BAHASA INGGRIS X RPP40
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 40
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
| KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menulis menggunakan reported speech |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Informasi mengenai direct/reported speech Teks direct speech tentang upacara bendera |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang upacara bendera |
| INTI | Siswa diajari mengenai direct/reported speech |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menulis menggunakan reported speech |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| | Narasumber | | |
| | Model peraga | | |
| | Lingkungan | | |
| Metode | √ | Presentasi | |
| | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| menulis menggunakan reported speech | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| menulis menggunakan reported speech | Penulisan sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
Administrasi PBM, Bahasa Inggris SMA X, RPP Bahasa Inggris SMA X, Bahasa Inggris SMA X RPP40,
BAHASA INGGRIS X RPP41
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 41
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam kehidupan sehari-hari |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
| INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang pada teks tulis tentang udara Mampu menjawab soal teks tentang udara Mampu mengerjakan latihan kosakata teks udara Mampu mengerjakan latihan referen teks udara |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara Pertanyaan mengenai teks udara Latihan kosakata teks udara Latihan referen teks udara |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai polusi di kota besar |
| INTI | Siswa mendengarkan teks percakapan lisan udara untuk mengisi rumpang pada teks udara Siswa menjawab soal mengenai teks udara Siswa mengerjakan latihan kosakata teks udara Siswa mengerjakan latihan referen teks udara |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menyimak teks |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| Media cetak dan elektronik | | ||
| Website internet | | ||
| Narasumber | | ||
| √ | Model peraga | | |
| √ | Lingkungan | Polusi di sekitar lingkungan siswa | |
| Metode | Presentasi | | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | ||
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara Pertanyaan mengenai teks udara Latihan kosakata teks udara Latihan referen teks udara | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang pakaian
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Teks lisan dan tulis rumpang tentang udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
| Pertanyaan mengenai teks udara | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
| Latihan kosakata teks udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
| Latihan referen teks udara | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment