15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP20



BAHASA INGGRIS X RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis prosedur berdasarkan struktur prosedur
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks prosedur
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Latihan memberikan instruksi pengobatan Informasi mengenai teks prosedur


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya cara penulisan prosedur penggunaan pada obat
INTI
Siswa diajarkan cara memberikan instruksi
Siswa diajarkan mengenai teks prosedur
Siswa menjawab pertanyaan terkait teks prosedur

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
 Siswa menulis prosedur berdasarkan struktur teks prosedur

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Siswa menulis prosedur


RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Penulisan struktur naratif mengenai pembukaan toko/restoran
Penulisan sempurna sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: