|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 21
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai system tata surya dan pertanyaan terkait teks Mampu mengisi rumpang teks pecakapan tentang perjalanan luar angkasa Mampu mengisi rumpang mengenai ungkapan possible/impossible |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | teks percakapan mengenai system tata surya dan pertanyaan terkait teks teks rumpang pecakapan tentang perjalanan luar angkasa Informasi mengenai ungkapan possible/impossible |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pendapatnya mengenai luar angkasa |
INTI | Siswa menyimak teks percakapan mengenai system tata surya dan mengerjakan pertanyaan terkait teks Siswa menyimak teks pecakapan tentang perjalanan luar angkasa |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menyimak kalimat-kalimat berisi ungkapan possible/impossible. |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | |||
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
pertanyaan terkait teks system tata surya teks rumpang percakapan perjalanan luar angkasa | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kesehatan tubuh
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks rumpang percakapan perjalanan luar angkasa | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
pertanyaan terkait teks system tata surya | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP: