BAHASA INGGRIS X SILABUS 1
Silabus
Sekolah : SMA...........
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menyimak
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancer, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji. 1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi. |
- Hello! My name is Mita. - Hi, Hannum. How are you? · Menyimak pengucapan alphabet dalam Bahasa Inggris dan mengerjakan latihannya - Hello is that…? - I’ll spell it for you.
- read, write
- Excuse me, sir. My name is Dina and this is my friend, Ursula. - My name is Hendra. - Goodbye, sir. · Teks percakapan rumpang mengenai percakapan antara operator telepon dan pelanggan dan latihan mengisi nomor telepon yang disebutkan pelanggan dan operator telepon · Teks tulis dan lisan naratif tentang tentang undangan perayaan kemenangan yang berisi penggunaan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/undangan - Really? That’s terrific - Would you like to come around to my place later? - Oh, I’d love to but.. - Sure, I’ll be there.
- I’m delighted to be here. - Oh, it was really great. - How do you feel? - She was really sorry I didn’t win the Gold Medal.
- There have been many studies which shown that … health depends on following things: - Eating a balance food. - Not drinking excessive amount of… |
· Siswa menyimak pembacaan teks naratif dan mengidentifikasi penggunaan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/undangan. · Siswa menyimak pecakapan antara wartawan dan atlet terjun bebas dan mengidentifikasi penggunaan tindak tutur yang menunjukkan perasaaan bahagia, menunjukkan perhatian, dan member simpati dan mengisi rumpang. · Siswa menyimak teks tentang atlet terjun bebas, menjawab pertanyaan Benar/Salah mengenai teks tersebut, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan dalam teks yang disimak. · Siswa menyimak teks lisan dan tulis prosedur dan mengidentifikasi instruksi yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. · Siswa melengkapi rumpang yang terdapat dalam teks prosedur dengan kosakata yang tersedia. Pengisan rumpang dilakukan dengan menyimak teks lisannya. | · Mampu mengidentifikasi jenis perkenalan berdasarkan bahasa yang digunakan · Mampu mengidentifikasi pengucapan alphabet Bahasa Inggris · Mampu mengimak final sound kata bentuk lampau · Mampu mengidentifikasi ekspresi-ekspresi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu dan berpisah. · Mampu mengidentifikasi ekspresi-ekspresi penggunaan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/undangan .
· Mampu mengisi rumpang dalam teks percakapan · Mampu mengisi rumpang pada teks lisan dan tulis. · Mampu menulis nomor telepon dan alphabet Bahasa Inggris Mampu menggunakan ungkapan simpati, perhatian, dan memberikan instruksi | Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 4 x 45 menit 4 X 45 menit |
|
Kompetensi : Menyimak
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll) pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. 2.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk recount, naratif, dan prosedur. | · Teks rumpang percakapan mengenai astronot. · Informasi mengenai ability/disability dan latihan soalnya · Teks lisan dan tulis mengenai biografi Rahman · Esai pendek mengenai keluarga dan latihan silent letter. · Teks rumpang mengenai kejuaraan olahraga. · Teks rumpang mengenai system tata surya. · Teks tulis dan lisan naratif tentang pengalaman masuk sekolah baru dan pertanyaan mengenai hal ini. · Teks tulis dan lisan naratif tentang usaha membuka restoran baru, iklan dibukanya restoran baru dan pertanyaan mengenai hal ini. · Teks rumpang prosedur mengenai pasien di rumah sakit. · Informasi penggunaan possibility/impossibility dan latihan soalnya | · Siswa menyimak teks percakapan mengenai astronot untuk melengkapi rumpang yang ada. · Siswa membaca informasi mengenai ability/disability dan menyimak teks untuk mengerjakan latihannya · Siswa menyimak teks lisan biografi Rahman untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia · Siswa menyimak esai pendek mengenai keluarga dan mengidentifikasi silent letter yang di dalamnya · Siswa menyimak teks kejuaraan olahraga untuk melengkapi teks · Siswa menyimak teks recount mengenai tata surya untuk melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia. Pengisan rumpang dilakukan dengan menyimak teks lisannya. · Siswa menyimak teks tulis dan lisan naratif tentang pengalamanan masuk sekolah dan menjawab pertanyaan yang diberikan. · Siswa menyimak teks tulis dan lisan tentang membuka restoran baru, mengidentifikasi struktur teks iklan restoran baru dan menjawab pertanyaan mengenai struktur teks dan isi teks tersebut. · Siswa menyimak teks pasien di rumah sakit untuk melengkapi teks · Siswa membaca informasi tentang possible/impossible dan mengerjakan latihannya |
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit |
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji. 3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi | · Teks percakapan dengan teman di sekolah baru yang berisi tindak tutur berkenalan, bertemu/ berpisah. - Hi! I’m Rika - Nice to meet you, Sari. - Good bye! · Teks percakapan rumpang mengenai kesehatan lingkungan yang berisi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu/ berpisah. - My name is Dina and this is my friend Ursula. - My name is Hendra. - Goodbye, sir. · Informasi mengenai perkenalan yang formal dan informal - Hi, jean! - I’m very pleased to meet you, Auntie Kate. · Informasi tentang asking for, giving, dan refusing permission · Informasi mengenai likes/dislikes · Informasi mengenai remembers dan forgets · Informasi tentang must/mustn’t do · Informasi tentang olahraga kesukaan dan olahraga yang tidak disukai · Informasi mengenai ability/disability · Gambar pemain olahraga · Informasi pelafalan final sound suatu kata · Informasi penggunaan past continuous tense · Informasi mengenai possible/impossible · Informasi mengenai tell him/ask him · Informasi yang berisi tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia - I’m really proud of youl · Teks lisan dan tertulis naratif tentang bermain bola yang berisi penggunaan tindak tutur menyetujui undangan, membatalkannya. - Would you like to come to my place later? - Oh, I’d love to but… - Sounds good to me! · Teks lisan dan tertulis rumpang mengenai instruksi cara-cara menjaga kesehatan - Eating balnce food. - Not drinking excessive amount of … |
· Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan bahagia. · Siswa membaca teks yang berisi ungkapan undangan · Siswa menjawab pertanyaan teks menjaga kesehatan tubuh · Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. · Siswa dapat membuat dialog menggunakan tell him/ask him |
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 X 45 menit |
|
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk naratif, recount, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 . Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari 4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
· Diskusi ide-ide tentang perjalanan luar angkasa · Teks recount tentang Malawi.
|
|
· Mampu melakukan membuat dialog berdasarkan naskah · Siswa dapat menyebutkan angka-angka dalam Bahasa Inggris | Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 x 45 menit |
|
Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, naratif, dan procedure. |
· Pemelajaran tentang - Simple Present Tense - Present continuous tense - Simple present tense - Past continuous tense - Soal-soal latihan kala - Reflextive pronoun - Tabel - Latihan soal · Pemelajaran tentang: - Formal dan Informal greetings dan introduction - Likes/Dislikes - Must/mustn’t - Ability/diasbility - Agreement/disagreement - Knows/doesn’t know - Do/don’t - Possible/impossible - Need to do/ doesn’t need to do. - Checklist - Tabel - Latihan soal - · Teks mengenai pendidikan, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definisinya · Teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan pertanyaan Benar/Salah mengenai teks · Teks recount mengenai biografi seseorang · Teks pecakapan berisi penggunaan tindak tutur bertemu/berkenalan/berpisah dan pertanyaan mengenai hal ini · Teks naratif mengenai Gurdeep yang akan membuka restoran India dan pertanyaan mengenai hal ini · Teks mengenai keluarga modern dan pertanyaan mengenai hal ini · Teks rumpang mengenai keluarga modern. · Teks naratif mengenai keluarga Peter dan Lindsay, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definsinya. · Teks mengenai kesehatan lingkungan, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definsinya. · Teks naratif mengenai Gurdeep yang akan meresmikan restoran barunya dan pertanyaan struktur naratif. · Teks percakapan mengenai olahraga yang disukai pertanyaan mengenai hal ini, kosakata dan definsinya, dan latihan preferensi. · Teks mengenai undangan perayaan kemenangan · Teks mengenai makanan sehat dan tabel menu satu hari. · Teks rumpang naratif mengenai Pak Salim yang dirawat di rumah sakit dan tabel hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. · Teks prosedur penggunaan obat-obat yang dijual bebas · Teks tentang apotik dan pertanyaan mengenai hal ini. · Teks prosedur tentang penggunaan obat jamur kulit dan pertanyaan mengenai hal ini. · Paragraf singkat recount mengenai pembuatan air tejun dan pertanyaan mengenai hal ini. · Teks mengenai astronomi, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definisinya. · Teks mengenai perjalanan luar angkasa dan ungkapan setuju/tidak setuju. | · Siswa membaca potongan artikel di koran tentang kebebasan remaja dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan pengumuman tersebut dengan teman.
· Siswa membaca penjelasan mengenai past continuous tense dan mengerjakan latihannya. · Siswa membaca penjelasan mengenai formal dan informal greeting dan introduction. Kemudian, siswa mengerjakan latihan soal mengenai hal ini · Siswa membaca penjelasan reflextive pronoun dan mengerjakan tabel latihan penggunaannya · Siswa membaca penjelasan mengenai like/dislike dan mengisi tabel mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai temannya. · Siswa membaca penjelasan ungkapan remembers/forgots dan mengerjakan latihan penggunaan ungkapan tersebut. · Siswa membaca penjelasan ungkapan kewajiban dan menjawab pertanyaan teks yang berisi ungkapan must/mustn’t . · Siswa membaca penjelasan ungkapan ability/disability dan mengerjakan latihan checklist hal-hal yang dapat dilakukan Rani. · Siswa membaca penjelasan ungkapan knows/doesn’t know dan mengerjakan latihannya. · Siswa membaca penjelasan ungkapan agreement/disagreement dan melakukan diskusi ide-ide perjalanan luar angkasa menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut. · Siswa membaca penjelasan ungkapan do/don’t mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan · Siswa membaca penjelasan mengenai possibility/impossibility dan mengerjakan latihannya. · Siswa membaca penjelasan ungkapan needs to do/doesn’t need to do dan mengerjakan latihan mengenai hal-hal yang perlu/tidak perlu dilakukan untuk menjadi siswa teladan. · Siswa membaca penjelasan mengenai simple present tense dan mengerjakan latihan-latihan soal. · Siswa membaca penjelasan mengenai present continuous tense dan mengerjakan latihan yang mengungkapkan kegiatan yang sedang dilakukan orang-orang pada gambar. · Siswa membaca penjelasan mengenai simple past tense dan mengerjakan latihan teks rumpang verba lampau. · Siswa membaca teks mengenai pendidikan, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks pendidikan, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan. · Siswa membaca teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan menjawab Benar/Salah atas pertanyaan-pertanyaan dalam teks pendidikan bahasa Inggris. · Siswa membaca teks mengenai pendidikan, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks pendidikan, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan. · Siswa membaca teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan menjawab Benar/Salah atas pertanyaan-pertanyaan dalam teks pendidikan bahasa Inggris. · Siswa membaca teks recount mengenai biografi seseorang dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks dan bahasa teks recount. · Siswa membaca teks naratif tentang Gurdeep yang membuka restoran dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut. · Siswa membaca teks mengenai keluarga modern dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut. · Siswa membaca teks naratif tentang keluarga Peter dan Lindsay dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, serta mencocokkan kosakata dan definsi yang digunakan dalam teks. · Siswa membaca teks mengenai kesehatan lingkungan, menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang terdapat di dalam teks. · Siswa menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan dalam teks naratif mengenai Gurdeep yang akan meresmikan restoran barunya dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks dan bahasa teks naratif. · Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga yang disukai, menjawab pertanyaan tentang teks, dan menjodohkan definisi dengan penggunaan ‘prefer’ dalam teks tersebut. · Siswa membaca teks mengenai undangan perayaan kemenangan · Siswa membaca teks tentang makanan sehat, menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, dan menuliskan menu makanan sehat untuk satu hari. · Melengkapi rumpang pada teks naratif Pak Salim dirawat di rumah sakit dan menuliskan hal-hal yang boleh/tidak boleh dilakukan oleh Pak Salim selama ia dirawat. · Siswa mencocokkan prosedur penggunaan obat dengan gambar obatnya. · Siswa membaca teks mengenai apotik dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut. · Siswa membaca teks prosedur penggunaan obar jamur kulit dan membaca hal-hal yang terkait penulisan teks prosedur. · Siswa membaca paragraf recount pembuatan air terjun dan menjawab pertanyaan terkait paragraf ini. · Siswa membaca teks astronomi, menjawab pertanyaan teks menjodohkan definisi dengan kosakata teks, menjawab pertanyaan Benar/Salah mengenai teks, dan menjodohkan definisi dengan kosakata teks tersebut. · Siswa membaca teks tentang perjalanan luar angkasa, menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, dan dan memperlajari ungkapan-ungkapan menyatakan setuju/tidak setuju. |
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 x 45 menit |
|
Standar Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya undangan, iklan, pengumuman, dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. 6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, naratif, dan prosedur. |
|
|
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 X 45 menit |
|
..........................................., ...................................
Mengetahui:
Kepala .................................................... Guru Mata Pelajaran,
NIP NIP
,
No comments:
Post a Comment