Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 5



BIOLOGI VII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    6.   Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

Kompetensi Dasar        :    6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan cirinya.

Indikator                      :    1.    Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
                                           2.    Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
                                           3.    Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati.
                                           4.    Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

1.          Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.          Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3.          Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4.          Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5.          Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6.          Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
7.          Menjelaskan tujuan kunci determinasi.

Materi Pembelajaran   :    Klasifikasi Makhluk Hidup

Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Direct Instruction (DI)
                                                  -         Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi

Langkah-langkah Kegiatan
                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -        Bagaimana cara mengelompokkan makhluk hidup?
              -        Apakah nama ilmiah dari tanaman padi?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -        Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?      
              -        Bagaimana aturan untuk menulis nama ilmiah makhluk hidup?
       .      Pra eksperimen
              -        Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah mendata makhluk hidup yang ada.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menentukan dasar dari klasifikasi makhluk hidup (berdasarkan ukuran tubuh, lingkungan tempat tinggal, manfaat dan jenis makanan).
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan petri, pinset, kaca pembesar, belalang, kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Guru memeriksa eksperimen  yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
       .      Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
       .      Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 63-78
b.    Alat dan bahan praktikum
c.    Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uji petik kerja produk
       -      PG
       -      Uraian
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes uji petik kerja produk
              Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
              1.    Buatlah catatan mengenai ciri-ciri yang terdapat pada hewan kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
              2.  Dari semua hewan yang diamati, apakah ada yang memiliki ciri-ciri sama? Coba kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri-ciri yang sama.
              3.  Catatlah hasil pengamatan kalian pada tabel pengamatan seperti di bawah ini.
   Hewan
Bagian tubuh
Jumlah kaki
Sayap
Belalang
kepala
dada
perut
6 buah
ada
        -     Contoh tes PG
              Cara penulisan nama ilmiah tanaman padi menurut tata nama binomial adalah....
              a.  oryza sativa                                               c.        Oryza Sativa
              b.  oryza Sativa                                               dOryza sativa
        -     Contoh tes uraian
              Mengapa makhluk hidup harus diklasifikasikan?
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: