21 March 2011

General Motors Electric Concept Car

GM memperkenalkan EN-V mobil listrik konsep
dua tempat duduk di Cina.

EN-V

General Motors telah meluncurkan mobil konsep baru listrik di China, sebuah solusi untuk mengakhiri permasalahan tumbuh diperkotaan seperti kemacetan lalu lintas, ketersediaan tempat parkir dan kualitas udara, di Shanghai.

General Motors telah meluncurkan tiga versi dari EN-V, d
engan motor bertenaga listrik, bisa berjalan sejauh sekitar 40 km (25 mil) pada satu kali pengisian ulang baterai. EN-V mewakili tiga karakteristik yang berbeda: Jiao (Pride), Miao (Magic) dan Xiao (Tertawa).

GM mengembangkan konsep baru
perkotaan dalam hubungan dengan mitra strategis, Shanghai Automotive Industry Corp Group (SAIC). EN-V, yang berarti Jaringan Kendaraan listrik, digerakkan oleh motor listrik di ke dua roda dua kemudinya.

Konsep dipamerkan dari tanggal 1 Mei sampai 31 Oktober di Paviliun SAIC-GM di World Expo 2010 Shanghai. Xiao (Tertawa) dirancang oleh tim desain GM Holden di Australia, sedangkan Jiao (Pride) oleh desainer di GM Eropa dan Miao (Magic) dirancang di General Motors Advanced Design Studio di California.
Konsep EN-V  dikembangkan dari platform Personal Mobilitas Perkotaan dan Aksesibilitas (PUMA) prototipe yang dikembangkan oleh Segway pada debutnya di bulan April 2009.



Tenaga pengerak motor disediakan oleh baterai lithium-ion yang menghasilkan zero emisi. Baterai dapat diisi ulang menggunakan standar daya perumahan rumahan . EN-V dapat digerakkan setidaknya 40 km sekali isi ulang baterai. Dengan menggabungkan Global Positioning System (GPS) dan kendaraan dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain dengan teknologi penginderaan jarak jauh, konsep EN-V dapat digerakkan secara manual dan automatis. Kemampuan operasi otonomnya menawarkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dengan memungkinkan EN-V  secara otomatis memilih rute tercepat berdasarkan informasi lalu lintas terbaru.


EN-V berat kurangnya dari 500 kilogram dan sekitar 1,5 meter panjangnya. Sekali lagi, ukuran EN-V lebih kecil dan kemampuan manuver yang lebih besar berarti tidak terlalu membutuhkan ruang dibandingkan dengan mobil yang ada sekarang.Body dan penutup EN-V terbuat dari serat karbon, custom Lexan berwarna dan akrilik, bahan yang lebih umum digunakan di mobil balap, pesawat militer dan pesawat ruang angkasa karena kekuatan mereka dan karakteristiknya yang ringan.

Pilihan GM Cina untuk memamerkan model konsep baru menggaris bawahi pentingnya Cina, pasar mobil terbesar di dunia, di mana penjualan mobil mencapai rekor tertinggi pada tahun 2009 meski industri global menderita penurunan tajam.
   
Cina adalah pasar GM terbesar kedua setelah Amerika Serikat dan merupakan medan pertempuran yang strategis bagi semua mobil asing, bersaing dengan Volkswagen AG dan Toyota berjuang keras untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar.
"China penting untuk GM untuk s
aat ini  dan masa yang akan datang. Tanpa pasar Cina, GM mungkin tidak keluar dari kebangkrutan begitu cepat, "kata Zhang Xin, seorang analis dengan Guotai Junan Securities di Beijing.

Pada tahun 2009, GM menjual 1,83 juta kendaraan di negara ini, naik 67 persen, dan memecahkan rekor penjualan setiap bulan
nya selama satu tahun.
Akan terjual lebih dari 2 juta kendaraan tahun ini, Kevin Wale, Presiden dan managing director untuk operasi perusahaan China,

Sumber :

POP, KIA Electric Concept Car


POP, Mobil Konsep Bertenaga Listrik  Dari KIA.

POP,  KIA Electric Concept Car 

Kia memperkenalkan konsep mobil listrik kecil dengan tiga-tempat duduk di Paris Motor Show 2010 yang disebut POP. Pada dasarnya ini adalah suatu eksplorasi desain yang menunjukkan potensi Kia yang diterapkan pada platform mobil listrik kecil.

 
Mobil itu di desain di studio di bawah arahan Kia Frankfurt, kepala perancang  Kia Eropa. Guillaume menjelaskan bahwa dalam merancang POP, timnya dimaksudkan untuk menciptakan tampilan yang benar-benar khusus untuk EV dan lebih baik konsep mobil listrik lain yang telah ada sebelumnya.


Banyak hal non-otomotif yang mempengaruhi desain ini adalah. Kami melihat hal-hal yang ringan, hal-hal aerodinamika, seperti pesawat layang dan sepeda berkecepatan tinggi. Kami menyadari bahwa dunia otomotif tidak menginspirasi kita untuk mencapai apa yang kita ingin capai.
  
  Guillaume menyatakan bahwa sumber-sumber yang tidak konvensional lain mengilhami desain interior POP.

 

Sejak awal kami melihat jarak tempat duduk pada ke pijakkan kaki sangat pendek dan berusaha untuk memastikan bahwa penumpang akan memiliki pandangan yang sempurna, seperti dalam helikopter. Kursi dirancang untuk menjadi non-otomotif. Kursi  tampak asli, sangat sederhana, hampir seperti furniture.
 

Unsur yang paling praktis dari  POP ialah bertenaga listrik. Didukung oleh satu set baterai lithium polimer gel kompak, motor listrik 50kW memiliki jangkauan sekitar 100 mil. POP bisa terisi penuh hanya dalam waktu enam jam.


Sumber :