23 April 2011

Fisika SMP VII RPP 8



FISIKA VII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA Fisika
Standar Kompetensi     :    5.    Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Kompetensi Dasar        :    5.2 Menganalisa data percobaan GLB dan GLBB serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                      :    1.    Menemukan ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB).
                                           2.     Menemukan persamaan laju yang ditempuh.
                                           3.     Menyelidiki Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
                                           4.     Menerapkan konsep kecepatan dan kelajuan dalam kehidupan sehari-hari.
                                           5.     Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari.
                                           6.     Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian gerak dan sifatnya.
2.          Membedakan pengertian perpindahan dan jarak.
3.          Menjelaskan pengertian kelajuan.
4.          Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan.
5.          Menjelaskan pengertian GLB.
6.          Menjelaskan ciri GLB.
7.          Mengamati GLB.
8.          Menjelaskan pengertian kecepatan.
9.          Menjelaskan pengertian GLBB.
10.      Menjelaskan pengertian percepatan.
11.      Mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
12.      Menyebutkan GLBB yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran   :   Gerak

Metode Pembelajaran  :   Model:

                                          -    Direct Instruction (DI)

                                          -    Cooperative Learning
                                          Metode:
                                          -    Diskusi kelompok
                                          -    Ceramah
                                          -    Eksperimen

 

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a.     Kegiatan Pendahuluan
        .     Motivasi dan apresepsi
              -     Apakah mobil yang melintas di jalanan tergolong melakukan gerak?
              -     Bagaimana cara menghitung kelajuan rata-rata mobil yang sedang bergerak?
        .     Prasyarat pengetahuan
              -     Apakah yang dimaksud dengan gerak?
              -     Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kelajuan suatu benda?

b.     Kegiatan Inti
        .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
        .     Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian gerak dan sifatnya.
        .     Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya tentang beberapa contoh gerak.
        .     Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian perpindahan, jarak, dan kelajuan.
        .     Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya menjelaskan faktor-faktor yang mem-pengaruhi kelajuan suatu benda.
        .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
        .     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
        .     Guru memberikan contoh soal cara menghitung kelajuan suatu benda.
        .     Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kelajuan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
        .     Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
        .     Guru mengoreksi jawaban peserta didik. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.     Kegiatan Penutup
        .     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
        .     Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
        .     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apresepsi:
              -     Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
                    -   Gerak jatuh peloncat indah tergolong GLB atau GLBB?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -     Apakah yang dimaksud dengan GLB?
              -     Apakah ciri dari GLBB?
       .      Pra eksperimen
              -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian GLB dan cirinya.
       .      Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya mengenai contoh gerak lurus ber-aturan.
       .      Wakil tiap kelompok diminta mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLB.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian kecepatan dan percepatan benda.
       .      Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya mengenai pengertian GLBB dan cirinya.
       .      Guru menginstruksikan peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan untuk membandingkan karakteristik GLB dan GLBB.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan dan percepatan suatu benda.
       .      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kecepatan dan percepatan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
       .      Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
       .      Guru mengoreksi jawaban peserta didik. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung mem-berikan bimbingan.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.    Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) halaman 142-163
b.    Buku referensi yang relevan
c.    Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar

a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG                                                                 
       -      Uraian
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes PG
              Benda bergerak beraturan jika....
              a.  kelajuan tetap                                            c. kelajuan berubah-ubah beraturan
              b.  ada percepatan                                           d. percepatan berubah-ubah beraturan
       -      Contoh tes uraian
              Albert menempuh jarak 72 km dalam waktu 100 menit. Berapa kelajuan Albert jika dinyatakan dalam satuan m/s?

                                                                              ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




......................                                                                                                  ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: