FISIKA VIII SILABUS
Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya. | Gaya | · Memetakan gaya-gaya yang ada pada suatu benda. · Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda. · Menghitung resultan gaya segaris yang searah dan berlawanan arah. · Studi pustaka untuk mendeskripsikan syarat terjadinya keseimbangan. | · Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh. · Mengukur gaya suatu benda. · Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan. · Mengidentifikasi syarat terjadinya keseimbangan. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | Tes PG Uji petik kerja produk Tes uraian Tes isian | Berikut ini yang tidak termasuk gaya tak sentuh adalah .... a. gaya gesek b. gaya magnet c. gaya gravitasI d. gaya listrik Eksperimen mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya (Kegiatan 1.1). Dua orang siswa mendorong meja masing-masing dengan gaya 20 N ke kanan dan 15 N ke kiri. Tentukan resultan gaya yang bekerja pada meja. Keadaan dimana dua gaya atau lebih bekerja pada sebuah benda, tetapi tidak mengakibatkan perubahan sifat gerak benda disebut .... | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 1-9, buku referensi yang relevan, lingkungan alat dan bahan praktikum. |
5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. | Gaya | · Melakukan percobaan hukum I, hukum II, dan hukum III Newton dengan menggunakan alat-alat. · Mengaplikasikan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. · Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin. · Merumuskan adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari. · Studi pustaka untuk mencari perbedaan berat dan massa menggunakan alat. | · Mendemonstrasikan hukum I Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. · Mendemonstrasikan hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. · Mendemonstrasikan hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. · Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar. · Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan. · Membandingkan berat dan massa suatu benda. | Penugasan Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | Tugas rumah Uji petik kerja produk Tes uraian Tes PG | Buatlah artikel yang menjelaskan percobaan sederhana (tujuan, alat dan bahan serta langkah kerja) tentang aplikasi hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Eksperimen mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan. Mengapa permukaan ban dibuat berulir? Apakah yang terjadi jika ban itu digunakan di jalan yang becek? Besarnya gaya tarik bumi pada suatu benda menyatakan .... a. berat benda b. massa benda c. volume benda d. massa jenis benda | 6 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 9-28, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Energi dan Usaha | · Studi pustaka untuk mendeskripsikan pengertian energi dan bentuk-bentuk energi. · Studi referensi untuk membandingkan pengertian energi kinetik dan energi potensial. · Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi. · Studi pustaka untuk mendeskripsikan kaitan antara energi dan usaha. · Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara daya, usaha, dan kecepatan. | · Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. · Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari. · Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak. · Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari. · Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha. · Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari. | Tes lisan Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Daftar pertanyaan Uji petik kerja produk Tes isian Tes uraian Tes PG Tes uraian | Sebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Eksperimen mengamati perubahan bentuk energi (Kegiatan 2.2 h.32). Energi yang tersimpan dalam benda karena posisinya terhadap acuan tertentu disebut .... Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Seorang atlet angkat berat menyangga beban seberat 700 N dengan tangannya pada ketinggian 2 m. Usaha yang dilakukan atlet itu adalah .... a. 1.400 J c. 350 J b. 700 J d. nol Listrik yang terpasang pada sebuah rumah mempunyai daya 450 VA. Berapakah energi maksimal yang dapat digunakan oleh pemilik rumah selama 1 jam? | 4 × 40‘ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 29-43, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Energi dan Usaha | · Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (tuas, katrol, dan bidang miring). · Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pesawat sederhana. | · Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gir). · Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana. | Tes unjuk kerja Tes tertulis | Uji petik kerja prosedur Tes uraian | Eksperimen mengamati prinsip kerja tuas (Kegiatan 2.7). Eksperimen menyelidiki bidang miring pada sekrup (Kegiatan 2.10). Seseorang hanya mampu mengangkat benda dengan gaya 60 N. Tentukan berat beban yang sanggup ia angkat, jika: a. menggunakan satu katrol tetap b. menggunakan satu katrol bergerak | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 43-58, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Tekanan | · Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan. · Melakukan percobaan bejana berhubungan. · Melakukan percobaan tentang hukum Pascal dan hukum Archimides. · Mencari informasi melalui lingkungan mengenai alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides. · Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan. | · Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan. · Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. · Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. · Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam. · Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari). | Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | Uji petik kerja prosedur Tes isian Uji petik kerja prosedur Tes uraian Tes isian | Eksperimen menyelidiki kaitan antara luas permukaan dan massa benda dengan tekanan (Kegiatan 3.1 dan Kegiatan 3.2). Permukaan air bendungan harus lebih tinggi dari permukaan sawah yang akan dialiri. Prinsip yang digunakan adalah .... a. hukum Pascal b. hukum Archimedes c. efek bejana berhubungan d. efek kapilaritas Eksperimen menyelidiki besar gaya angkat (Kegiatan 3.8) Mengapa sebuah kapal selam dapat mengapung, melayang, dan tenggelam? Pada kedalaman yang sama, tekanan di dalam air sungai lebih kecil daripada tekanan di dalam air laut karena .... | 10 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 59-88, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya. | Getaran dan Gelombang | · Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian getaran. · Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan. · Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekuensi suatu getaran. · Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang. · Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal. · Menggali informasi dari nara sumber untuk menemukan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang. | · Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari. · Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran. · Membedakan karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal. · Mendeskripsikan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes isian Uji petik kerja prosedur Tes uraian Uji petik kerja prosedur Tes uraian | Gerakan bolak-balik secara berkala di sekitar posisi setimbangnya disebut .... Eksperimen menentukan periode getaran (Kegiatan 4.3). Apa yang membedakan gelombang transversal dengan gelombang longitudinal? Berikan contohnya masing-masing. Eksperimen mengamati gelombang transversal dan gelombang longitudinal pada slinki (Kegiatan 4.7 dan Kegiatan 4.8). Sebuah vibrator dengan frekuensi 6 Hz dimasukkan ke dalam tangki air menghasilkan panjang gelombang 0,02 m. Maka cepat rambat gelombangnya adalah .... a. 3 m/s c. 30 m/ b. 0,02 m/s d. 0,12 m/s | 8 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 89-108, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari. | Bunyi | · Mencari informasi tentang pengertian bunyi. · Melakukan percobaan tentang cepat rambat bunyi. · Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan pengertian infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik. · Melakukan percobaan tentang resonansi. · Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari. | · Memaparkan karakteristik gelombang bunyi. · Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi. · Membedakan infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik. · Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari. · Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes isian Uji petik kerja prosedur Tes PG Uji petik kerja prosedur Tes uraian | Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh .... Eksperimen mengukur cepat rambat bunyi (Kegiatan 5.3). Berikut ini yang dapat menghasilkan bunyi infrasonik adalah .... a. lumba-lumba b. mesin-mesin berat c. kelalawar d. gitar Eksperimen mengamati terjadinya resonansi pada garpu tala dan pada bandul sederhana (Kegiatan 5.4 dan Kegiatan 5.5). Jelaskan penerapan konsep pemantulan bunyi dalam perancangan suatu gedung pertunjukkan musik. | 8 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm.109-132, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa. | Cahaya | · Melakukan pengamatan tentang jalannya sinar untuk menentukan sifat perambatan cahaya. · Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya. · Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal sifat-sifat bayangan pada cermin dan lensa. | · Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat perambatan cahaya. · Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan. · Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan. · Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. · Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung.dan lensa cekung. | Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis | Uji petik kerja prosedur Tes PG Uji petik kerja prosedur Tes uraian Tes uraian | Eksperimen mengamati perambatan cahaya dan peristiwa terbentuknya bayang-bayang umbra dan penumbra (Kegiatan 6.1 dan Kegiatan 6.2). Pemantulan cahaya oleh permukaan cermin datar merupakan pemantulan .... a. baur c. acak b. teratur d. tak teratur Eksperimen kelompok untuk mengamati arah perambatan cahaya yang melewati dua medium (Kegiatan 6.4). Sebuah benda setinggi 5 cm terletak di depan cermin cembung (f = 15 cm). Benda itu membentuk bayangan maya pada jarak 10 cm di belakang cermin. Tentukan jarak benda dari cermin dan perbesaran bayangannya Sebuah lilin setinggi 10 cm terletak 5 cm di depan sebuah lensa cekung yang memiliki fokus 15 cm. Tentukan: a. letak bayangan b. perbesaran bayangan c. tinggi bayangan. | 8 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 133-168, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum. |
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Alat-alat Optik | · Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata. · Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat optik. · Melalui diskusi kelompok dapat menjelaskan cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. | · Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. · Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina. · Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata. · Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik. · Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik. · Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, dan periskop. | Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes isian Uji petik kerja prosedur Tes uraian Tes uraian Tugas rumah | Benda akan terlihat jelas oleh mata jika bayangan jatuh di .... a. kornea c. lensa mata b. retina d. pupil Bayangan yang dibentuk oleh lensa mata bersifat .... Eksperimen membuktikan penglihatan binokuler (Kegiatan 7.3). Jelaskan cara kamera menangkap gambar. Mengapa lup harus memiliki panjang fokus yang pendek? Membuat model periskop (Cipta Ide). | 4 × 40’ | Buku IPA Fisika 2 Esis hlm. 169-187, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum. |
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment