BAHASA INGGRIS X RPP3
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada gambar orang-orang berkenalan Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada teks tertulis / esai pendek tentang pendidikan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | gambar orang-orang berkenalan tabel informasi mengenai formal dan informal greetings dan introduction Teks recount tentang pengalaman di sekolah baru Penjelasan materi tentang recount Teks/ esai pendek tentang keluarga dan pendidikan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa mencermati gambar dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan |
INTI | Siswa membaca teks recount dan penjelasan tentang recount dan menjawab pertanyaan yang terkait Siswa membaca teks/ esai pendek tentang pendidikan Siswa membaca penjelasan mengenai formal dan informal greetings dan introduction dan mengerjakan latihan soal mengenai ungkapan ini. |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam memahami teks Siswa ditanya mengenai kosakata yang sukar |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek pertanyaan tentang struktur recount | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan teks dan esai pendek mengenai pendidikan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 0.8 0.4 0 |
pertanyaan tentang struktur recount | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 8-10 5-7 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment