Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 3



BIOLOGI VII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    5.     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Kompetensi Dasar        :    5.4  Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.

Indikator                      :    1.     Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman.
                                           2.     Mendeskripsikan alat dan bahan yang berbahaya.
                                           3.     Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.
Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan fungsi dari laboratorium.
2.          Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3.          Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4.          Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5.          Menjelaskan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6.          Mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7.          Menjelaskan arti simbol-simbol dalam bahan kimia.
Materi Pembelajaran   :    Keselamatan Kerja

Metode Pembelajaran  :    Model

                                           -      Direct Instruction (DI)

                                                  -         Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Demonstrasi

Langkah-langkah Kegiatan
                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -     Bolehkah kita menghirup bahan kimia secara langsung?
       -      Apakah arti dari tanda silang yang terdapat pada bahan kimia?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -     Peraturan  apa sajakah yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
-            Apakah arti dari simbol-simbol dalam bahan kimia?

b.    Kegiatan Inti
      .       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .       Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium.
      .       Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa alat dan bahan yang terdapat di dalam laboratorium.
      .       Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika berada di  dalam laboratorium.
      .       Guru mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik.
      .       Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
      .       Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
      .       Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil  bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
      .       Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai arti simbol-simbol dalam bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
      .       Peserta didik (bersama guru) keliling laboratorium untuk mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
      .       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
      .       Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 44-48
b.    Buku referensi yang relevan
c.    Alat dan bahan praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uji petik kerja prosedur
       -      PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes PG
              Peraturan laboratorium berikut harus kamu taati, kecuali....  
              a.  jangan makan di dalam laboratorium         c.  jangan berlari-lari di dalam laboratorium
              b. jangan bertanya                                         d. jangan menghirup gas terlalu dalam



                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: