifikasi-kan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

















7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan






Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem


















Kepadatan populasi manusia hubungannya dengan lingkungan

-  Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.


















-  Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi.


-  Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi.




-  Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar.


-  Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka.

-  Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi.

-  Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.










-  Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi.

-  Memprediksi hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih.


-  Memprediksi  hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan.

-  Memprediksi  hubungan antara populasi penduduk dengan ketersediaan lahan.

-  Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Tes tulis



Tes lisan




Tes tulis












Penugasan





Tes tulis





Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis

Isian



Daftar pertanyaan



PG












Tugas rumah





Uraian





Uraian



Uraian



Uraian

Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ....


Sebutkan 2 contoh hewan dan tumbuhan  langka di Indonesia.


Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka agar ....
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. memperindah alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang di alam 


Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan atau hewan langka yang dilindungi

Jelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.



Jelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan.

Jelaskan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan.

Jelaskan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat.


6 × 40’





















2 × 40’

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.131-170, lingkungan, alat dan bahan praktikum


















Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.171-182, buku referensi yang relevan, lingkungan, gambar dan foto



7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingku-ngan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan


Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan








-  Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan dan pencemaran lingkungan.







-  Melihat gambar dan/atau tayangan tentang aktivitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.





-  Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

-  Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya





-  Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia dan upaya mengatasinya.




-  Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Tes tulis









Tes tulis








Penugasan

PG









Uraian








Tugas rumah


Pernyataan:
1. menurunnya ketersediaan kayu
2. meningkatkan suhu udara secara global
3. meningkatnya kan-dungan O2 di udara
4. menurunnya ketersediaan air tanah

Manakah pernyataan yang berhubungan dengan penebangan hutan?
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 4


Jelaskan pengaruh pencemaran air terhadap kesehatan manusia.
Buatlah suatu artikel cara menanggulangi pencemaran lingkungan. Silakan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air.

4 × 40’

Buku IPA terpadu jl.1B (Esis) h.183-207,buku referensi yang relevan, lingkungan, artikel, gambar dan foto













............................................................

Mengetahui                                                                                                                                                     
Kepala SMP ............                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                  ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                          NIP 

No comments: