15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP21



UNIT 6                        ASTRONOMY                                              (halaman 94 s.d 111)
 
BAHASA INGGRIS X RPP21

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 21


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai system tata surya dan pertanyaan terkait teks
Mampu mengisi rumpang teks pecakapan tentang perjalanan luar angkasa
Mampu mengisi rumpang mengenai ungkapan possible/impossible
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
teks percakapan mengenai system tata surya dan pertanyaan terkait teks
teks rumpang pecakapan tentang perjalanan luar angkasa
Informasi mengenai ungkapan possible/impossible

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya pendapatnya mengenai luar angkasa
INTI
Siswa menyimak teks percakapan mengenai system tata surya dan mengerjakan pertanyaan terkait teks
Siswa menyimak teks pecakapan tentang perjalanan luar angkasa
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menyimak kalimat-kalimat berisi ungkapan possible/impossible.


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari



PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
pertanyaan terkait teks system tata surya
teks rumpang percakapan perjalanan luar angkasa
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kesehatan tubuh
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks rumpang percakapan perjalanan luar angkasa

Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
pertanyaan terkait teks system tata surya

Jawaban benar
Jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0




Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

Bahasa Inggris SMA X RPP41



BAHASA INGGRIS X RPP41
UNIT 11                     POLLUTION                                                  (halaman 184 s.d 203)
 

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 41


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengisi rumpang pada teks tulis tentang udara
Mampu menjawab soal teks tentang udara
Mampu mengerjakan latihan kosakata teks udara
Mampu mengerjakan latihan referen teks udara
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Pertanyaan mengenai teks udara
Latihan kosakata teks udara
Latihan referen teks udara

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai polusi di kota besar
INTI
Siswa mendengarkan teks percakapan lisan udara untuk mengisi rumpang pada teks udara
Siswa menjawab soal mengenai teks udara
Siswa mengerjakan latihan kosakata teks udara
Siswa mengerjakan latihan referen teks udara
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menyimak teks

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga

Lingkungan
Polusi di sekitar lingkungan siswa
Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Pertanyaan mengenai teks udara
Latihan kosakata teks udara
Latihan referen teks udara
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang pakaian
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Pertanyaan mengenai teks udara
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Latihan kosakata teks udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Latihan referen teks udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0




Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP: