BIOLOGI VII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
Indikator : 1. Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman.
2. Mendeskripsikan alat dan bahan yang berbahaya.
3. Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan fungsi dari laboratorium.
2. Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3. Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4. Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5. Menjelaskan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6. Mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7. Menjelaskan arti simbol-simbol dalam bahan kimia.
Materi Pembelajaran : Keselamatan Kerja
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Demonstrasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Bolehkah kita menghirup bahan kimia secara langsung?
- Apakah arti dari tanda silang yang terdapat pada bahan kimia?
. Prasyarat pengetahuan
- Peraturan apa sajakah yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
- Apakah arti dari simbol-simbol dalam bahan kimia?
b. Kegiatan Inti
. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium.
. Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa alat dan bahan yang terdapat di dalam laboratorium.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
. Guru mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik.
. Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai arti simbol-simbol dalam bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta didik (bersama guru) keliling laboratorium untuk mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 44-48
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes unjuk kerja
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Uji petik kerja prosedur
- PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Peraturan laboratorium berikut harus kamu taati, kecuali....
a. jangan makan di dalam laboratorium c. jangan berlari-lari di dalam laboratorium
b. jangan bertanya d. jangan menghirup gas terlalu dalam
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment