There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 10



BIOLOGI VIII RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
               2.   Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar
             2.4   Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam                                        kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.      Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit pada tanaman.
2.      Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam               kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian hama.
2.      Menyebutkan jenis-jenis hama.
3.      Menjelaskan cara memberantas hama yang tepat.
4.      Menjelaskan pengertian penyakit tanaman.
5.      Menjelaskan cara penyebaran penyakit pada tanaman.
6.      Menyebutkan beberapa penyakit pada tanaman dan penyebabnya.
7.      Menjelaskan karakteristik beberapa penyakit pada tanaman.

 B. Materi Pembelajaran
            Hama dan Penyakit pada Tumbuhan

C. Metode Pembelajaran
1.  Model   :   -  Direct Instruction(DI)
                                    -  Cooperative Learning
            2.  Metode   :  -   Diskusi kelompok
                                    -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan


                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
                     -  Pernahkah kalian mendengar, bahwa petani sering gagal panen akibat                                            tanamannya terserang hama?
     -   ernahkah kalian mendengar penyakit rebah kecambah?

l  Prasyarat pengetahuan:
      -  Apa yang dimaksud dengan hama?
      -  Apa yang dimaksud dengan penyakit rebah kecambah? 

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengelilingi halaman sekolah untuk mengamati berbagai macam tanaman.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hama.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai jenis-jenis hama (hama tanaman terdiri dari hewan mamalia, serangga, dan burung).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh-contoh hama.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati beberapa jenis tanaman untuk mengetahui terserang hama atau tidak.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara memberantas hama yang tepat.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian penyakit tanaman.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai penyebaran penyakit pada tanaman (melalui angin, air, dan serangga).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit pada tanaman dan penyebabnya.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan karakteristik beberapa penyakit pada tanaman.
l  Peserta didik memperhatikan tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tanaman yang telah dipersiapkan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 166-174
 b. Video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tanaman
       c. Lingkungan
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
   -  Tes tertulis
   -  Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
     -  Tes uraian
     -  Tugas proyek
           
             c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes uraian       
        Apa perbedaan antara hama dan penyakit tanaman? Berikan contohnya.
 -  Contoh tugas proyek
Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama dan penyakit  pada tanaman. Kemudian buatlah laporannya dalam bentuk tertulis.
                                                                        ...............,.................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: