23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 8



FISIKA XI RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA


Standar Kompetensi
             5.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
             5.1    Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.

Indikator
1.      Mendeskripsikan anggota tata surya.
2.      Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan planet.
3.      Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya.
4.      Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan menggunakan tabel.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian tata surya.
2.      Menyebutkan anggota tata surya.
3.      Menjelaskan pengertian planet.
4.      Menyebutkan planet dalam tata surya.
5.      Membedakan perihelium dan aphelium.
6.      Membedakan rotasi planet dan revolusi planet.
7.      Menjelaskan pengelompokan planet.
8.      Menjelaskan perbandingan antar planet ditinjau dari garis tengah, massa, kala rotasi, kala revolusi, dan jarak ke matahari.
9.      Menjelaskan pengertian satelit.
10.  Menyebutkan satelit-satelit besar dalam tata surya.
11.  Menjelaskan pengertian asteroid.
12.  Menyebutkan contoh asteroid dalam tata surya.
13.  Menjelaskan pengertian komet.
14.  Menjelaskan karakteristik komet.
15.  Membedakan meteor dan meteorit.

B. Materi Pembelajaran
         Anggota Tata Surya

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
   2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                          -   Ceramah
                           -   Observasi                         
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Benda manakah yang menjadi pusat tata surya? Bumi atau matahari?
-      Apakah pluto termasuk sebuah planet?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan tata surya?
-      Apakah yang dimaksud dengan planet?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tata surya.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan anggota tata surya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian planet.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan planet dalam tata surya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan garis edar planet (orbit).
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan perihelium dan aphelium.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan rotasi planet dan revolusi planet yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan planet.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbandingan antar planet ditinjau dari garis tengah, massa, kala rotasi, kala revolusi, dan jarak ke matahari.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
-      Dapatkah kita mengamati meteor secara langsung?
-      Mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari?
·       Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan meteor?
-      Apakah yang dimaksud dengan komet?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang    berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik anggota tata surya.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik satelit.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik asteroid.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik komet.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik meteroid.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
                       
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 159-166
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-    Tes tertulis
-    Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-    Tes PG
-    Tes uraian
-    Tes isian
-    Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
                        Anggota tata surya yang memiliki orbit paling lonjong adalah ....
a. asteroid                                          c. komet
b. planet                                            d. meteroid
                         -  Contoh tes isian
                                   Posisi planet pada orbit yang jaraknya paling jauh ke matahari dinamakan ....



-  Contoh tes uraian
                       Mengapa planet-planet dapat beredar mengelilingi matahari?
-  Contoh tugas rumah
Buatlah artikel yang memuat deskripsi karakteristik sebuah planet.

                                                                          ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: