15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP3



BAHASA INGGRIS X RPP3
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada gambar orang-orang berkenalan
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada teks tertulis / esai pendek tentang pendidikan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
gambar orang-orang berkenalan
tabel informasi mengenai formal dan informal greetings dan introduction
Teks recount tentang pengalaman di sekolah baru
Penjelasan materi tentang recount
Teks/ esai pendek tentang keluarga dan pendidikan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa mencermati gambar dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan
INTI
Siswa membaca teks recount dan penjelasan tentang recount dan menjawab pertanyaan yang terkait
Siswa membaca teks/ esai pendek tentang pendidikan
Siswa membaca penjelasan mengenai formal dan informal greetings dan introduction dan mengerjakan latihan soal mengenai ungkapan ini.
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam memahami teks
Siswa ditanya mengenai kosakata yang sukar


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek
pertanyaan tentang struktur recount
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan teks dan esai pendek mengenai pendidikan
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
0.8
0.4

0
pertanyaan tentang struktur recount


Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
8-10
5-7
0

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: