BAHASA INGGRIS X RPP40
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 40
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis menggunakan reported speech |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Informasi mengenai direct/reported speech Teks direct speech tentang upacara bendera |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang upacara bendera |
INTI | Siswa diajari mengenai direct/reported speech |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menulis menggunakan reported speech |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | | |
| Lingkungan | | |
Metode | √ | Presentasi | |
| Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
menulis menggunakan reported speech | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
menulis menggunakan reported speech | Penulisan sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
Administrasi PBM, Bahasa Inggris SMA X, RPP Bahasa Inggris SMA X, Bahasa Inggris SMA X RPP40,
BAHASA INGGRIS X RPP41
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 41
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang pada teks tulis tentang udara Mampu menjawab soal teks tentang udara Mampu mengerjakan latihan kosakata teks udara Mampu mengerjakan latihan referen teks udara |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara Pertanyaan mengenai teks udara Latihan kosakata teks udara Latihan referen teks udara |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai polusi di kota besar |
INTI | Siswa mendengarkan teks percakapan lisan udara untuk mengisi rumpang pada teks udara Siswa menjawab soal mengenai teks udara Siswa mengerjakan latihan kosakata teks udara Siswa mengerjakan latihan referen teks udara |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menyimak teks |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
√ | Model peraga | | |
√ | Lingkungan | Polusi di sekitar lingkungan siswa | |
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara Pertanyaan mengenai teks udara Latihan kosakata teks udara Latihan referen teks udara | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang pakaian
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Pertanyaan mengenai teks udara | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Latihan kosakata teks udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Latihan referen teks udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment