Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 1



FISIKA XI RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              3.1   Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta                            kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.    Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu.
2.    Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik.
3.    Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik.
4.    Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik dan jarak antara benda bermuatan listrik.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Membedakan muatan listrik positif dan muatan listrik negatif.
2.      Membedakan listrik statis dan listrik dinamis.
3.      Membedakan model atom Dalton, Thomson, dan Rutherford.
4.      Membedakan proton, elektron, dan neutron.
5.      Menjelaskan muatan sebuah benda.
6.      Membedakan konduktor dan isolator.
7.      Menyebutkan contoh konduktor dan isolator.
8.      Menjelaskan beberapa cara untuk memberi muatan.
9.      Menjelaskan pengertian gaya elektrostatis.
10.  Menyelidiki gaya elektrostatis.
11.  Menentukan gaya elektrostatis suatu muatan.
12.  Menjelaskan pengertian medan listrik.
13.  Menjelaskan cara menggambar garis-garis medan listrik.
14.  Menjelaskan medan listrik di sekitar muatan positif, muatan negatif, dan  pasangan muatan.
15.  Menjelaskan prinsip kerja elektroskop.
16.  Mengetahui jenis muatan dengan elektroskop.
17.  Membuat muatan induksi dengan elektroskop.
18.  Menjelaskan gejala dan penerapan listrik statis.

B. Materi Pembelajaran
        Listrik Statis

C. Metode Pembelajaran1
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa jika mistar plastik digosok dengan kain wol akan bermuatan            negatif?
        -   Mengapa muatan induksi selalu berlawanan dengan muatan benda                              penginduksi?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan muatan negatif?
      -   Apakah yang dimaksud dengan induksi? 

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan muatan listrik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan perbedaan muatan positif dan muatan negatif.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan model atom Dalton, Thomson, dan Rutherford.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan proton, elektron, dan neutron yang disampaikan oleh guru.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan muatan sebuah benda.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan konduktor dan isolator.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh konduktor dan isolator.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa cara untuk memberi muatan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.




PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Apakah jenis gaya yang dihasilkan oleh dua benda yang bermuatan    berbeda?
                     -   Bagaimana menggambar garis-garis medan listrik di sekitar pasangan                       muatan?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan gaya elektrostatis?
      -   Apakah yang dimaksud dengan medan listrik?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya elektrostatis.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah mistar, dua potongan kaca, secarik kain wol, secarik kain sutra, dan seutas tali.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki gaya elektrostatis (Kegiatan 1.5 h.8).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian medan listrik.
·         Peserta didik memperhatikan cara menggambar garis-garis medan listrik yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai medan listrik di sekitar muatan positif, muatan negatif, dan pasangan muatan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

           a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -    Bagaimana cara mengetahui apakah suatu benda bermuatan atau tidak?
                     -    Mengapa pada gedung yang tinggi dilengkapi dengan penangkal petir?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan elektroskop?
      -   Bagaimana proses terjadinya petir?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan prinsip kerja elektroskop.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah elektroskop, sebuah sisir plastik, potongan karet ban, secarik kain wol, pembakar bunsen, mistar plastik, potongan kaca, dan secarik kain sutra.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui jenis muatan dan membuat muatan induksi dengan elektroskop (Kegiatan 1.6 h.13 dan Kegiatan 1.8 h.14).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari hasil eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai gejala dan penerapan listrik statis.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 1-26
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes unjuk kerja
-      Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Uji petik kerja prosedur
    -   Tes PG
   -   Tes isian
   -   Tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Ebonit yang digosok dengan kain wol akan bermuatan negatif karena ....
 a. elektron dari ebonit ke kain wol
 b. proton dari ebonit ke kain wol
 c. elektron dari wol ke ebonit
 d. proton dari wol ke ebonit

                -  Contoh tes isian
Sebuah benda digosok pada benda lain sehingga sebagian elektronnya berpindah ke benda yang digosok. Dalam peristiwa ini, benda yang digosok menjadi bermuatan ....
                    -  Contoh tes uraian        
Dua buah benda bermuatan listrik sejenis masing-masing 1 C dan 1 C terpisah sejauh 0,15 cm satu sama lain. Berapakah besar gaya elektrostatis yang timbul?

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: