BAHASA INGGRIS X RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menulis prosedur berdasarkan struktur prosedur Mampu menjawab pertanyaan terkait teks prosedur |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Latihan memberikan instruksi pengobatan Informasi mengenai teks prosedur |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya cara penulisan prosedur penggunaan pada obat |
| INTI | Siswa diajarkan cara memberikan instruksi Siswa diajarkan mengenai teks prosedur Siswa menjawab pertanyaan terkait teks prosedur |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menulis prosedur berdasarkan struktur teks prosedur |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| | Narasumber | | |
| | Model peraga | | |
| | Lingkungan | | |
| Metode | √ | Presentasi | |
| | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Siswa menulis prosedur | ||
| | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Penulisan struktur naratif mengenai pembukaan toko/restoran | Penulisan sempurna sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment