Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP40



BAHASA INGGRIS X RPP40
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 40


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis menggunakan reported speech
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Informasi mengenai direct/reported speech
Teks direct speech tentang upacara bendera

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang upacara bendera
 INTI
Siswa diajari mengenai direct/reported speech
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menulis menggunakan reported speech


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari





PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
menulis menggunakan reported speech
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
menulis menggunakan reported speech
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

Administrasi PBM, Bahasa Inggris SMA X, RPP  Bahasa Inggris SMA X, Bahasa Inggris SMA X RPP40,






BAHASA INGGRIS X RPP41
UNIT 11                     POLLUTION                                                  (halaman 184 s.d 203)
 

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 41


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengisi rumpang pada teks tulis tentang udara
Mampu menjawab soal teks tentang udara
Mampu mengerjakan latihan kosakata teks udara
Mampu mengerjakan latihan referen teks udara
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Pertanyaan mengenai teks udara
Latihan kosakata teks udara
Latihan referen teks udara

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai polusi di kota besar
INTI
Siswa mendengarkan teks percakapan lisan udara untuk mengisi rumpang pada teks udara
Siswa menjawab soal mengenai teks udara
Siswa mengerjakan latihan kosakata teks udara
Siswa mengerjakan latihan referen teks udara
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menyimak teks

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga

Lingkungan
Polusi di sekitar lingkungan siswa
Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Pertanyaan mengenai teks udara
Latihan kosakata teks udara
Latihan referen teks udara
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang pakaian
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Pertanyaan mengenai teks udara
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Latihan kosakata teks udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Latihan referen teks udara
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0




Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: