Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X Silabus 1



BAHASA INGGRIS X SILABUS 1

Silabus


Sekolah                                  : SMA...........
Kelas                                       : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran                   : BAHASA INGGRIS
Semester                              : 1 (Satu)
Standar Kompetensi       : Menyimak
  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancer, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.

























1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.

  • Teks percakapan yang berisi tindak tutur berkenalan, bertemu, dan berpisah.
-          Hello! My name is Mita.
-          Hi, Hannum. How are you?
·         Menyimak pengucapan alphabet dalam Bahasa Inggris dan mengerjakan latihannya
-          Hello is that…?
-          I’ll spell it for you.
  • Menyimak final sound untuk kata bentuk lampau
-          read, write
  • Teks percakapan tentang kesehatan lingkungan yang berisi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu dan berpisah.
-       Excuse me, sir. My name is Dina and this is my friend, Ursula.
-       My name is Hendra.
-       Goodbye, sir.
·      Teks percakapan rumpang mengenai percakapan antara operator telepon dan pelanggan dan latihan mengisi nomor telepon yang disebutkan pelanggan dan operator telepon
·      Teks tulis dan lisan naratif tentang tentang undangan perayaan kemenangan yang berisi penggunaan tindak tutur  menyetujui ajakan/tawaran/undangan
-       Really? That’s terrific
-       Would you like to come around to my place later?
-       Oh, I’d love to but..
-       Sure, I’ll be there.
  • Teks percakapan rumpang tentang atlet terjun bebas yang berisi penggunaan tindak tutur yang menunjukkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, dan memberi simpati.
-       I’m delighted to be here.
-       Oh, it was really great.
-       How do you feel?
-       She was really sorry I didn’t win the Gold Medal.
  • Teks lisan dan tulis rumpang prosedur tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.
-       There have been many studies which shown that … health depends on following things:
-       Eating a balance food.
-       Not drinking excessive amount of

  • Siswa mendengakan empat teks percakapan dan mencocokkannya dengan gambar yang tersedia.
  • Siswa menyimak pengucapan alphabet Bahasa Inggris dan mengerjakan latihan mengenai hal ini
  • Siswa menyimak pembacaan teks percakapan dan mengidentifikasi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu dan berpisah dan mengisi rumpang.
  • Siswa menyimak percakapan antara operator telepon dan pelanggan untuk mengisi rumpan dan mengerjakan latihan nomor telepon
·         Siswa menyimak pembacaan teks naratif dan mengidentifikasi penggunaan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/undangan.
·         Siswa menyimak pecakapan antara wartawan dan atlet terjun bebas dan mengidentifikasi penggunaan tindak tutur yang menunjukkan perasaaan bahagia, menunjukkan perhatian, dan member simpati dan mengisi rumpang.









·         Siswa menyimak teks tentang atlet terjun bebas, menjawab pertanyaan  Benar/Salah mengenai teks tersebut, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan dalam teks yang disimak.
·         Siswa menyimak teks lisan dan tulis prosedur dan mengidentifikasi instruksi yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.

·         Siswa melengkapi rumpang yang terdapat dalam teks prosedur dengan kosakata yang tersedia. Pengisan rumpang dilakukan dengan menyimak teks lisannya.
·         Mampu mengidentifikasi jenis perkenalan berdasarkan bahasa yang digunakan
·         Mampu mengidentifikasi pengucapan alphabet Bahasa Inggris
·         Mampu mengimak final sound kata bentuk lampau
·         Mampu mengidentifikasi ekspresi-ekspresi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu dan berpisah.
·         Mampu mengidentifikasi ekspresi-ekspresi penggunaan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/undangan .
  • Mampu mengidentifikasi ekspresi-ekspresi penggunaan tindak tutur yang menunjukkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, dan memberi simpati.
·         Mampu mengisi rumpang dalam teks percakapan
·         Mampu mengisi rumpang pada teks lisan dan tulis.
·         Mampu menulis nomor telepon dan alphabet Bahasa Inggris










Mampu menggunakan ungkapan simpati, perhatian, dan memberikan instruksi











Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
  • Isian tsingkat
  • Pilihan ganda
  • Pertanyaan terkait teks










































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Isian tsingkat
  • Pertanyaan terkait teks


4  x 45 menit


















































4 X 45 menit

  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan






































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan




Kompetensi       : Menyimak
                                 2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari.
                                               

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll) pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
2.2  Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk recount, naratif, dan prosedur.
·         Teks rumpang percakapan mengenai astronot.
·         Informasi mengenai ability/disability dan latihan soalnya
·         Teks lisan dan tulis mengenai biografi Rahman
·         Esai pendek mengenai keluarga dan latihan silent letter.
·         Teks rumpang mengenai kejuaraan olahraga.
·         Teks rumpang mengenai system tata surya.
·         Teks tulis dan lisan naratif tentang pengalaman masuk sekolah baru dan pertanyaan mengenai hal ini.
·         Teks tulis dan lisan naratif tentang usaha membuka restoran baru, iklan dibukanya restoran baru dan pertanyaan mengenai hal ini.
·         Teks rumpang prosedur mengenai pasien di rumah sakit.
·         Informasi penggunaan possibility/impossibility dan latihan soalnya







·         Siswa menyimak teks percakapan mengenai astronot untuk melengkapi rumpang yang ada.
·         Siswa membaca informasi mengenai ability/disability dan menyimak teks untuk mengerjakan latihannya
·         Siswa menyimak teks lisan biografi Rahman untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia
·         Siswa menyimak esai pendek mengenai keluarga dan mengidentifikasi silent letter yang di dalamnya
·         Siswa menyimak teks kejuaraan olahraga untuk melengkapi teks
·         Siswa menyimak teks recount mengenai tata surya untuk melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia. Pengisan rumpang dilakukan dengan menyimak teks lisannya.
·         Siswa menyimak teks tulis dan lisan naratif tentang pengalamanan masuk sekolah dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
·         Siswa menyimak teks tulis dan lisan tentang membuka restoran baru, mengidentifikasi struktur teks iklan restoran baru dan menjawab pertanyaan mengenai struktur teks dan isi teks tersebut.
·         Siswa menyimak teks pasien di rumah sakit untuk melengkapi teks
·         Siswa membaca informasi tentang possible/impossible dan mengerjakan latihannya
  • Mampu melengkapi teks rumpang dari teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
  • Mampu mengecek jawaban dalam mengidentifikasi struktur teks-teks yang diperdengarkan.
  • Siswa dapat mengidentifikasi silent letter yang terdapat dalam teks.
  • Siswa dapat menyusun paragraph-paragraf penyusun teks yang belum beraturan hingga dapat menjadi teks yang utuh.










Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Isian singkat
  • Pertanyaan terkait teks
































6  x 45 menit





























  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan






















Standar Kompetensi  : Berbicara
3.       Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.













































3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima
dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian,
menunjukkan simpati, dan memberi instruksi



·         Teks percakapan dengan teman di sekolah baru yang berisi tindak tutur berkenalan, bertemu/ berpisah.
-       Hi! I’m Rika
-       Nice to meet you, Sari.
-       Good bye!
·         Teks percakapan rumpang mengenai kesehatan lingkungan yang berisi penggunaan tindak tutur berkenalan, bertemu/ berpisah.
-       My name is Dina and this is my friend Ursula.
-       My name is Hendra.
-       Goodbye, sir.
·         Informasi mengenai perkenalan yang formal dan informal
-       Hi, jean!
-       I’m very pleased to meet you, Auntie Kate.
·         Informasi tentang asking for, giving, dan refusing permission
·         Informasi mengenai likes/dislikes
·         Informasi mengenai remembers dan forgets
·         Informasi tentang must/mustn’t do
·         Informasi tentang olahraga kesukaan dan olahraga yang tidak disukai
·         Informasi mengenai ability/disability
·         Gambar pemain olahraga
·         Informasi pelafalan final sound suatu kata
·         Informasi penggunaan past continuous tense
·         Informasi mengenai possible/impossible
·         Informasi mengenai tell him/ask him











·         Informasi yang berisi tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
-       I’m really proud of youl
·         Teks lisan dan tertulis naratif tentang bermain bola yang berisi penggunaan tindak tutur menyetujui undangan, membatalkannya.
-       Would you like to come to my place later?
-       Oh, I’d love to but…
-       Sounds good to me!
·         Teks lisan dan tertulis rumpang mengenai instruksi cara-cara menjaga kesehatan
-       Eating balnce food.
-       Not drinking excessive amount of …

  • Siswa berlatih percakapan yang menggunakan ungkapan berkenalan, bertemu/ berpisah secara berkelompok.
  • Siswa bertanya pada temannya mengenai hal-hal yang telah disediakan dalam kotak dialog.
  • Siswa berlatih menggunakan ekspresi berkenalan formal dan informal.
  • Siswa berlatih percakapan rumpang yang telah dilengkapi dengan temannya.
  • Siswa membuat percakapan mengenai menyetujui undangan, tawaran, menerima janji, dan membatalkan janji.
  • Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan asking for, giving, dan refusing permission
  • Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan likes/dislikes
  • Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan remembers dan forgets
  • Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan must/mustn’t do
  • Siswa melakukan Tanya jawab tentang olah raga yang disukai dan tidak disukai dengan temannya
  • Siswa melakukan Tanya jawab tentang hal-hal yang dapat dilakukan temannya
  • Siswa berdiskusi mengenai gambar pemain olahraga
  • Siswa berlatih melafalkan pengucapan final sound
  • Siswa melakukan Tanya jawab berdasarkan pertanyaan panduan menggunakan past continuous tense
  • Siswa melakukan Tanya jawab mengenai hal-hal yang mungkin dilakukan di masa depan menggunakan ungkapan possible/impossible



·         Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan bahagia.
·         Siswa membaca teks yang berisi ungkapan undangan
·         Siswa menjawab pertanyaan teks menjaga kesehatan tubuh
·         Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.
·         Siswa dapat membuat dialog menggunakan tell him/ask him

  • Mampu mengajak berkenalan, berpisah, dan bertemu
  • Mampu menyatakan persetujuan undangan/tawaran.
  • Mampu melakukan Tanya jawab seputar kesehatan lingkungan.
  • Mampu melakukan wawancara
  • Mampu membuat dialog dengan menggunakan ungkapan berkenalan, berpisah, bertemu, menyatakan persetujuan atas undangan/tawaran/janji, dan menolaknya, asking, giving, dan refusing permission.
  • Mampu membuat dialog berdasarkan ungkapan tertentu









































  • Mampu menyatakan perasaan bahagia, simpati, instruksi.
  • Mampu membuat percakapan yang menggunkaan ungkapan perasaan bahagia, simpati, instruksi.
  • Mampu melakukan Tanya jawab seputar kesehatan tubuh.

Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Dialog untuk diperagakan
  • Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu





















































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Dialog untuk diperagakan
  • Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu

















6 x 45 menit

































































6 X 45 menit








  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Script percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan
























































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Script percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan





















Standar Kompetensi  : Berbicara
  1. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk naratif, recount, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
4.1 . Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek  (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari






























4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
  • Pengucapan alphabet bahasa Inggris
  • Polite conversation
  • Balon dialog
  • Teks percakapan tentang kesehatan lingkungan
  • Informasi mengenai masalah-masalah kesehatan lingkungan
  • Teks pengumuman di Koran tentang kebebasan remaja dan pertanyaan mengenai hal ini.
  • Esai pendek tentang daur ulang di London dan pertanyaan panduan untuk diskusi.
  • Teks pengumuman minuman yang dilarang untuk dikonsumsi dan pertanyaan panduan untuk diskusi.
  • Gambar-gambar tata surya
·         Diskusi ide-ide tentang perjalanan luar angkasa
























·         Teks recount tentang Malawi.
  • Teks naratif tentang pembukaan restoran baru.
  • Teks percakapan antara operator telepon dan pelanggan mengenai pelafalan nomor telepon
  • Teks keseharian Sharon Jones

  • Siswa melafalkan nama-nama orang yang mereka kenal
  • Siswa melakukan dialog polite conversation dengan naskah yang tersedia
  • Siswa melakukan wawancara tentang kesehatan lingkungan
  • Siswa berdiskusi mengenai masalah kesehatan lingkungan dan membuat poster mengenai hal ini
  • Siswa melakukan dialog menggunakan balon dialog
  • Siswa membaca pengumuman tentang kebebasan remaja dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan pengumuman tersebut dengan teman.
  • Siswa membaca teks pengumuman aturan daur ulang di London dan mendiskusikan dengan temannya dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan panduan yang disediakan.
  •  Siswa membaca pengumuman larangan mengkonsumsi minuman dan mendiskusikan pengumuman tersebut berdasarkan pertanyaan-pertanyaan panduan yang diberikan.
  • Siswa mendiskusikan gambar-gambar tata surya dan menuliskan deskripsi gambar tersebut.
  • Siswa mendiskusikan ide-ide mengenai perjalanan luar angkasa.


  • Siswa membaca teks tentang Malawi mendiskusikan persamaan antara Indonesia dan Malawi
  • Siswa membaca teks naratif tentang restoran baru, membuat dialog rekaan tentang para tokoh dalam teks tersebut, dan memprektekkannya dengan teman.
  • Siswa melafalkan nomor-nomor telepon yang disebutkan operator dan pelanggan
  • Siswa mendiskusikan perbedaan antara keseharian siswa dan Sharon
  • Mampu melafalkan nama-nama orang yang dikenal
  • Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan.
  • Mampu melakukan membuat dialog berdasarkan naskah.
  • Mampu melakukan wawancara
  • Mampu membuat poster tentang kesehatan lingkungan





































  • Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan.
·         Mampu melakukan membuat dialog berdasarkan naskah
·         Siswa dapat menyebutkan angka-angka dalam Bahasa Inggris








Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Dialog untuk diperagakan
  • Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu
  • Poster






































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Dialog untuk diperagakan
  • Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu

6  x 45  menit




















































6  x 45  menit

  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis, 2008
  2. Script percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan
  4. Internet, media cetak









































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis, 2008
  2. Script percakapan
  3. Gambar-gambar yang relevan
  4. Internet, media cetak


Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
5.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari




















































































5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, naratif, dan procedure.















  • Teks potongan artikel di koran tentang kebebasan remaja dan pertanyaan panduan untuk diskusi
  • Teks pengumuman minuman yang dilarang dan pertanyaan panduan untuk diskusi
  • Teks iklan dibukanya restoran baru
  • Teks pengumuman tentang daur ulang di London dan pertanyaan panduan untuk diskusi
  • Gambar olahraga, pertanyaan terkait gambar, dan latihan mengenai go dan do
  • Mengerjakan latihan-latihan kalimat berterima/tidak berterima
·         Pemelajaran tentang
-       Simple Present Tense
-       Present continuous tense
-       Simple present tense
-       Past continuous tense
-       Soal-soal latihan kala
-       Reflextive pronoun
-       Tabel
-       Latihan soal
·         Pemelajaran tentang:
-       Formal dan Informal greetings dan introduction
-       Likes/Dislikes
-       Must/mustn’t
-       Ability/diasbility
-       Agreement/disagreement
-       Knows/doesn’t know
-       Do/don’t
-       Possible/impossible
-       Need to do/ doesn’t need to do.
-       Checklist
-       Tabel
-       Latihan soal
-        











































































·         Teks mengenai pendidikan, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definisinya
·         Teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan pertanyaan Benar/Salah mengenai teks
·         Teks recount mengenai biografi seseorang
·         Teks pecakapan berisi penggunaan tindak tutur bertemu/berkenalan/berpisah dan pertanyaan mengenai hal ini
·         Teks naratif mengenai Gurdeep yang akan membuka restoran India dan pertanyaan mengenai hal ini
·         Teks mengenai keluarga modern dan pertanyaan mengenai hal ini
·         Teks rumpang mengenai keluarga modern.
·         Teks naratif mengenai keluarga Peter dan Lindsay, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definsinya.
·         Teks mengenai kesehatan lingkungan, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definsinya.
·         Teks naratif mengenai Gurdeep yang akan meresmikan restoran barunya dan pertanyaan struktur naratif.
·         Teks percakapan mengenai olahraga yang disukai pertanyaan mengenai hal ini, kosakata dan definsinya, dan latihan preferensi.
·         Teks mengenai undangan perayaan kemenangan
·         Teks mengenai makanan sehat dan tabel menu satu hari.
·         Teks rumpang naratif mengenai Pak Salim yang dirawat di rumah sakit dan tabel hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
·         Teks prosedur penggunaan obat-obat yang dijual bebas
·         Teks tentang apotik dan pertanyaan mengenai hal ini.
·         Teks prosedur tentang penggunaan obat jamur kulit dan pertanyaan mengenai hal ini.
·         Paragraf singkat recount mengenai pembuatan air tejun dan pertanyaan mengenai hal ini.
·         Teks mengenai astronomi, pertanyaan mengenai hal ini, dan kosakata dan definisinya.
·         Teks mengenai perjalanan luar angkasa dan ungkapan setuju/tidak setuju.





























·         Siswa membaca potongan artikel di koran tentang kebebasan remaja dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan pengumuman tersebut dengan teman.
  • Siswa membaca pengumuman larangan mengkonsumsi minuman dan mendiskusikan pengumuman tersebut berdasarkan pertanyaan-pertanyaan panduan yang diberikan.
  • Siswa membaca iklan dibukanya restoran baru.
  • Siswa membaca teks pengumuman aturan daur ulang di London dan mendiskusikan dengan temannya dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan panduan yang disediakan.
  • Siswa mencermati gambar olahraga, menjawab pertanyaan terkait gambar, dan berlatihn penggunaan do dan go.
  • Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima
·         Siswa membaca penjelasan mengenai past continuous tense dan mengerjakan latihannya.
·         Siswa membaca penjelasan mengenai formal dan informal greeting dan introduction. Kemudian, siswa mengerjakan latihan soal mengenai hal ini
·         Siswa membaca penjelasan reflextive pronoun dan mengerjakan tabel  latihan penggunaannya
·         Siswa membaca penjelasan mengenai like/dislike dan mengisi tabel mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai temannya.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan remembers/forgots dan mengerjakan latihan penggunaan ungkapan tersebut.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan kewajiban dan menjawab pertanyaan teks yang berisi ungkapan must/mustn’t .
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan ability/disability dan mengerjakan latihan checklist hal-hal yang dapat dilakukan Rani.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan knows/doesn’t know dan mengerjakan latihannya.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan agreement/disagreement dan melakukan diskusi ide-ide perjalanan luar angkasa menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan do/don’t mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan
·         Siswa membaca penjelasan mengenai possibility/impossibility dan mengerjakan latihannya.
·         Siswa membaca penjelasan ungkapan needs to do/doesn’t need to do dan mengerjakan latihan mengenai hal-hal yang perlu/tidak perlu dilakukan untuk menjadi siswa teladan.
·         Siswa membaca penjelasan mengenai simple present tense dan mengerjakan latihan-latihan soal.
·         Siswa membaca penjelasan mengenai present continuous tense dan mengerjakan latihan yang mengungkapkan kegiatan yang sedang dilakukan orang-orang pada gambar.
·         Siswa membaca penjelasan mengenai simple past tense dan mengerjakan latihan teks rumpang verba lampau.


·         Siswa membaca teks mengenai pendidikan, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks pendidikan, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan.
·         Siswa membaca teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan menjawab Benar/Salah atas pertanyaan-pertanyaan dalam teks pendidikan bahasa Inggris.
·         Siswa membaca teks mengenai pendidikan, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks pendidikan, dan menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan.
·         Siswa membaca teks mengenai pemelajaran Bahasa Inggris dan menjawab Benar/Salah atas pertanyaan-pertanyaan dalam teks pendidikan bahasa Inggris.
·         Siswa membaca teks recount mengenai biografi seseorang dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks dan bahasa teks recount.
·         Siswa membaca teks naratif tentang Gurdeep yang membuka restoran dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.
·         Siswa membaca teks mengenai keluarga modern dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.
·         Siswa membaca teks naratif tentang keluarga Peter dan Lindsay dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, serta mencocokkan kosakata dan definsi yang digunakan dalam teks.
·         Siswa membaca teks mengenai kesehatan lingkungan, menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut, dan menjodohkan definisi dengan  kosakata yang terdapat di dalam teks.
·         Siswa menjodohkan definisi dengan kosakata yang digunakan dalam teks naratif mengenai Gurdeep yang akan meresmikan restoran barunya dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks dan bahasa teks naratif.
·         Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga yang disukai, menjawab pertanyaan tentang teks, dan menjodohkan definisi dengan penggunaan ‘prefer’ dalam teks tersebut. 
·         Siswa membaca teks mengenai undangan perayaan kemenangan
·         Siswa membaca teks tentang makanan sehat, menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, dan menuliskan menu makanan sehat untuk satu hari.
·         Melengkapi rumpang pada teks naratif Pak Salim dirawat di rumah sakit dan menuliskan hal-hal yang boleh/tidak boleh dilakukan oleh Pak Salim selama ia dirawat.
·          Siswa mencocokkan prosedur penggunaan obat dengan gambar obatnya.
·         Siswa membaca teks mengenai apotik dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
·         Siswa membaca teks prosedur penggunaan obar jamur kulit dan membaca hal-hal yang terkait penulisan teks prosedur.
·         Siswa membaca paragraf recount pembuatan air terjun dan menjawab pertanyaan terkait paragraf ini.
·         Siswa membaca teks astronomi, menjawab pertanyaan teks menjodohkan definisi dengan kosakata teks, menjawab pertanyaan Benar/Salah mengenai teks, dan menjodohkan definisi dengan kosakata teks tersebut.
·         Siswa membaca teks tentang perjalanan luar angkasa, menjawab pertanyaan tentang teks tersebut, dan dan memperlajari ungkapan-ungkapan menyatakan setuju/tidak setuju.

  • Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks fungsional (pengumuman) yang dibaca.
  • Mampu menyelesaikan pertanyaan terkait kosakata
  • Mampu mengisi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang tari dan menjawab pertanyaan terkait.
  • Mampu menjawab soal berdasarkan gambar
  • Mampu mengidentifikasi kalimat berterima/tidak berterima
  • Mampu mengerjakan Simple Present Tense, Present continuous tense, Simple present tense, Past continuous tense, Reflextive pronoun
  • Mampu mengerjakan Formal dan Informal greetings dan introduction, Likes/Dislikes, Kewajiban, Ability/disability, Agreement/disagreement, Knows/doesn’t know, Possible/impossible, Need to do/ doesn’t need to do.






















































































  • Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks recount, naratif, dan prosedur.
  • Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks fungsional (pengumuman) yang dibaca.
  • Mampu menyelesaikan pertanyaan terkait kosakata
  • Mampu mengisi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang tari dan menjawab pertanyaan terkait.
  • Mampu menuliskan pola kalimat preference
  • Mampu menuliskan menu sehat untuk satu hari.

Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat
























































































































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Jawaban singkat


 6 x 45
menit


































































































































6  x 45  menit




































































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Poster, banner, pamphlet  yang relevan
  3. Internet, media cetak























































































































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Poster, banner, pamphlet  yang relevan
  3. Internet, media cetak













Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  recount, naratif, dan prosedur dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya undangan, iklan, pengumuman, dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

























6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, naratif, dan prosedur.


  • Gambar-gambar orang berkenalan, bertemu, berpisah.
  • Gambar pohon keluarga, teks rumpang mengenai pohon keluarga, pertanyaan mengenai pohon keluarga, latihan menulis kalimat, menggambar pohon keluarga siswa, menjawab pertanyaan mengenai pohon keluarga siswa. 
  • Paragraf mengenai keluarga dan foto-foto keluarga, gambar foto-foto keluarga.
  • Teks naratif mengenai Pak Salim yang dirawat di rumah sakit dan informasi mengenai ungkapan janji dan membatalkan janji.
  • Pengumuman tentang aturan daur ulang di London
  • Gambar-gambar marka/ aturan jalan
  • Gambar-gambar mengenai system tata surya














  • Informasi mengenai struktur teks dan bahasa teks recount dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks recount
  • Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks naratif dan menjawab pertanyaan tentang struktur teks naratif.
  • Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks prosedur
  • Naskah teks naratif dan gambar-gambar perjalanan luar angkasa.















  • Siswa menuliskan percakapan yang menggunakan ungkapan berkenalan, bertemu berpisah,  dari setiap gambar yang ada
  • Siswa mencermati pohon keluarga yang disediakan, melengkapi rumpang pada teks menjawab pertanyaan mengenai hal ini, dan menuliskan kalimat pernyataan mengenai pohon keluarga tersebut. Kemudian, siswa menggambar pohon keluarganya sendiri dan menjawab pertanyaan tentang pohon keluarga yang dibuatnya.
  • Siswa menuliskan pendapatnya mengenai keluarga yang terdapat pada foto-foto.
  • Siswa menuliskan ungkapan janji dan membatalkan janji yang terdapat pada teks naratif mengenai Pak Salim yang dirawat di rumah sakit.
  • Siswa menuliskan artikel tentang aturan mendaur ulang di London.
  • Siswa menuliskan arti marka/tanda jalan.
  • Siswa mencermati gambar-gambar tata surya dan menuliskan mengenai apa yang mereka lihat pada gambar-gambar tersebut.

  • Siswa membaca informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks recount, menjawab pertanyaan tentang informasi tersebut, dan menulis teks recount berdasarkan informasi mengenai struktur teks dan bahasa teks recount.
  • Siswa membaca informasi mengenai struktur teks dan strukturbahasa teks naratif, menjawab pertanyaan tentang informasi tersebut, dan membuat teks naratif tentang membuka restoran baru.
  • Siswa membaca informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks prosedur dan membuat teks prosedur berdasarkan informasi tersebut.
  • Siswa membuat cerita perjalanan luar angkasa dengan menggunakan gambar-gambar yang terdapat pada naskah sebagai panduan.
  • Mampu menjawab pertanyaan terkait teks
  • Mampu melengkapi rumpang
  • Mampu membuat pohon keluarga
  • Mampu menuliskan pernyataan (fakta) mengenai teks
  • Mampu membuat ungkapan janji






































  • Mampu membuat teks recount
  • Mampu membuat teks naratif
  • Mampu membuat teks prosedur
  • Mampu membuat ungkapan janji



Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Jawaban singkat








































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Jawaban singkat





















6 x 45 menit















































6 X 45 menit




























  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
  3. Internet, media cetak



































  1. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
  2. Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
  3. Internet, media cetak

















..........................................., ...................................
Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,






NIP                                                                                                                                                                                         NIP

,

No comments: