FISIKA XI RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Standar Kompetensi
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
Kompetensi Dasar
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya.
Indikator
1. Menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi.
2. Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi.
3. Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari, dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut.
4. Menjelaskan fungsi satelit buatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian rotasi bumi.
2. Mengamati pergantian siang dan malam.
3. Menjelaskan akibat rotasi bumi.
4. Menjelaskan pengertian revolusi bumi.
5. Menjelaskan akibat revolusi bumi.
6. Mengamati perubahan kenampakan rasi bintang.
7. Menjelaskan penetapan tanggal pada kalender masehi.
8. Menjelaskan bulan sebagai satelit bumi.
9. Membedakan bulan sideris dan bulan sinodis.
10. Menjelaskan bentuk dan ukuran bulan.
11. Menjelaskan fase bulan.
12. Menjelaskan penetapan tanggal pada kalender hijriah.
13. Menjelaskan pengertian gerhana.
14. Menbedakan gerhana bulan dan gerhana matahari.
15. Memperagakan gerhana bulan dan gerhana matahari.
16. Menjelaskan pasang surut air laut.
17. Menjelaskan pengertian luar angkasa.
18. Menjelaskan penjelajahan dan penemuan luar angkasa.
19. Membedakan satelit alami dan satelit buatan.
20. Menyebutkan macam-macam satelit buatan untuk berbagai kepentingan manusia.
21. Menjelaskan pembagian satelit berdasarkan ketinggian garis edarnya.
22. Menjelaskan manfaat satelit Palapa.
B. Materi Pembelajaran
Bumi sebagai Planet, Bulan sebagai Satelit Bumi, dan Penjelajahan Luar Angkasa
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Observasi
- Eksperimen
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa terjadi perbedaan waktu di berbagai tempat di muka bumi?
- Apakah syarat terjadinya bulan purnama?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah akibat terjadinya rotasi bumi?
- Apakah yang dimaksud dengan fase bulan?
· Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian rotasi bumi.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil globe dan lampu meja.
· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati pergantian siang dan malam (Kegiatan 6.3 h.176).
· Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai akibat rotasi bumi.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian revolusi bumi.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan akibat revolusi bumi.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan kenampakan rasi bintang (Kegiatan 6.4 h.180).
· Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan globe, bohlam, dan empat benda yang mudah ditemukan di laboratorium (misalnya jeregen, ember, buku, dan bangku kecil).
· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penetapan tanggal dalam kalender masehi.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bulan sebagai satelit bumi.
· Peserta didik memperhatikan perbedaan bulan sideris dan bulan sinodis yang disampaikan oleh guru.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bentuk dan ukuran bulan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai fase bulan.
· Peserta didik memperhatikan penetapan tanggal dalam kalender hijriah yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana proses terjadinya gerhana bulan?
- Mengapa satelit Palapa seolah tidak bergerak jika dilihat dari bumi?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah syarat terjadinya gerhana bulan?
- Apakah manfaat satelit Palapa?
· Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerhana.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan gerhana bulan dan gerhana matahari.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil senter dan dua buah bola plastik (besar dan kecil).
· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memperagakan gerhana bulan dan gerhana matahari (Kegiatan 6.6 h.185 dan Kegiatan 6.7 h.186).
· Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pasang surut air laut.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian luar angkasa.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penjelajahan dan penemuan luar angkasa.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian satelit.
· Peserta didik memperhatikan perbedaan satelit alami dan satelit buatan yang disampaikan oleh guru.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam satelit buatan untuk berbagai kepentingan manusia.
· Peserta didik memperhatikan pembagian satelit berdasarkan ketinggian garis edarnya yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan manfaat satelit Palapa.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 175-198
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Gerhana matahari total terjadi ketika ....
a. bulan memasuki umbra bumi c. bumi memasuki umbra bulan
b. bulan memasuki penumbra bumi d. bumi memasuki penumbra bulan
- Contoh tes isian
Permukaan bulan yang menghadap bumi selalu sama hal ini disebabkan ....
- Contoh tes uraian
Sebutkan pengaruh rotasi dan revolusi bumi.
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang sejarah peluncuran satelit Palapa hingga saat ini dan manfaatnya bagi kepentingan bangsa Indonesia.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment