FISIKA VIII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Mendemonstrasikan hukum I Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mendemonstrasikan hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mendemonstrasikan hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar.
5. Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan.
6. Membandingkan berat dan massa suatu benda.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menyebutkan bunyi hukum I Newton.
2. Menyebutkan penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menyebutkan bunyi hukum II Newton.
4. Menyebutkan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menyebutkan bunyi hukum III Newton.
6. Menyebutkan penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
8. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan.
9. Membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis.
10. Menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
11. Menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.
12. Menjelaskan pengertian gaya berat.
13. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi.
14. Membedakan berat dan massa suatu benda.
15. Menjelaskan gaya pada benda yang diam.
B. Materi Pembelajaran
Gaya
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Apa yang terjadi jika mobil yang kamu tumpangi itu berhenti secara
tiba-tiba?
- Apakah yang menyebabkan kita dapat berjalan diatas lantai?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah bunyi hukum I Newton?
- Apakah bunyi hukum III Newton?
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Newton tentang gerak.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum I Newton.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum Newton I dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum II Newton.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum II Newton yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum II Newton untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum III Newton.
· Peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan penerapan hukum III Newton.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Dapatkah kamu berjalan cepat di dalam kolam renang?
- Apakah gaya gesekan bermanfaat bagi kehidupan kita atau malah merugikan?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gaya gesekan?
- Apakah peranan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari?
· Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya gesekan.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan.
· Peserta didik dengan kelompoknya mendiskusikan perbedaan antara gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan peranan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
· Peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan gaya gesekan yang bermanfaat dan gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yangh memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah yang mempengaruhi gaya tarik suatu benda?
- Mengapa gelas di atas meja tidak terjungkir jika tidak kamu sengggol?
· Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gaya berat?
- Apakah yang dimaksud dengan gaya normal?
· Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya berat.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan persamaan gaya berat.
· Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya berat yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya berat untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai berat benda di bulan dan di tempat lain.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah neraca pegas, beberapa benda bermassa 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, dan 5 kg.
· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan perbandingan antara berat dan massa (Kegiatan 1.9 h.18).
· Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik dengan kelompoknya membuat kesimpulan dari hasil eksperimen yang telah dilakukan.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara massa dan berat.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya normal.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai keseimbangan gaya pada benda yang diam berikut contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yangh memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika Jl.2 (Esis) halaman 9-28
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
- Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
- PG
- Uraian
- Tugas rumah
- Uji petik kerja prosedur
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Besarnya gaya tarik bumi pada suatu benda menyatakan ....
a. berat benda c. volume benda
b. massa benda d. massa jenis benda
- Contoh tes urain
Mengapa permukaan ban dibuat berulir? Apakah yang terjadi jika ban itu digunakan di jalan yang becek?
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel yang menjelaskan percobaan sederhana (tujuan, alat dan bahan serta langkah kerja) tentang aplikasi hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment