BIOLOGI VIII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Standar Kompetensi
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
Indikator
1. Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis.
2. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis.
3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian fotosintesis.
2. Menjelaskan bagian tumbuhan yang berperan dalam proses fotosintesis.
3. Menjelaskan proses fotosintesis.
4. Menuliskan reaksi fotosintesis.
5. Mengetahui apakah pati (amilum) dihasilkan dalam daun pada proses fotosintesis tumbuhan hijau.
6. Mengetahui apakah cahaya matahari diperlukan dalam proses fotosintesis.
7. Menjelaskan hasil fotosintesis sebagai sumber energi dan penghasil oksigen.
8. Mengetahui bahwa pada proses fotosintesis terbentuk gas oksigen (O2).
9. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
10. Mengetahui pengaruh intensitas cahaya terhadap laju fotosintesis.
B. Materi Pembelajaran
Fotosintesis
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction(DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana cara tumbuhan memperoleh makanan untuk pertumbuhannya?
- Dimanakah proses fotosintesis pada tumbuhan hijau itu terjadi?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan proses fotosintesis?
- Apakah yang dimaksud dengan kloroplas?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian fotosintesis.
l Peserta didik memperhatikan sejarah penemuan proses fotosintesis oleh para ahli sains yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan bagian tumbuhan yang berperan dalam proses fotosintesis.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan tempat terjadinya proses fotosintesis.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang terjadinya proses fotosintesis.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menuliskan reaksi fotosintesis secara sederhana.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil gelas beker, pembakar spiritus, kaki tiga, kawat kasa, tabung reaksi, penjepit, kertas saring, larutan Iodium, alkohol, air, sehelai daun dari tanaman pot yang telah terpapar cahaya matahari selama beberapa jam, dan sehelai daun dari tanaman sejenis yang disimpan dalam keadaan gelap selama 2 hari.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui apakah pati (amilum) dihasilkan dalam daun pada proses fotosintesis tumbuhan hijau
(Kegiatan 7.1 h.180-181).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen secara berkelompok guna mengetahui cahaya matahari dan klorofil diperlukan dalam proses fotosintesis (Kegiatan 7.2 h.181-182 dan Kegiatan 7.3 h.182-183).
l Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas timah atau kertas alumunium, gelas beker, tabung reaksi, gunting, pembakar spiritus, kaki tiga, klip kertas, kawat kasa, tanaman dalam pot, tumbuhan yang memiliki daun beraneka ragam warnanya misalnya daun keladi hias, larutan alkohol, larutan Iodium, dan kertas saring.
l Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah pada proses fotosintesis terbentuk gas oksigen?
- Apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk “mengolah” makanannya?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
- Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi proses fotosintesis?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fotosintesis sebagai sumber energi dan penghasil oksigen.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hasil dari fotosintesis
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan hasil fotosintesis.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil gelas beker yang berisi air, corong kaca, tabung reaksi, lampu, tumbuhan air Hydrilla sp., lidi, korek api, dan plastisin.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui bahwa pada proses fotosintesis terbentuk gas oksigen (Kegiatan 7.5 h.184).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
l Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen kelompok guna mengetahui pengaruh intensitas cahaya terhadap laju fotosintesis
(Kegiatan 7.6 h.186).
l Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas timah atau kertas alumunium, gelas beker, tabung reaksi, gunting, pembakar spiritus, kaki tiga, klip kertas, kawat kasa, tanaman dalam pot, larutan alkohol, larutan Iodium, dan kertas saring.
l Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 175-190
b. Lingkungan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Proses fotosintesis pada sel daun terjadi di dalam ....
a. kloroplas c. inti sel
b. vakuola d. dinding sel
- Contoh tes uraian
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan secara singkat.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment