15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP14



BAHASA INGGRIS X RPP14
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 14


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk persetujuan
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu berdiskusi mengenai olahraga yang disukai/tidak disukai
Mampu mendiskusikan naratif undangan perayaan kemenangan dan karakter tokoh cerita tersebut
Mampu berdiskusi mengenai keamanan Olimpiade
Mampu menggunakan present continous untuk menanyakan hal yang sedang dilakukan pemain di gambar
Mampu melafalkan final sound dengan baik
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Tabel olahraga yang disukai/tidak disukai
Naratif undangan perayaan kemenangan
Esai pendek mengenai keamanan Olimpiade
Daftar pertanyaan panduan untuk berdiskusi mengenai keamanan Olimpiade
Gambar para pemain olah raga
Latihan final sound

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya olah raga yang perlu dapat dilakukan
INTI
Siswa melakukan wawancara mengenai olahraga yang disukai/.tidak disukai
Siswa membaca naratif undangan perayaan kemenangan dan berdiskusi mengenai cerita dan tokohnya
Siswa berdiskusi mengenai keamanan Olimpiade menggunakan pertanyaan panduan berdiskusi
Siswa melakukan tanya jawab berdasarkan gambar pemain olah raga

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa berlatih final sound dengan temannya

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
 
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
 √
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
 Diskusi mengenai keamanan Olimpiade
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk persetujuan
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Diskusi mengenai keamanan Olimpiade
Pendapat logis dengan struktur sempurna
Pendapat logis dengan struktur, pengucapan, kurang lengkap
Pendapat tidak logis
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,

-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                                    NIP:

No comments: